Trik Meningkatkan Sinyal WiFi

Saat ini masyarakat Indonesia semakin dimudahkan untuk mendapatkan akses internet. Jika dulu harus pergi ke warnet atau berlangganan internet di rumah, maka kini masyarakat Indonesia bisa mengakses internet secara mobile dari smartphone kesayangan mereka. Untuk dapat mengakses internet, pengguna smartphone diharuskan terlebih dahulu mengaktifkan layanan data pada smartphone mereka. Selain melalui layanan data, pengguna smartphone juga dapat mengakses internet dengan melalui WiFi. 

WiFi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Dengan adanya WiFi, kita dapat terhubung ke internet baik menggunakan notebook, PDA, ataupun smartphone yang telah dilengkapi WiFi Card. 

WiFi kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Ada banyak tempat dimana kita bisa menemukan WiFi baik yang gratis maupun yang berbayar. Hanya saja ketika mengakses internet melalui koneksi Wi-Fi terkadang terbentur dengan masalah internet lemot.

Sinyal WiFi

Sinyal WiFi yang lemah akan membuat aktivitas internetan kita terganggu, apalagi urutan kecepatan internet di Indonesia menduduki peringkat 122 di dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal WiFi kita. Dengan cara-cara berikut ini, kamu bisa memperkuat penerimaan sinyal dari jaringan WiFi yang bisa diaplikasikan pada smartphone Android, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Pasti penasaran dong sama cara untuk meningkatkan sinyal WiFi yang akan disajikan di bawah ini? Simak terus artikel ini ya. Seperti dikutip dari JalanTikus, berikut ini merupakan 10 cara untuk meningkatkan sinyal WiFi hingga 2 kali lipat. 


1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru


Saat ini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi lama yang mempunyai kecepatan lambat. Sedangkan N merupakan teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan. Jadi, selalu gunakan versi N untuk untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

2. Cari Posisi yang Tepat


Sinyal WiFi tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya. Jadi, selalu cari posisi bebas dari penghalang agar kamu dapat berinternetan dengan nyaman.

3. Jauhi dari Perangkat Elektronik Lain


Tidak hanya router lain yang dapat mengganggu kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu kamu juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

4. Gunakan Channel yang Kosong


Sinyal WiFi

Jika di wilayah kamu terdapat banyak orang yang menggunakan router WiFi, maka bisa jadi kamu berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyalnya menurun. Maka dari itu pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal. Kamu dapat menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan trik ini.

5. Perbaiki Sistem Keamanan


Kamu telah menggunakan paket internet yang cepat, namun masih saja lambat saat diakses. Kemungkinan ada orang lain yang menggunakan koneksi WiFi kamu tanpa sepengetahuanmu. Untuk mencegahnya, gunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2.

6. Kontrol Bandwidth


Jika kamu tidak sendiri saat menggunakan WiFi, pasti akan lambat saat browsing. Kamu bisa mengatur penggunaan bandwidth agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwidth yang bisa mengakibatkan koneksi lemot.

7. Menggunakan Kaleng Bekas


Sinyal WiFi

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai penghantarnya, agar sinyalnya tidak menyebar kemana-kemana, kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut. Selain dengan kaleng, kamu juga bisa menggunakan panci atau aluminium foil.

8. Gunakan DD-WRT Firmware


Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya yang cukup efektif adalah dengan menggunakan aplikasi DD-WRT firmware. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk meng-hack router agar kekuatan pemancar sinyalnya menjadi lebih tinggi lagi.

Seperti dikutip dari Lifehacker.com, meskipun cukup berbahaya untuk router namun setidaknya kamu bisa menaikannya hingga 70 mW. Dengan begitu, jangkauan dari sinyal router kamu akan bertambah hingga lebih dari dua kali lipat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam opsi keamanan bagi router kamu.

9. Gunakan WiFi Repeater

Sinyal WiFi
Repeater merupakan sebuah alat untuk menerima sinyal WiFi kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini sangat cocok untuk kamu yang penerimaan sinyal WiFi-nya buruk.

10. Reboot atau Restart Secara Berkala


Tidak jauh beda dengan smartphone dan PC. Router akan sering mengalami masalah saat dipakai dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan reboot atau restart router secara rutin agar kondisi router tersebut menjadi segar dan siap digunakan kembali.
Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sinyal WiFi. Dengan ini, kamu tidak akan mengeluhkan sinyal WiFi yang lemah. Selamat mencobanya. 


Beri respon pada "Trik Meningkatkan Sinyal WiFi"