ChatGPT Adalah: Ini Penjelasan dan Fungsinya



Akhir-akhir ini orang banyak tersita perhatiannya dengan Chat GPT. Lalu, apa itu ChatGPT dan apa fungsinya? ChatGPT diyakini bakal menjadi pesaing serius Google di masa mendatang. Sobat wiharjocom bisa menyimak ulasannya dibawah ini.

ChatGPT adalah alat pemrosesan bahasa alami yang digerakkan oleh teknologi AI yang memungkinkan Anda melakukan percakapan seperti manusia dan lebih banyak lagi dengan chatbot.

Model bahasa dapat menjawab pertanyaan dan membantu Anda dengan tugas, seperti menulis email, esai, dan kode.

Penggunaan saat ini terbuka untuk umum secara gratis karena ChatGPT sedang dalam tahap penelitian dan pengumpulan umpan balik. Versi  berlangganan berbayar bernama ChatGPT Plus diluncurkan pada awal Februari.

Tentang ChatGPT

ChatGPT Adalah

ChatGPT adalah chatbot model bahasa besar yang dikembangkan oleh OpenAI berdasarkan GPT-3.5. Ia memiliki kemampuan luar biasa untuk berinteraksi dalam bentuk dialog percakapan dan memberikan respons yang dapat tampak sangat manusiawi.

Model bahasa besar melakukan tugas memprediksi kata berikutnya dalam rangkaian kata.

Pembelajaran Penguatan dengan Umpan Balik Manusia (RLHF) adalah lapisan pelatihan tambahan yang menggunakan umpan balik manusia untuk membantu ChatGPT mempelajari kemampuan mengikuti arahan dan menghasilkan respons yang memuaskan bagi manusia.


Siapa yang membuat ChatGPT?


ChatGPT dibuat oleh OpenAI, sebuah AI dan perusahaan penelitian. Perusahaan meluncurkan ChatGPT pada 30 November 2022.

OpenAI juga bertanggung jawab untuk membuat DALL-E-2 , generator seni AI populer , dan Whisper , sistem pengenalan suara otomatis.

Seberapa besar masalah ChatGPT?


"ChatGPT sangat bagus. Kami tidak jauh dari AI yang sangat kuat dan berbahaya," kata Elon Musk, yang merupakan salah satu pendiri OpenAI sebelum hengkang. Sam Altman, kepala OpenAI,  mengatakan di Twitter  bahwa ChatGPT memiliki lebih dari satu juta pengguna dalam lima hari pertama setelah diluncurkan.

Menurut analisis oleh bank Swiss UBS, ChatGPT adalah aplikasi dengan pertumbuhan tercepat sepanjang masa . Analisis tersebut memperkirakan bahwa ChatGPT memiliki 100 juta pengguna aktif pada bulan Januari, hanya dua bulan setelah peluncurannya. Sebagai perbandingan, TikTok membutuhkan waktu sembilan bulan untuk mencapai 100 juta pengguna.

Bagaimana cara menggunakan ChatGPT?


Anda dapat mengakses ChatGPT hanya dengan mengunjungi  chat.openai.com  dan membuat akun OpenAI.

Anda juga masih bisa menggunakan URL lama untuk chatbot, yaitu  chat.openai.com/chat . OpenAI menyederhanakan URL asli untuk kenyamanan pengguna.

Setelah masuk, Anda dapat mulai mengobrol dengan ChatGPT. Mulailah percakapan Anda dengan mengajukan pertanyaan. Karena ChatGPT masih dalam tahap penelitian, ini gratis untuk digunakan dan Anda dapat mengajukan pertanyaan sebanyak yang Anda mau.

Untuk petunjuk langkah demi langkah, lihat panduan ZDNET tentang cara mulai menggunakan ChatGPT.

Berapa biaya ChatGPT?


ChatGPT gratis untuk digunakan, terlepas dari apa yang Anda gunakan untuk itu termasuk menulis, membuat kode, dan banyak lagi.

Ada opsi berlangganan yang dapat dimanfaatkan pengguna dengan biaya $20/bulan. Model langganan berbayar menjamin fasilitas tambahan bagi pengguna seperti akses umum bahkan pada kapasitas, dan waktu respons yang lebih cepat.

Namun, versi gratisnya masih merupakan opsi yang solid karena sebagian besar memiliki kemampuan teknis yang sama, kecuali akses ke versi terbaru AI, yang dikenal sebagai GPT-4, yang dijamin oleh model berlangganan.

Saya mencoba menggunakan ChatGPT dan katanya sudah sesuai kapasitas. Maksudnya itu apa?


ChatGPT masih gratis untuk digunakan. Karena kehebohan yang dihasilkan oleh kemampuannya yang canggih, banyak orang berbondong-bondong untuk menggunakannya. Situs web beroperasi menggunakan server, dan ketika terlalu banyak orang masuk ke server, itu kelebihan beban dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Ini tidak berarti Anda tidak akan pernah bisa mengaksesnya. Ini hanya berarti Anda harus mencoba mengunjungi situs tersebut di lain waktu ketika lebih sedikit orang yang mencoba mengakses server. Anda juga dapat membiarkan tab tetap terbuka dan menyegarkannya secara berkala.

Jika Anda ingin melewatkan penantian dan memiliki akses yang andal, ada opsi untuk Anda. Paket pro ChatGPT OpenAI, yang dikenal sebagai  ChatGPT Plus , memungkinkan pengguna untuk memiliki akses umum bahkan selama waktu puncak, merasakan waktu respons yang lebih cepat, dan memiliki akses prioritas ke fitur dan peningkatan baru, termasuk LLM OpenAI yang paling canggih, GPT- 4 . Layanan premium berharga $20 per bulan.

Bagaimana orang menggunakan ChatGPT?


Model memiliki banyak fungsi selain menjawab pertanyaan sederhana. ChatGPT dapat menulis esai , mendeskripsikan seni dengan sangat detail, membuat petunjuk seni AI, melakukan percakapan filosofis, dan bahkan kode untuk Anda .

Penggunaan favorit pribadi saya adalah meminta bantuan chatbot untuk membuat daftar dasar, seperti pengepakan, belanjaan, dan daftar tugas untuk membuat kehidupan sehari-hari saya lebih produktif. Kemungkinannya tidak terbatas.

ZDNET telah menerbitkan banyak panduan cara kerja ChatGPT. Berikut adalah beberapa yang paling populer.

Cara menggunakan ChatGPT untuk:


  • Tulis esai
  • Buat aplikasi
  • Tulis kode
  • Bangun resume Anda
  • Menulis rumus Excel
  • Ringkas konten
  • Tulis surat pengantar


Bagaimana cara kerja ChatGPT?


ChatGPT berjalan pada arsitektur model bahasa yang dibuat oleh OpenAI yang disebut Generative Pre-trained Transformer (GPT). GPT spesifik yang digunakan oleh ChatGPT disesuaikan dari model dalam seri GPT-3.5, menurut OpenAI .

Namun, dengan berlangganan ChatGPT Plus , Anda dapat mengakses ChatGPT dengan GPT-4 , model Open AI yang paling canggih.

Model AI generatif jenis ini dilatih pada sejumlah besar informasi dari internet, termasuk situs web, buku, artikel berita, dan lainnya.

Model bahasa disempurnakan menggunakan pembelajaran yang diawasi serta pembelajaran penguatan. Penggunaan Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF) inilah yang membuat ChatGPT sangat unik. Melalui RLHF, pelatih AI manusia memberikan model percakapan di mana mereka memainkan kedua bagian, pengguna dan asisten AI,  menurut OpenAI.

Apa perbedaan antara ChatGPT dan mesin pencari seperti Google?


ChatGPT adalah model bahasa yang dibuat untuk melakukan percakapan dengan pengguna akhir. Mesin pencari mengindeks halaman web di internet untuk membantu pengguna menemukan informasi yang mereka minta. ChatGPT tidak memiliki kemampuan untuk mencari informasi di internet. Ini menggunakan informasi yang dipelajari dari data pelatihan untuk menghasilkan respons, yang menyisakan ruang untuk kesalahan.

Perbedaan utama lainnya adalah ChatGPT hanya memiliki akses ke informasi hingga tahun 2021, sedangkan mesin pencari biasa seperti Google memiliki akses ke informasi terbaru. Jadi jika Anda bertanya kepada ChatGPT siapa yang memenangkan Piala Dunia 2022, itu tidak dapat memberi Anda jawaban, tetapi Google akan menjawabnya.

Apa batasan ChatGPT?


Meski terlihat sangat impresif, ChatGPT tetap memiliki keterbatasan. Keterbatasan tersebut termasuk ketidakmampuan untuk menjawab pertanyaan yang disusun dengan cara tertentu, karena memerlukan kata ulang untuk memahami pertanyaan masukan. Keterbatasan yang lebih besar adalah kurangnya kualitas dalam tanggapan yang diberikannya -- yang terkadang terdengar masuk akal tetapi tidak masuk akal secara praktis atau bisa terlalu bertele-tele.

Alih-alih meminta klarifikasi atas pertanyaan yang ambigu, model hanya menebak maksud pertanyaan Anda, yang dapat menyebabkan respons yang tidak diinginkan terhadap pertanyaan. Keterbatasan ini telah menyebabkan situs tanya jawab pengembang StackOverflow untuk setidaknya melarang sementara tanggapan yang dihasilkan ChatGPT terhadap pertanyaan .

"Masalah utama adalah bahwa sementara jawaban yang dihasilkan ChatGPT memiliki tingkat kesalahan yang tinggi, mereka biasanya   terlihat  bagus dan  jawabannya  sangat  mudah untuk dihasilkan,"  kata moderator Stack Overflow dalam sebuah posting . Kritikus berpendapat bahwa alat-alat ini sangat bagus dalam menyusun kata-kata yang masuk akal dari sudut pandang statistik, tetapi mereka tidak dapat memahami artinya atau mengetahui apakah pernyataan yang dibuatnya benar.

Keterbatasan utama lainnya adalah data ChatGPT dibatasi hingga 2021. Chatbot tidak mengetahui peristiwa atau berita yang terjadi sejak saat itu. Oleh karena itu, beberapa pertanyaan tidak akan memberikan hasil, seperti "Siapa yang memenangkan Piala Dunia 2022?"

Terakhir, ChatGPT tidak menyediakan sumber untuk tanggapannya.

Bisakah saya mengobrol dengan ChatGPT?


Meskipun beberapa orang menggunakan ChatGPT untuk beberapa fungsi rumit, seperti menulis kode atau bahkan malware, Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk aktivitas yang lebih biasa seperti melakukan percakapan ramah.

Beberapa pembuka percakapan bisa sesederhana, "Saya lapar, makanan apa yang harus saya beli?" atau yang rumit seperti, "Menurut Anda, apa yang terjadi di akhirat?" Either way, ChatGPT pasti punya jawaban untuk Anda.



Next Post Previous Post