Tips Memperbaiki Smartphone Yang Terkena Air

Smartphone adalah salah satu perangkat teknologi yang keberadaannya saat ini begitu esensial. Dengan gadget ini ada banyak hal yang bisa Andalakukan. Mulai dari mengakses informasi via internet, menelepon saudara atau kerabat, sampai dengan bermain game. Maka dari itu tidak mengherankan bila sebagai pemilik kita akan sangat menjaga kondisi smartphone yang dimiliki.

Cara Memperbaiki Smartphone Yang Tersiram Air

Akan tetapi terkadang meski dijaga sebaik mungkin tetap saja ada kemungkinan smartphone kesayangan Anda rusak. Salah satu penyebabnya adalah terkena air baik karena terciprat saat minum, jatuh ke kolam, atau mungkin terkena hujan. Tentunya kondisi ini bisa membuat smartphone kesayangan menjadi rusak. Dalam artikel ini kami akan membahas tips cara mengatasi ponsel yang terkena air:

1. Ketika smartphone terkena air langsung ambil dan matikan ponsel

Salah satu poin terpenting yang wajib Anda ingat saat ponsel terkena air adalah jangan panik. Karena apabila Anda panik, Anda justru tidak bisa melakukan langkah-langkah penyelamatan ponsel yang terkena air. Yang perlu Anda lakukan adalah segera mengambil ponsel yang basah dan langsung matikan.

Tujuan dari pematian ponsel yang basah terkena air adalah untuk menghindari konsleting pada bagian dalam gadget. Jangan pernah langsung menekan-nekan layar ponsel karena bisa jadi hal tersebut justru menambah kerusakan yang terjadi pada bagian mesin smartphone.

2. Lepas baterai ponsel sesegera mungkin


Setelah ponsel diambil dan dimatikan segera buka bagian belakang dan copot baterainya. Tujuan dari pelepasan baterai adalah agar air yang mengenai ponsel tidak segera memasuki bagian mesin dari smartphone itu sendiri. 

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah pelepasan baterai hanya bisa dilakukan pada ponsel yang baterainya bersifat removable baterai. Sementara untuk ponsel non removable baterai ada baiknya segera dibawa ke service centere jika memang memungkinkan.

3. Selanjutnya lepas juga memory external dan sim yang ada pada smartphone


Supaya ponsel cepat kering lepas pula bagian memori external dan sim terdapat pada ponsel Anda. Selain untuk mengeringkan smartphone secara lebih cepat melepaskan memori card dan juga sim ditujukan agar memori card dan sim tidak mengalami korosi sehingga data lebih aman.

4. Keringkan smartphone dengan menggunakan bahan yang menyerap air


Apabila Anda telah melepaskan baterai, sim, dan memory card langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengeringkan ponsel dengan benda-benda yang menyerap air. Anda bisa mengeringkannya dengan cara menjemur ponsel di bawah lampu semalaman. Alternatif lainnya adalah dengan menaruh ponsel di dalam mangkuk berisi beras. Anda bisa membolak-balikkan ponsel agar menyerapan terjadi lebih merata.

5. Nyalakan smartphone Anda

Jika semua step di atas sudah dilakukan Anda bisa langsung menyalakan smartphone dan lihatlah reaksinya. Bila ponsel bisa kembali bekerja itu tandanya Anda tidak perlu membawa gadget ke servie centre. Namun bila smartphone tidak bisa menyala segeralah bawa ponsel ada ke tempat servis.


Demikianlah uraian tentang cara mengatasi smartphone yang terkena air. Semoga informasi di atas berguna bagi shaabat pembaca. Air memang salah satu musuh utama smartphone sehingga Anda harus berusaha menghindarkan smartphone Anda dari kemasukan air. Jika Anda biasa melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, maka jangan lupa bawa alat pelindung ponsel Anda, misalkan dengan menyiapkan plastik yang nantinya dapat Anda gunakan untuk membungkus ponsel Anda.


Beri respon pada "Tips Memperbaiki Smartphone Yang Terkena Air"