Cara Mengganti LCD HP Xiaomi Redmi

Cara menggenati LCD HP Xiamoi termasuk Redmi sebenarnya tidak sulit. Namun, bagi pengguna baru yang belum punya pengalaman ganti LCD HP tentu masih membutuhkan panduan.

Sharing tutorial HP wiharjo.com dalam artikel ini adalah mengenai panduan ganti LCD Xiaomi dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kalian ingin memasang LCD HP Xiami kalian.

Yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti LCD HP


Cara Mengganti LCD HP Xiaomi Redmi

Perhatikan beberapa hal yang disebutkan dibawah ini ketika Anda perlu mengganti LCD ponsel Xiaomi kalian. Ini supaya tidak ada kerusakan yang terjadi dan LCD bisa berfungsi secara normal.

1. Buka LCD Secara Hati-hati


Fisik ponsel saat dibongkar didalamnya terdapat sejumlah komponen penting. Jadi, pastikan saat ingin membuka LCD HP kalian tidak ada hardware lain yang rusak. Usahakan untuk lebih hati-hati.

2. Cabut Kabel Secara Perlahan


Supaya tidak membuat komponen lainnya rusak, maka sebaiknya kalian cabut kabel secara perlahan-lahan. Karena dalam ponsel ini komponen kecil-kecil, maka sudah pasti kalian perlu lebih berhati-hati.

3. Pastikan Tidak Salah Pasang


Jika sudah menerapkan LCD baru, pastikan kalian tidak salah pasang karena ini bukan hanya akan membuat LCD tidak nyala, tapi juga akan membuat kalian bekerja dua kali.

Cara Memasang LCD di HP Xiaomi dan Redmi


Berikut ini panduan memasang LCD baru di HP Xiaomi dan Redmi. Silahkan ikuti tutorial yang dijelaskan berikut ini agar proses pemasangan LCD HP Anda bisa lebih cepat dan tidak perlu mengulanginya.

Sebelumnya kalian juga bisa simak video dibawah ini terlebih dahulu. Cara ganti LCD Xiaomi Redmi 4X:

Video Cara Ganti LCD Xiaomi Redmi 3s 4a 4x 5a (Tanpa Blower Pemanas)



1. Usahakan untuk membeli LCD HP yang Bagus


Sebenarnya tidak ada merk LCD (non-bawaan) ponsel yang kualitasnya sebanding dengan bawaan HP. Namun, setidaknya usahakan untuk memilih merek LCD yang berkualitas yang sudah digunakan banyak orang. Informasi selengkapnya kalian bisa searching dulu.

2. Pastikan tidak salah type


Sebelum membeli LCD baru, pastikan type LCD yang kalian beli sesuai dengan type ponsel kalian. Ini sangat penting supaya tidak membuang-buang waktu, terlebih jika Anda beli LCD secara online.

3. Matikan HP

Jika sudah, silahkan kalian terlebih dahulu untuk menjaga faktor keamanan, kemudia lepaskan SIM card pada HP dengan menggunakan injector SIM.

4. Buka cover belakang HP

Silahkan membuka cover belakang HP dan lepaskan fleksibel sensor finger print untuk pertama kali, bisa menggunakan alat bantu jika memungkinkan untuk mencongkel bagian pengunci cover HP.

5. Lepas plat penutup

Setelah cover belakang HP terbuka, lepas bagian plat penutup konektor HP dengan melepas empat baut pengunci menggunakan obeng.

6. Lepaskan konektor

Selanjutnya, kalian bisa melepaskan konektor atau fleksibel baterai terlebih dahulu untuk mematikan power HP dengan sempurna.

7. Lepas fleksibel

Kemudia melepas fleksibel dari LCD touchscreen yang berada tepat disamping kiri fleksibel baterai.

8. Lepas baterai

Setelah itu, lepaskan baterai dari HP. Harus hati-hati ya sobat, karena baterainya lengket. Jadi lepaskan dahulu selotip yang terdapat di HP dan tarik perlahan agar baterai bisa mudah dilepas.

9. Lepas LCD

Selanjutnya melepas layar LCD dari tempatnya, caranya cukup blower bagian pinggir dari HP untuk melelehkan lem nya, kemudian gunakan alat tambahan seperti silet untuk mencongkel layar HP keluar dari tempatnya.

10. Memasang LCD baru

Saat layar HP telah terbuka, maka tahap selanjutnya adalah memasang LCD touchscreen baru milik kalian dan usahakan untuk koneksikan fleksibel LCD terlebih dahulu baru fleksibel baterai.

11. Lakukan test

Silahkan tes dan hidupkan HP Xiaomi Redmi milik Anda untuk mengetes sensitifitas layar barunya. Untuk pertama dihidupkan memang sedikit lag, karena penyesuaian device baru.

12. Tambahkan lem

Jika sudah berhasil, jangan lupa untuk melakukan pengeleman kembali pada layar HP  agar tidak lepas dari HP nya.

13. Tutup cover belakang secara rapat

Jika telah selesai, silahkan tutup seluruh cover belakang HP dan perlengkapan lainnya. Jangan lupa untuk menghubungkan kembali fleksibel sensor sidik jari terlebih dulu.

Kesimpulan


Seperti dijelaskan dalam langkah-langkah diatas, cara bongkar LCD dan pasang LCD baru di HP Xiaomi atau Redmi tidaklah sulit. Namun, dalam proses pemasangannya dibutuhkan kehati-hatian.

Demikian yang dapat kami share dengan sahabat wiharjo.com dalam kesempatan ini, semoga artikel ini berguna bagi kalian.

Response to "Cara Mengganti LCD HP Xiaomi Redmi"