Ciri-ciri STB Palsu (Tidak Berkualitas), Jangan Salah Beli

Peralihan dari siaran analog ke digital mengharuskan masyarakat yang masih menggunakan TV tabung untuk menggunakan alat tambahan berupa STB (Set Top Box) yang bisa dibeli di toko elektronik atau di toko online.

Saat Anda ingin beli STB baru, tentunya Anda perlu memilih STB berkualitas atau yang sudah mendapatkan sertifikasi dari otoritas terkait agar Anda tidak mengeluarkan uang untuk barang yang tidak berguna.

Harga STB termurah saat ini berada dikisaran 100-200 ribu. Sekalipun ingin mendapatkan STB dengan harga paling murah, pastikan STB tersebut asli dan bukan barang murahan agar tidak merugikan Anda.

Bagaimana cara mengetahui STB asli atau palsu?


Ciri-ciri STB Palsu (Tidak Berkualitas)

Berikut ini wiharjo.com rangkum mengenai ciri-ciri STB palsu atau tidak berkualitas yang dapat menjadi pegangan Anda saat ingin membeli STB untuk TV analog Anda.

Jika Anda cermat, sebenarnya banyak indikasi STB palsu dan asli. Adapun beberapa diantaranya adalah seperti dijelaskan dibawah ini. Jadi, pastikan Anda waspada dan tidak asal beli.

1. Pembayaran tidak bisa COD


Cara cek STB asli dan palsu bisa juga dilihat dari cara pembayaran yang ditawarkan oleh pihak pembeli. Misalkan saja penjual STB tersebut cenderung mengajak transaksi lewat aplikasi seperti WhatsApp dan tidak menyediakan pilihan pembayaran menggunakan metode COD.

Penjual yang tidak bertanggung jawab biasanya tidak ingin bertransaksi melalui rekening bersama. Seperti Tokopedia, Shopee atau yang lainnya. Mereka sering meminta calon pembeli untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam menyelesaikan transaksi penjualan.

Ketika Anda menemukan tipe penjual yang seperti ini, maka sebaiknya Anda lebih waspada dan jangan sampai asal beli.

2. Membuat testimonial palsu

Untuk menggoda calon pembeli, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan testimoni palsu.

Untuk diketahui, metode ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan oleh para pelaku penipuan untuk memperdaya korbannya yang pada akhirnya mereka tergoda untuk membeli barang yang ditawarkan.

Adanya testimoni palsu, korban akan beranggapan bahwa barang yang dijual tersebut memang benar adanya seperti itu, padahal yang sebenarnya adalah hanya sebuah rekayasa.

Untuk melancarkan aksinya tersebut, biasanya pelaku akan menggunakan beberapa akun palsu guna memberi testimoni terkait pengiriman, harga, kualitas barang dan berbagai hal-hal menarik lainnya.

Jadi, itu adalah beberapa ciri penipuan berkedok penjualan STB online. Untuk itu, ada baiknya membeli secara langsung di toko-toko terdekat atau melalui toko online terpercaya.

3. Harga tidak masuk akal

Ciri-ciri STB palsu yang dijual oleh penjual yang tidak bertanggung jawab yang berikutnya adalah menawarkan harga yang tidak masuk akal.

Tidak sedikit kita temukan kasus dimana penipuan dilakukan dengan kedok penjualan online yang memasang harga tidak rasional yang sangat jauh berbeda dengan harga normal yang ada di pasaran.

Misalnya, harga STB merk Matrix dijual seharga Rp 250 ribu s/d Rp 300 ribu, namun ada penjual yang memasang harga Rp 50 ribu dan 70 ribu, tentu ini tidak masuk akal dan patut Anda curigai.

Saat Anda menjumpai toko atau orang yang menawarkan harga sedemikian murah, sebaiknya Anda waspada dan lebih amannya tidak usah beli.

Response to "Ciri-ciri STB Palsu (Tidak Berkualitas), Jangan Salah Beli"