4 Aplikasi Untuk Kelola Keuangan



Manajemen keuangan merupakan hal yang penting dalam kehidupan, terlebih dalam menjalani kehidupan berkeluarga. Hal ini lantaran persoalan keuangan merupakan salah satu persoalan utama dalam kehidupan. Oleh sebab itu, kita perlu memiliki kemahiran dalam melakukan manajemen keuangan pribadi atau keluarga. Meskipun demikian, terkadang kita menemukan kesulitan saat mencoba untuk melakukan manajemen keuangan. Dengan kebutuhan hidup yang terus meningkat dengan pola kehidupan yang semakin konsumtif, maka pengelolaan keuangan sangat diperlukan. 

Anda harus bisa memisahkan antara keperluan dan keinginan untuk menjaga pengeluaran tetap stabil. Jika tidak, risikonya jelas, Anda tak akan sempat menyisihkan dana investasi jangka panjang untuk menyiapkan hari tua. 

Beruntungnya, urusan mengatur keuangan kini bisa lebih simpel. Jika dulu aturan dan perencanaan keuangan konvensional identik dengan buku bergaris besar dan tebal, kini perkembangan zaman yang melahirkan era digital telah mengubah semuanya.

Adanya ponsel pintar dan aplikasi gratis membuat penataan keuangan bisa lebih praktis. Pada penggguna Android misalnya, laiknya asisten keuangan pribadi, yang dapat mengatur keuangan penggunanya kapan dan di mana saja. 

Saatnya Rencanakan Keuangan

Hal penting dalam perencanaan keuangan adalah proses mencatat. Simpelnya, orang perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.

Tentu saja, catatan yang komprehensif dapat dijadikan evaluasi untuk memprediksi pengeluaran dan tabungan yang dapat disisihkan untuk masa depan. Dalam aplikasi Android, proses pencatatannya sama. Pengguna hanya perlu mengisi daftar pengeluaran dan pemasukan rutin untuk menghitung jumlah rupiahnya. 
4 Aplikasi Untuk Kelola Keuangan
Perbedaan dengan sistem konvensional, Anda tak perlu repot mencatatnya pada buku, menyediakan bolpoin atau pensil hingga menaruhnya pada laci rahasia. Tinggal gunakan jari Anda, sambil makan atau menghabiskan waktu di lobi hotel pun bisa.

Namun, aplikasi perencanaan keuangan hanya akan tersedia dalam ponsel setelah Anda mengunduhnya. Desain dan penggunaannya sederhana. Bahkan, jika ingin lebih privasi, ada beberapa aplikasi yang dapat dikunci secara otomatis.

Manfaatkan Ponsel Pintar

Untuk mulai memakainya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi di ponsel. Di MoboMarket, misalnya. Toko aplikasi yang satu ini menyediakan banyak aplikasi perencanaan keuangan dan beberapa di antaranya adalah buatan anak bangsa.

Toshl Finance Budget & Expense, Expense Manager, Atur Uang atau Atur Uang Personal, dan UangKu adalah sederet aplikasi yang dapat Anda jadikan rekomendasi. Anda dapat memilih sesuai selera dan kebutuhan.
4 Aplikasi Untuk Kelola Keuangan
Aplikasi Toshl Finance Budget & Expense adalah salah satu yang menyenangkan. Selain ramah penggunaannya, desainnya juga unik sehingga pengguna lebih bersemangat untuk mencatat lalu lintas keuangannya. 

Sebagai catatan penting, kelebihan aplikasi ini adalah munculnya monster merah pada layar yang bertugas mengingatkan jumlah pengeluaran dan pendapatan Anda dalam sebulan.  

Berbeda dengan aplikasi tersebut, Expense Manager pun tak kalah menarik. Aplikasi ini memiliki desain sederhana. Anda pun dapat melihat pola pengeluaran per bulannya dalam bentuk grafik atau bagan  statistik keuangan.

Pun, tak jauh berbeda, aplikasi UangKu juga menawarkan hal serupa. Aplikasi karya anak Nusantara ini memungkinkan penggunanya melihat kategori pengeluaran dalam bentuk grafik kue pie berwarna-warni.

Namun, jika tak ingin menghabiskan kuota internet, mungkin Anda perlu melirik aplikasi Atur Uang atau Atur Uang Personal. Aplikasi ini terdiri dari dua versi, yaitu online atau “Atur Uang” dan offline atau “Atur Uang Personal”. Namun, bagi Anda yang tak membutuhkan penyimpanan data online berbasis cloud, “Atur Uang Personal” dapat Anda jadikan pilihan.

Simpel, kan? Yuk, mulai atur pengeluaran Anda sekarang!

Demikian ulasan mengenai aplikasi yang ada di smartphone Android yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan pribadi atau keluarga. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba. 


Next Post Previous Post