Android 1: Apa Itu dan Semua yang Perlu Anda Ketahui



Sudah terbiasa menggunakan smartphone Android apakah Anda sudah pernah dengar mengenai Android 1? Jika belum, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini yang menjelaskan tentang Android One sebagaimana kami rangkum dari sebuah portal gadget.

Setelah lama hening, Android One membuat semacam comeback, milik Xiaomi, dengan peluncuran smartphone Mi A1

Sementara dukungan perangkat lunak hingga Android P dijanjikan, penambahan tiga aplikasi pra-instal Xiaomi dipertanyakan oleh banyak orang. Android 1, saat pertama kali diluncurkan, menjanjikan pengalaman stok Android yang sebenarnya, dan penambahan aplikasi ini, jauh dari janji itu.

Xiaomi Mi A1 hadir dengan tiga aplikasi Xiaomi - aplikasi kameranya, portal belanja Mi Store, dan aplikasi Mi Remote.

Penambahan ini gagal memenuhi satu janji yang pada awalnya dipasarkan dengan Android One - pengalaman Android murni.

Kami menelusuri memori untuk melihat apa sebenarnya kepanjangan dari Android One, smartphone yang didukungnya untuk saat ini, dan perbedaan nyata antara Android One dan Android.

Tentang Android 1


Pada tahun 2014, SVP Google, sekarang CEO Sundar Pichai meluncurkan platform Android One pada konferensi pengembang tahunannya.

Proyek ini bertujuan untuk memberikan pengalaman stok Android yang berkualitas dengan harga di bawah $100, sekaligus mensertifikasi perangkat untuk pengalaman Android yang dioptimalkan.

Untuk ponsel Android One, Google memberikan referensi desain perangkat keras kepada perusahaan-perusahaan tersebut, serta OS Android dengan janji pembaruan rutin selama dua tahun.

Pabrikan pertama yang meluncurkan perangkat Android One adalah Micromax, Karbonn, dan Spice pada September 2014. Pada saat peluncuran, dikatakan bahwa platform Android One dibuat dengan mempertimbangkan audiens disuatu negera. Akhirnya, Android One diluncurkan di banyak negara lain.

Android 1

Beberapa ponsel Android telah diluncurkan untuk sementara, dan beberapa di masa lalu memiliki spesifikasi kelas menengah. Dengan peluncuran Xiaomi Mi A1 pada hari Selasa, Google kini memiliki penawaran kelas menengah di pasar ponsel negara tertentu.

Bersamaan dengan itu, Google mengungkapkan bahwa Android One sekarang adalah singkatan dari Simple (untuk antarmuka yang rapi dan non-bloatware), Smart (dioptimalkan untuk Asisten Google dan layanan Google lainnya), Aman (dilindungi oleh Google Play Protect), dan Fresh (pembaruan yang dijanjikan).

Dengan kata-katanya sendiri, Google menyebutkan, "Ketika kami meluncurkan Android One disana pada tahun 2014, tujuannya adalah untuk membuat miliaran orang berikutnya online dengan menyediakan ponsel berkualitas tinggi dan terjangkau. Sejak saat itu, komunitas yang lebih besar telah memberi tahu kami bahwa mereka hargai keutamaan Android One di berbagai ponsel-pengalaman perangkat lunak sederhana yang menyegarkan yang dapat diakses, selalu segar, dan terdepan, dengan peningkatan masa pakai baterai, kegunaan, dan tentu saja, keamanan... Seiring produsen ponsel melanjutkan untuk berinovasi dengan menghadirkan perangkat berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, menjaga agar bagian dalam ponsel tetap inovatif, segar, dan aman sangat penting untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Kami memperluas komitmen kami pada Android One dengan bekerja sama dengan lebih banyak mitra untuk membuat ponsel yang menjalankan pengalaman perangkat lunak yang dirancang oleh Google...

Pada tahun lalu, kami telah memperluas program ke mitra baru, geografi, dan poin harga. Misalnya, di Jepang, perangkat Android One termasuk ponsel terlaris di toko Y!Mobile milik SoftBank. General Mobile telah melakukan portofolio lengkap perangkat Android One di Turki, dan baru-baru ini merilis penawaran keempat mereka, GM 6 ." 

Daftar HP Android 1


Di salah satu pasr utama ponsel Android saat ini, smartphone Android 1 pertama yang diluncurkan adalah Micromax Canvas A1, Karbonn Sparkle V, dan Spice Dream Uno. Kemudian, Lava memasuki permainan dengan Lava Pixel V1 pada Juli 2015, dan kini Xiaomi telah bermitra dengan Google untuk meluncurkan smartphone Android One Mi A1 di negara tersebut yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 625.

Di negara lain, smartphone seperti General Mobile 4G , General Mobile 5 Plus , General Mobile 6 , Infinix Hot 2 X510 , Cherry Mobile One G1, Bq Aquaris A4.5, Sharp S1, Sharp 507SH, Sharp X1 , dan lainnya, diluncurkan ke lanjut inisiatif Android One.

Android One vs Android


Perbedaan terbesar antara Android dan Android One adalah yang pertama adalah open source, dan OEM serta pabrikan dapat membuat perubahan sebanyak yang mereka inginkan pada sistem operasi. OS Android dapat di-tweak berat, menambahkan lebih banyak fitur dan kulit yang disesuaikan untuk membedakan OEM dari yang lain. Pembaruan perangkat lunak dan keamanan juga diatur oleh OEM, dan Google memainkan peran kecil di dalamnya.

Platform Android One pada dasarnya diluncurkan untuk mengubah pengguna non-smartphone menjadi pengguna smartphone. Dengan mengingat hal itu, Google menawarkan pengalaman Android murni, dan pembaruan rutin ke ponsel yang kompatibel, membatasi kerja OEM. Ini menetapkan standar perangkat keras juga untuk OEM, mengurangi pekerjaan di sana juga.

Google juga telah berjanji bahwa semua ponsel Android One akan mendapatkan dukungan perangkat lunak selama dua tahun, sedangkan untuk pengguna OS Android, diserahkan kepada kebijakan OEM.



Next Post Previous Post