Apa itu Battery Saver dan Kegunaannya?



Di HP Android Anda bisa menjumpai sebuah fitur berupa battery saver atau penghemat baterai dimana saat diaktifkan maka konsumsi baterai smartphone Anda akan menjadi lebih hemat.

Di semua tipe HP Android sepertinya bisa dilihat fitur yang satu ini. Ya, fitur battery saver merupakan sebuah fitur yang sangat berguna untuk membuat daya baterai HP bisa tahan lebih lama. Terlebih disaat tidak memungkinka untuk mencharging HP, battery saver menjadi sangat berguna.

Di iPhone, mode hemat baterai dikenal dengan nama mode hemat daya yang secara fungsi sama saja. Lebih lanjut tentang mode penghemat baterai di Android serta kegunaannya bisa Anda baca uraian dibawah ini.

Apa itu Battery Saver?

Apa itu Battery Saver dan Kegunaannya?

Semua smartphone dan tablet Android memiliki fitur penghemat baterai yang dapat Anda aktifkan secara manual atau otomatis untuk memberi Anda lebih banyak waktu hingga baterai benar-benar habis.

Fitur ini memiliki nama berbeda di tiap-tiap perangkat atau tipe dan versi OS (Penghemat Baterai, Hemat Daya, Mode Hemat Daya). Jika Anda ingin menghemat energi pada perangkat Anda, Anda tidak perlu menginstal aplikasi Penghemat Baterai, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan dan mengonfigurasi fitur Penghemat Baterai bawaan di ponsel atau tablet Android Anda.

Mode Hemat Daya adalah fitur yang tersedia di semua perangkat Android yang bertujuan untuk membatasi konsumsi daya, sehingga baterai Anda bertahan lebih lama hingga Anda dapat mengisi dayanya kembali. Saat diaktifkan, fitur ini dapat menambah satu atau dua jam lagi daya tahan baterai Anda. Ini mungkin cukup untuk pulang ke rumah atau ke kantor, di mana Anda dapat mengisi ulang ponsel cerdas atau tablet Anda.

Nama fitur ini bervariasi dari satu produsen ke produsen lainnya. Misalnya Google dan Xiaomi menyebutnya Penghemat Baterai , Samsung menyebutnya Penghemat Daya, sedangkan Realme dan pabrikan lain menyebutnya Mode Hemat Daya . Jadi nama fitur ini tidak terlalu penting, dan Anda seharusnya mengharapkan fitur ini melakukan sebagian besar hal yang sama di semua ponsel pintar dan tablet Android.

Anda harus mengaktifkan Penghemat Baterai saat daya baterai hampir habis dan tidak dapat mengisi daya perangkat, atau bahkan saat Anda akan melakukan perjalanan jauh, dan Anda tahu bahwa mengisi daya perangkat akan menimbulkan masalah.

Apa yang dilakukan serta kegunaan Mode Penghemat Baterai di Android?


Cara penerapan penghematan baterai pada perangkat spesifik Anda bergantung pada ponsel atau tablet yang Anda gunakan dan varian Android dari pabrikannya. Namun, pada sebagian besar smartphone dan tablet Android, Penghemat Baterai melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Aplikasi Android menyegarkan kontennya (email, berita, cuaca, dll.) hanya saat Anda membukanya.
  • Aplikasi Android tidak berjalan di latar belakang kecuali Anda mematikan fitur ini. Sayangnya, ini juga berarti sinkronisasi latar belakang tidak berfungsi, termasuk pencadangan data ke OneDrive, Google Drive, Dropbox, dan layanan serupa lainnya.
  • Ponsel atau tablet Anda tidak mendengarkan perintah suara “OK Google”. Jika Anda ingin menggunakan perintah suara, Anda perlu memulai Asisten Google secara manual dan berinteraksi dengannya.
  • Mode Gelap diaktifkan sehingga tampilan mengonsumsi lebih sedikit energi.
  • Layanan lokasi (GPS) dihentikan ketika layar dimatikan.
  • Fitur Selalu Di Layar dinonaktifkan.
  • Kecerahan layar diturunkan 10% atau lebih.
  • Konektivitas seluler 5G dimatikan dan digantikan oleh 4G.
  • Kecepatan prosesor diturunkan untuk mengonsumsi lebih sedikit energi.
  • Pada perangkat dengan layar yang memiliki kecepatan refresh tinggi yaitu 90 Hz atau 120 Hz, kecepatan refresh diturunkan menjadi 60 Hz.
  • Fitur Motion Sense, yang memungkinkan Anda menggunakan gerakan untuk melakukan tindakan tanpa membuka kunci layar, dinonaktifkan.
  • Notifikasi aplikasi Anda mungkin tertunda untuk menghemat energi.


Fitur battery saver berfungsi sama di sebagian besar smartphone. Namun, beberapa produsen (Samsung, Xiaomi, Motorola, Realme, dll.) mungkin menambahkan beberapa tindakan ke daftar ini, bergantung pada pendekatan mereka untuk perangkat spesifik yang Anda gunakan.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan mode Penghemat Baterai di HP Android


Jika Anda menggunakan perangkat Pixel dari Google, HP Android Xiaomi, atau vendor lain yang menggunakan opsi bawaan dari Android, mengaktifkan atau menonaktifkan mode Penghemat Baterai dengan langkah-langkah berikut ini:

Cara tercepat adalah dengan mengakses menu Pengaturan Cepat dengan menggeser dari sisi atas layar. Opsi Penghemat Baterai mungkin tidak ditampilkan di baris pertama pintasan Pengaturan Cepat. Dalam tampilan ringkas ini, geser ke bawah lagi untuk mengakses Pengaturan Cepat yang diperluas. Kemudian, gulir ke bawah daftar pengaturan cepat hingga Anda menemukan ikon Penghemat Baterai dan ketuk di atasnya.

Kesimpulan


Sekarang Anda tahu apa itu mode attery saver atau penghemat baterai di Android, apa fungsinya, cara kerjanya, dan juga banyak namanya. Fitur ini sangat berguna, khususnya disaat baterai ponsel Anda tinggal sekian persen.

Anda dapat mengaktifkan mode battery saver ketika baterai mulai habis dan disisi lain tidak memungkinkan bagi Anda untuk mencharge HP tersebut.



Next Post Previous Post