Cara Terbaik Membersihkan RAM di Android



Apakah Anda punya HP Android dengan RAM kecil yang semakin hari kian dirasa loading lemot atau performa smartphone tersebut sering membuat Anda tidak nyaman? Simak panduan untuk membersihkan RAM di Android sebagaimana dirangkum dibawah ini.

Dengan setiap versi berikutnya, Android terus mengalami peningkatan, dan tidak dapat disangkal bahwa ini adalah sistem operasi yang canggih dan kaya fitur. Namun, banyaknya fungsi yang ditawarkan Android memiliki konsekuensi tersendiri. Android telah lama terkenal sebagai sistem operasi yang boros sumber daya, dan setiap versi baru memerlukan lebih banyak RAM agar dapat beroperasi secara efisien. Kenyataannya, perangkat Android teratas saat ini memiliki RAM 4 gigabyte, yang menunjukkan efisiensi memori Android.

Jadi, jika Anda memiliki smartphone Android lama dengan jumlah RAM yang sedikit dan tidak berfungsi sebaik dulu, Anda mungkin perlu mengoptimalkan RAM tersebut. Kami di sini untuk membantu Anda dalam hal itu.

Cara Mudah Untuk Membersihkan RAM di Android

Cara Membersihkan RAM di Android

Clear RAM di Android akan berguna, khususnya jika HP Anda memiliki sumberdaya RAM yang relatif terbatas. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan RAM yang dapat Anda ikuti:

1. Nonaktifkan aplikasi dan bersihkan bloatware


Meskipun menghentikan aplikasi akan mengosongkan RAM, hal ini tidak serta merta dilakukan dalam jangka waktu yang lama, karena aplikasi sering kali memulai ulang sendiri di latar belakang. Jadi, jika ada program sistem yang tidak dapat di-uninstall menggunakan RAM perangkat Anda, matikan saja. Jika Anda menonaktifkan suatu aplikasi, aplikasi tersebut tidak akan berjalan di latar belakang sampai Anda mengaktifkannya kembali. Selain itu, aplikasi tertentu tidak akan muncul di daftar aplikasi.

Untuk mematikan aplikasi sistem, navigasikan ke Pengaturan->Aplikasi dan matikan program yang Anda inginkan. Tekan tombol “Nonaktifkan” di halaman informasi aplikasi, lalu sentuh opsi “Nonaktifkan Aplikasi” di popup.

2. Periksa penggunaan memori Anda dan hentikan semua program yang menggunakan banyak ruang


Untuk memulainya, penting untuk memahami aplikasi jahat mana yang menggunakan paling banyak RAM di ponsel pintar Android Anda. Untungnya, Android memiliki pemeriksa penggunaan memori bawaan.

Untuk memeriksa memori Anda, buka Pengaturan Android->Memori, di mana konsumsi memori rata-rata akan ditampilkan. Setelah itu, Anda dapat melihat konsumsi memori rata-rata selama beberapa jam atau bahkan sehari sebelumnya.

Untuk memeriksa memori yang digunakan oleh aplikasi, buka “Memori yang digunakan oleh aplikasi” dan lihat konsumsi memori rata-rata oleh sistem Android dan berbagai program. Untuk memeriksa aplikasi mana yang menggunakan RAM paling banyak, tekan ikon tiga titik di kanan atas dan pilih “Urutkan berdasarkan maks. penggunaan." Cukup sentuh nama aplikasi untuk mendapatkan informasi tambahan tentang penggunaan RAM-nya.

Untuk memaksa suatu program berhenti menggunakan terlalu banyak RAM, tekan tombol tiga titik dan pilih “Force Stop.”

3. Gunakan wallpaper dan widget yang ringan


Meskipun ada beberapa aplikasi Wallpaper Animasi fantastis yang tersedia untuk Android, aplikasi tersebut menghabiskan banyak RAM, yang menyebabkan peningkatan penggunaan baterai. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan kinerja, kami tidak akan merekomendasikan wallpaper hidup. Widget yang luas, seperti wallpaper hidup, menghabiskan banyak RAM, jadi jika Anda serius ingin mengosongkan sebagian RAM di ponsel cerdas Anda, tetap gunakan widget dasar seperti pemutar musik dan kalender.

4. Gunakan aplikasi booster pihak ketiga


Aplikasi tertentu mungkin dipercaya dapat mengosongkan RAM pada ponsel cerdas Anda sehingga membuatnya berfungsi lebih baik.

Clear Master memiliki fungsi "Memory Boost" yang cerdas yang memungkinkan Anda mengosongkan RAM langsung dari layar beranda, namun jika Anda hanya ingin membersihkan RAM perangkat, ini mencakup banyak fitur untuk meningkatkan efisiensi perangkat Anda. Ini juga memungkinkan Anda mengatur program yang dimulai secara otomatis, sehingga Anda dapat langsung menghentikan aplikasi yang menghabiskan memori. Ada beberapa aplikasi pembersih RAM, seperti CCleaner, DU Speed ​​Booster, dan lain-lain, selain Clean Master.

5. Matikan animasi dan transisi


Banyaknya animasi dan transisi Android membuat OS tampil lebih kontemporer dan elegan, namun juga membebani RAM dan CPU perangkat. Kabar baiknya adalah animasi dan transisi ini mudah untuk dinonaktifkan.

Untuk mengotak-atik pengaturan transisi, Anda harus mengakses “ Opsi pengembang ” terlebih dahulu. Jika Anda belum mengetahuinya, Anda dapat mengaktifkan opsi Pengembang dengan menuju ke Pengaturan->Tentang ponsel dan menekan “ Nomor pembuatan ” hingga Anda mendapatkan pesan yang mengatakan “Selamat! Anda sekarang adalah seorang pengembang”.

Lalu, buka  Pengaturan->Opsi pengembang  dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi seperti  “Skala animasi jendela”, “Skala animasi transisi” dan “Skala durasi animator” . Anda cukup mengetuk salah satu opsi ini dan mengaturnya ke “Animasi mati “.

Kesimpulan


Anda pasti setuju bahwa ini adalah beberapa ide dan metode dasar untuk membersihkan RAM pada ponsel pintar Android Anda. Jadi, jika ponsel Android Anda mengalami kesulitan kecepatan karena aplikasi menggunakan semua memori, cobalah metode ini untuk mengosongkan sebagian RAM dan meningkatkan kinerja.



Next Post Previous Post