Perbedaan YouTube Biru dengan YouTube Asli (Merah)



Belakangan Anda mungkin sering mendengar tentang aplikasi YouTube Biru atau YouTube Blue apk. Saat kita membuka YouTube di HP, aplikasi yang kita lihat adalah YouTube Merah atau versi resmi dari YouTube.

Lalu, apa itu YouTube Biru dan apa perbedaannya dengan YouTube versi official yang warnanya adalah merah?

Berikut ini diuraikan mengenai perbedaan YouTube Merah (versi resmi) dengan YouTube Blue apk yang sekarang ini semakin populer. YouTube Blue hanya tersedia dalam versi apk dan tidak bisa di download via Google Play Store karena aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi melainkan modifikasi.

Perbedaan YouTube Biru dan YouTube Asli (Merah)

Tentang Aplikasi YouTube Versi Official

Aplikasi YouTube (versi official YouTube dengan warna icon merah) adalah aplikasi resmi YouTube yang mana YouTube ini dimiliki oleh Google. Aplikasi YouTube versi resmi merupakan aplikasi pre-installed yang ada di perangkat Android, baik itu smartphone ataupun tablet PC.

Disini tentunya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut mengenai aplikasi YouTube yang versi resmi karena di HP Android pasti terdapat aplikasi ini sepanjang tidak di uninstall dan para pengguna sudah terbiasa membukanya. Bahasan kita akan berlanjut ke aplikasi YouTube Biru atau disebut juga YouTube MOD (modifikasi)

Apa itu YouTube Biru Apk?

Aplikasi YouTube Biru adalah aplikasi YouTube versi modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Jadi, ini bukanlah aplikasi YouTube resmi, melainkan disediakan oleh pihak ketiga yang menghadirkan sejumlah fitur tambahan dibanding versi YouTube aslinya.

YouTube Blue APK adalah versi yang lebih baik dari aplikasi stok YouTube untuk Android! Termasuk pemblokiran iklan, pemutaran latar belakang, dan banyak lagi. Aplikasi Vanced Manager memudahkan penginstalan YouTube versi MOD.

YouTube Blue apk menjadi sangat populer, jadi tak sedikit pengguna Android yang menginginkan aplikasi ini di perangkat Android mereka.

YouTube Blue adalah aplikasi YouTube untuk Android dengan banyak tweak terintegrasi, seperti pemblokiran iklan, pemutaran video di latar belakang, pemblokiran iklan sponsor, dan pengulangan otomatis. Aplikasi ini hanya dapat diinstal pada perangkat Android.

Fitur YouTube Blue APK


Berikut adalah beberapa fitur eksklusif dari aplikasi YouTube Blue apk yang sekaligus menjadi kelebihannya sehingga tak jarang juga yang mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Fitur Utama:

  • Mode gelap AMOLED yang sebenarnya membantu mengurangi ketegangan mata dan konsumsi baterai.
  • Dengan adblocking diaktifkan, blokir semua iklan di video dan putar video di latar belakang atau dalam mode PiP (Picture-in-Picture) - mendukung Android 8.0 dan lebih tinggi
  • Gesek mengontrol kecerahan dan volume seperti di pemutar video lain seperti MX Player (dengan padding yang dapat dikonfigurasi).
  • Dengan fitur pengulangan otomatis, lagu dan video favorit Anda akan terus diputar secara berulang.
  • Tidak tertarik dengan bagian komentar baru atau pemutar mini? Anda dapat mengalihkannya ke versi tablet, yang mirip dengan versi lama (sedikit buggy).


 Kustomisasi:

  • Menimpa opsi codec untuk perangkat lama, seperti memaksa H.264 atau VP9.
  • Ini memungkinkan Anda untuk mematikan paksa pemutaran 60fps atau HDR jika Anda menginginkan pengalaman sinematik. (Konfigurasi perangkat khusus dapat diakses di Discord atau XDA)
  • Anda dapat menyetel resolusi video default setinggi atau serendah yang Anda suka, dan bahkan mengesampingkan resolusi layar untuk pemutaran 4K yang tajam di perangkat apa pun.
  • Anda dapat mengubah kecepatan pemutaran default dari 0,25x menjadi 2x (dengan asumsi perangkat Anda mampu).
  • Anda dapat mengaktifkan iklan rumahan, iklan merchandise, iklan UI, postingan komunitas, upselling film, film ringkas, penghapusan rak film, spanduk ringkas (seperti info covid), hapus komentar, dan banyak lagi!

Perbedaan YouTube Biru dan YouTube Asli

Dari pemaparan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa yang membedakan antara aplikasi YouTube asli dengan yang YouTube Blue adalah sebagai berikut:

  • YouTube Blue merupakan aplikasi tidak resmi
  • YouTube Blue memiliki fitur yang lebih lengka dari versi resmi
  • YouTube Blue dilengkapi fitur nonton video di YouTube tanpa iklan


Jadi, secara keseluruhan perbedaan YouTube asli dan YouTube Biru adalah pada fitur dan pengembangnya. Namun, dibalik kelebihan yang ada pada YouTube Biru, aplikasi ini juga tidak terjamin keamanannya karena dikembangkan oleh pihak ketiga - bukan Google. Selain itu, aplikasi ini juga bukan aplikasi resmi.



Next Post Previous Post