5 Tips-Trik Penting Bagi Pengguna Android

Seperti diketahui, Android merupakan platform yang kaya akan fitur. Keberagaman fitur pada perangkat berbasis Android memanjakan para penggunanya untuk berbagai kepelerluan. Tidak sebatas pada fungsionalitas multimedia, Android juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan lain sesuai dengan kebutuhan si pengguna. Nah, berikut ini 7 tips penting yang sepertinya sayang untuk dilewatkan bagi Anda pengguna platform robot hijau.

1. Buat seperti PC untuk meningkatkan performa

Buat seperti PC untuk meningkatkan performa

Smartphone seperti halnya PC miniatur yang muat di genggaman tangan. Cara kerjanya pun sebenarnya tidak berbeda, sebut saja soal manajemen memori.

Seperti PC, Android akan melambat manakala RAM atau media penyimpanan internal dalam kondisi hampir penuh. Untuk dapat meningkatkan kinerjanya kembali, Anda bisa mematikan program aktif yang tidak sedang Anda butuhkan melalui task manager yang pada umumnya sudah tersedia di perangkat Android.

Selain itu, lakukan juga pembersihan pada media internal dengan menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan atau file lama seperti foto atau video yang sudah di-backup terlebih dahulu. Ada banyak sekali program cleaner yang bisa Anda gunakan, seperti All-in-One Toolbox yang dapat membantu Anda untuk keperluan tersebut.

2.  Aktifkan enkripsi untuk melindungi data

Aktifkan enkripsi untuk melindungi data

Catatan: Tips yang ini tidak perlu Anda terapkan, terkecuali Anda memang benar-benar khawatir file yang ada di dalam perangkat Android Anda akan jatuh ke tangan orang lain.

Untuk melakuannya, silakan menuju ke menu Settings > Security > Encryption, dan pilih “Encrypt phone”. Anda akan diminta untuk membuat PIN. Kode PIN tersebut akan diminta setiap kali Anda menyalakan handphone.

Pada umumnya proses enkripsi membutuhkan waktu cukup lama (-/+ 1 jam), dan hanya dapat dibalikkan melalui factory reset. Informasi yang sudah terenkripsi juga lebih lamban saat diakses.

3. Mencoba launcher alternatif

 Mencoba launcher alternatif

Keleluasaan llain yang disediakan oleh Android adalah memungkinkan penggunanya untuk dapat mengganti-ganti launcher atau antarmuka utama yang mengisi tampilan layar depan.

Terdapat beberapa launcher populer yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Nova Launcher. Banyak pula pilihan launcher lain yang tersedia di Google Play Store. Anda bisa mencobanya untuk menemukan yang paling cocok dengan selera Anda.

Sementara itu, jika Anda ingin modifikasi lebih jauh lagfi, Anda bisa mencoba custom ROM alias OS Android hasil modifikasi yang akan menggantikan OS Android bawaan handphone.

4. Buka developer options
Buka developer options
Fitur yang satu ini merupakan salah satu fitur yang cukup menarik pada perangkat Android. Dengan fitur “rahasia” berupa Developer options, pengguna bisa mengakses sejumlah opsi pengaturan tingkat lanjut, seperti USB debugging atau jeda waktu animasi.

Cara mengaktifkan Developer options cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu “About phone” melalui menu Settings. Kemudian, sentuh pada bagian “Build number” sebanyak tujuh kali.

Selanjutnya akan muncul sebuah pemberitahuan berupa “You’re now a developer!” kemudian akan muncul dan Anda bisa mengakses developer options melalui menu Settings atau Pengaturan.

5. Tempatkan widget di Lockscreen

Tempatkan widget di Lockscreen

Widget dengan berbagai macam informasi berguna tidak hanya bisa ditaruh pada homescreen atau layar utama ponsel, melainkan dapat juga ditempatkan di lockscreen ketika layar dalam keadaan terkunci.

Silakan menuju ke menu Settings > Security, kemudian pilih “Enable widgets”. Lalu pergilah ke lockscreen dan sapukan jari ke kiri.

Selanjutnya akan muncul tanda “+” berukuran besar yang bisa dipakai untuk menambah beragam widget di layar lockscreen, mulai e-mail, Google Now, hingga informasi cuaca atau notifikasi pesan.

Beri respon pada "5 Tips-Trik Penting Bagi Pengguna Android"