Cara Berhenti Menganggap Sesuatu Secara Pribadi



Orang menganggap sesuatu secara pribadi karena berbagai alasan. Mereka menganggap sesuatu secara pribadi karena mereka merasa tidak aman atau salah menafsirkan apa yang dikatakan oleh orang lain.

Relatif mudah untuk salah mengartikan apa yang dikatakan orang lain, terutama ketika ada gangguan komunikasi.

Ketika menganggap sesuatu secara pribadi, mereka biasanya membela diri. Artinya, mereka merasa karakter, kemampuan, kompetensi, atau prestasi pribadinya sedang diserang.

Tentu saja, tidak seorang pun senang dibicarakan secara negatif. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya, baik benar maupun tidak benar.

Jadi, apa artinya hal tersebut? Meskipun Anda tidak dapat mengontrol apa yang dilakukan atau dikatakan orang lain, Anda hanya dapat mengontrol bagaimana Anda memberikan reaksi terhadap itu semua.

Ini terutama berlaku untuk apa yang Anda pilih untuk diinternalisasi dan apa yang Anda pilih untuk diabaikan.

Menginternalisasi sesuatu berarti Anda menganggapnya pribadi. Menanggapi sesuatu hal secara pribadi dapat berkontribusi pada keyakinan negatif yang membatasi diri.

Hal itu juga dapat mencegah Anda mengejar tujuan yang sangat Anda sukai. Jadi, Anda harus tahu bagaimana berhenti menganggap sesuatu secara pribadi.

Cara Berhenti Menanggapi Sesuatu Secara Pribadi

Cara Berhenti Menganggap Sesuatu Secara Pribadi

Terdapat sejumlah tips agar bisa berhenti menanggapi sesuatu secara pribadi. Anda bisa fokus pada beberapa kiat yang dijelaskan dibawah ini sebagaimana disarikan wiharjo.com dari sebuah sumber supaya perasaan dan hati menjadi lebih tenang dan nyaman.

1. Ciptakan Kesibukan

Pikiran yang menganggur adalah taman bermain iblis. Saat seseorang tanpa kesibukan apapun, banyak pikiran dan emosi cenderung mengalir masuk.

Pikiran negatif ini dan perasaan seringkali dapat dikaitkan kembali dengan kata-kata negatif orang lain. Ada baiknya menghabiskan waktu Anda dengan bijak agar tidak terjebak dalam siklus pemikiran negatif.

Ketika Anda sibuk, Anda tidak punya waktu untuk peduli dengan apa yang dikatakan orang lain. Sebaliknya, Anda memiliki sorotan penting lainnya dalam hidup Anda dan hal-hal produktif untuk dibicarakan.

Agar sibuk, Anda ingin fokus pada usaha yang sesuai dengan kepribadian Anda. Apa yang Anda suka kerjakan?

Jika Anda menyukai seni, pertimbangkan untuk mengikuti lokakarya dan menyempurnakan kerajinan Anda.

Kesukarelaan juga merupakan pilihan bagi orang-orang yang menemukan kegembiraan dalam membantu orang lain.

Kuncinya adalah membenamkan diri dalam hobi yang Anda sukai. Anda akan mulai menarik orang-orang yang berpikiran sama di mana kepentingan bersama menjadi topik pembicaraan.

2. Pertanyakan Pemikiran Anda


Jika Anda tersinggung, pertanyakan mengapa Anda melakukannya. Anda dapat menemukan bahwa Anda tersinggung karena Anda percaya apa yang dikatakan tentang Anda. Ini tidak berarti bahwa apa yang dikatakan itu benar. Sebenarnya, itu bisa berarti bahwa Anda dibesarkan atau diyakinkan untuk merasa seperti itu tentang diri Anda.

Untuk merekondisi proses pemikiran ini, Anda harus berhati-hati. Tingkat kesadaran diri yang tinggi ini dapat dibangun dengan mempertanyakan pemikiran Anda. Anda tidak hanya akan memeriksa pikiran Anda dan mengapa Anda berpikir dengan cara tertentu, tetapi Anda juga harus memperhatikan kapan self-talk negatif pertama kali dimulai.

Menjadi lebih sadar juga merupakan cara yang bagus untuk menjadi lebih sadar akan pikiran Anda. Salah satu cara termudah untuk melatih mindfulness adalah dengan meditasi. Meditasi terpandu sederhana untuk terlalu banyak berpikir dapat membantu melatih pikiran Anda untuk menjadi lebih sadar akan pemikiran Anda dan memperhatikan ketika Anda mulai merespon sesuatu secara pribadi.

3. Hilangkan Kebingungan


Anda dapat berhenti mereaksi sesuatu secara pribadi dengan menghilangkan kebingungan dari hidup Anda.

Kebingungan datang dalam berbagai bentuk dan menyertai banyak orang yang berbeda. Tidak semua orang ingin melihat Anda sukses dalam hidup. Atau, beberapa orang ingin Anda sukses, tetapi tidak lebih dari mereka.

Orang-orang seperti ini akan memberi Anda pujian palsu dan tidak bersemangat. Mereka mungkin juga pasif-agresif saat berbicara dengan Anda, tidak mengomunikasikan perasaan mereka terhadap Anda. Mereka mungkin juga menggunakan humor yang mencela diri sendiri, meminimalkan pencapaian Anda, atau terus membandingkan kemajuan mereka dengan kemajuan Anda.

Meskipun tidak terlalu jelas, ada kerugian untuk mempertahankan orang-orang seperti itu. Secara tidak sadar, Anda mungkin mulai mempercayai hal-hal negatif tertentu yang mereka katakan tentang Anda. Yang terbaik adalah berbicara dengan orang-orang ini dan beri tahu mereka bagaimana perasaan Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini. Jika mereka tidak bisa menghormati keinginan Anda.

4. Menjadi Lebih Percaya Diri


Alasan utama mengapa kita sering menganggap sesuatu secara pribadi sangat berkaitan dengan rasa tidak aman pribadi.

Ketidakamanan muncul dari hal-hal seperti pelecehan, intimidasi, atau terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ketika seseorang merasa tidak aman, mereka cenderung lebih sadar diri dan rentan terhadap penilaian orang lain.

Seperti yang dinyatakan, setiap orang memiliki pendapat. Namun, orang yang percaya diri tidak merasa kurang berharga atau aman saat mendengar kritik atau pendapat. Untuk membangun kepercayaan diri, dan berhenti mengambil hal-hal pribadi, gabungkan cinta-diri ke dalam gaya hidup Anda.

Ketika kita memiliki ikatan yang aman dengan diri kita sendiri, kita tidak peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang siapa kita. Mencintai diri sendirikegiatan termasuk menjalani hari spa, merapikan kuku, bermeditasi, membuat jurnal, berolahraga, mengelilingi diri Anda dengan individu-individu yang positif, dan memberdayakan diri Anda melalui afirmasi harian.

5. Pahami Kekuatan yang Anda Miliki


Ada dua jenis kritik yang umum: kritik konstruktif dan kritik destruktif. Ketika seseorang mengatakan sesuatu yang negatif tentang Anda, jangan terpancing.

Terkadang, orang mengatakan sesuatu untuk melihat bagaimana Anda akan bereaksi. Jangan beri mereka reaksi. Alih-alih, terus fokus untuk meningkatkan kehidupan Anda. Obat terbaik untuk mengalahkan orang seperti ini adalah dengan mengabaikan mereka.

Reaksi adalah apa yang memberi mereka makan, dan itulah yang mereka butuhkan untuk merasa diakui. Dan, kekuatan Anda terlalu penting untuk digunakan untuk mengatasi hal-hal negatif. Meskipun dorongan pertama mungkin untuk membela diri, pahamilah bahwa tidak semua orang pantas mendapatkan tanggapan.

Jadi, jangan beri mereka pengakuan itu. Adapun kritik hormat, perhatikan. Namun, jangan pernah menganggap kritik membangun sebagai pribadi karena mereka yang memberi Anda biasanya hanya ingin melihat Anda menjadi lebih baik.

6. Berhenti Terlalu Peduli Tentang Apa yang Orang Lain Pikirkan tentang Diri Anda


Ini mungkin terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk beberapa orang, tetapi Anda harus berhenti menganggap sesuatu secara pribadi.

Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda? Jika demikian, mengapa Anda peduli?

Kebanyakan orang peduli tentang apa yang dipikirkan dan dikatakan orang lain tentang mereka sampai taraf tertentu.

Tapi kami memang tidak memiliki otoritas atas apa yang orang lain gunakan untuk kebebasan berbicara dan berpikir mereka. Kecuali jika seseorang menghasut kekerasan atau mencemarkan nama baik Anda, kami hanya dapat mengambil hal-hal yang dirasakan dan dikatakan orang tentang kami dengan sebutir garam.

Itu tidak memengaruhi siapa Anda sebagai individu. Ingatlah bahwa orang lain tidak dapat mendefinisikan Anda. Anda mendefinisikan diri Anda melalui cara Anda berinteraksi dengan orang lain dan melalui hal-hal yang Anda lakukan dalam hidup ini.

7. Berhenti Berasumsi


Asumsi adalah sumber masalah. Asumsi dapat dibuat dari salah bicara atau salah menafsirkan. Kesalahpahaman terjadi setiap hari, apakah memahami apa yang dikatakan seseorang kepada seseorang atau seseorang menggunakan kata-kata yang salah.

Kerusakan komunikasi ini dapat mengakibatkan individu melompat ke kesimpulan dan membuat asumsi. Seseorang dapat menanggapi sesuatu secara pribadi karena mereka salah mengerti apa yang dikatakan orang lain.

Dalam kasus seperti itu, pujian yang tidak bersalah dapat diartikan sebagai ucapan satir. Cobalah untuk menangkap diri Anda sendiri sebelum Anda mulai berasumsi atau sampai pada kesimpulan Anda tentang apa yang dikatakan atau dirasakan seseorang terhadap Anda.

8. Kenali Diri Anda


Mengenal diri sendiri sangat berkaitan dengan kepercayaan diri Anda. Ketika Anda mengenal diri sendiri, Anda menerima dorongan besar dalam kepercayaan diri. Mengenal diri sendiri melibatkan memahami apa yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri.

Anda mengetahui batasan dan standar Anda yang keduanya merupakan komponen penting untuk menetapkan batasan.

Karena Anda teguh pada siapa Anda, tidak ada yang dapat dilakukan atau dikatakan siapa pun untuk memengaruhi kedamaian dan harga diri Anda secara negatif. Anda bisa mengenal diri sendiri dengan melepaskan diri dari semua keyakinan dan sentimen yang dipaksakan kepada Anda oleh orang lain.

Selain itu, habiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri untuk mempelajari kembali siapa diri Anda sebenarnya.

9. Bersikap Asertif


Menjadi baik adalah sesuatu yang diajarkan kepada kita sejak kita masih kecil. Namun, ada beberapa kesalahpahaman dalam hal kebaikan. Atas nama kebaikan, beberapa orang menghindari sikap asertif karena mereka mungkin mengasosiasikan sikap asertif dengan sesuatu yang negatif.

Anda tetap bisa bersikap baik sambil bersikap asertif. Ini adalah pendekatan alternatif untuk mengabaikan apa yang dikatakan orang lain terhadap Anda. Alih-alih mengabaikan orang-orang itu, Anda bisa menegaskan diri sendiri.

Menegaskan berarti menyatakan, mengklaim, atau membela sesuatu. Dengan bersikap asertif, Anda dengan percaya diri memotong kebohongan dan setengah kebenaran yang dibicarakan tentang Anda.

Anda juga menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda memiliki batasan dan tidak menyetujui ucapan negatif mereka. Begitu Anda menegaskan diri sendiri, Anda akan merasa memegang kendali atas situasi dan bagaimana Anda merespons situasi di masa depan.

Terlepas dari apa yang dikatakan orang lain, kami hanya bertanggung jawab atas bagaimana kami bereaksi dan merespons. Ketika kita dapat berhenti menganggap sesuatu secara pribadi, kita mengambil kembali kekuatan kita.

Setiap orang memiliki hak untuk berpendapat, sama seperti Anda memiliki hak untuk tidak menganut pendapat dan keyakinan tersebut. Dengan mengenal diri sendiri, Anda dapat memahami bagaimana berhenti menanggapi sesuatu secara personal.



Next Post Previous Post