2 Cara Melakukan Video Live Streaming Secara Mudah



Kehadiran internet di tengah-tengah kehidupan manusia menjadi fenomena terbesar. Kehadirannya seakan membuat tiada batas antar wilayah atau bahkan negara. Orang yang letaknya saling berjauhan, dapat berkomunikasi secara realtime dengan mudah. Terlebih sejak ditemukan smartphone dengan fasilitas jejaring sosialnya membuat aktivitas komunikasi antar wilayah semakin lebih mudah. Orang dapat berkirim pesan, foto, video dengan cepat. Bahkan kini orang sudah bisa berkomunikasi dengan menggunakan video live streaming. 

Di era teknologi digital dan semua serba smartphone seperti sekarang ini, apalagi akses internet semakin cepat dengan layanan 4G LTE tak bisa dipungkiri bahwa konten video terutama video live streaming menjadi cara paling ampuh untuk menyampaikan sebuah informasi. Kini, aplikasi live streaming sudah dijadikan layanan standar berbagai situs jejaring sosial yang akan membuat kita semakin mudah melakukannya.

Tidak hanya untuk berkomunikasi, layanan video live streaming ini juga bisa menjadi sebuah sarana promosi yang menarik bagi para pelaku usaha karena caranya efektif, mudah dan murah namun memiliki dampak yang sangat baik untuk promosi produk dan layanan mereka, dan video live streaming bisa mejadi salah satu strategi marketing perusahaan. Berikut ini kami berikan tips dan trik melakukan video live streaming dan aplikasi Video Live Streaming yang paling mudah digunakan.

Cara Mudah Melakukan Video Live Streaming

1. Facebook Video Live Streaming


Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg beserta sejumlah temannya pada bulan Februari 2004. Layanan yang awalnya ditujuan sebagai sarana komunikasi antar mahasiswa di Universitas Hardvard tersebut kini menjadi jejaring sosial terbesar di dunia. Inovasi terus dihadirkan oleh Facebook. Beberapa fitur baru dihadirkan untuk membuat aktivitas di media sosial semakin lebih menyenangkan. Fitur terbaru yang dihadirkan Facebook yakni Facebook Live. Fitur ini merupakan layanan yang memungkinkan semua pengguna Facebook untuk terhubung dan berbagi video secara real-time dari Facebook Live Streaming. 

Jika kalian aktif menggunakan Facebook, dalam beberapa bulan terakhir ini pasti akan familier dengan sebuah icon baru Facebook Live yang memungkinkan kita untuk melakukan video live streaming langsung melalui halaman Facebook. Proses melakukannya juga sangat mudah dan hanya butuh beberapa menit saja untuk mengaktifkannya.

Untuk memulai Live Streaming, cukup buka kolom status seperti layaknya kita ingin mengupdate status di Facebook lalu kemudian klik icon berbentuk orang yang dilingkari untuk memulai live streaming. Lalu kita juga akan diminta untuk memasukkan nama video dan memilih audience, artinya kita bisa melakukan live streaming untuk smua orang atau untuk dibatasi hanya untuk orang tertentu saja.

Selanjutnya cukup tekan tombol untuk melakukan video live streaming dan membroadcastnya keseluruh member facebook. Di akhir live streaming, kita juga bisa mengedit video dan menambahkan berbagai informasi penting lalu menyimpan rekaman video tersebut dengan tambahan gambar thumbnail yang menarik. Kita juga bisa meminta penonton untuk melakukan subscribe (berlangganan) sehingga merak aakan diinformasikan ketika kita melakukan video live streaming lagi.

Tips dan Trik Facebook Video Live Streaming

  • Panjang video ideal antara 5 – 20 menit
  • Gunakan judul video yang singkat padat dan jelas, jika butuh penjelasa lebih lanjut bisa dituliskan pada kolom komentar
  • Setelah melakukan video live streaming pastikan untuk menambahan narasi dan sinopsis pada posting termasuk menambahkan beberapa gambar menarik (kita bisa menambahkan hingga 10 gambar)
  • Lakukan “tag” orang-orang tertentu untuk lebih meudah melihat video yang kalian buat
  • Jika kamu melakukan interview seseorang dalam video tersebut, kita bisa men “tag” mereka ketika melakukan “edit video” (proses edit video hanya bisa dilakukan melalui komputer)
Cara Melakukan Video Live Streaming Secara Mudah

2. Periscope Video Live Streaming


Aplikasi smartphone untuk video live streaming lainnya yaitu bernama Periscope, aplikasi smartphone ini memungkinkan kita melakukan live streaming kepasa seluruh follower akun twitter yang kita miliki. Dan tentu saja kita harus punya akun twitter untuk melakukannya. Dan video streaming yang kita lakukan melalui periscope ini bersifat sementara hanya akan bertahan selama 24 jam saja, namun jika kita mengaktifkan fitur “autosave broadcasts,” dalam pengaturan aplikasi kita bisa menyimpan video tersebut di dalam smartphone.

Video live streaming yang kita lakukan tersebut akan dibagikan ke seluruh follower follower twitter kita. Ketika mereka menonton live streaming yang dilakukan, para penonton dapat memberikan komentar dan respon langsung. Jika merupakan ajang promosi, para pelaku usaha harus memperhatikan komentar tersebut agar tidak berdampak buruk terhadap brand perusahaan.

Tips dan Trik Facebook Video Live Streaming dengan Periscope

  • Ketika melakukan live streaming melalui twitter, disarankan hanya sekitar 10-15 menit saja dan pastikan follower kita mengetahui benar apa yang akan mereka saksikan.
  • Pastikan Klik icon twitter terlebih dahulu sebelum melakukan broadcasting video untuk memastikan twitter mengirimkan status scope yang dilakukan
  • Perhatikan benar komentar-komentar yang muncul dari para penonton di video, balas komentar jika perlu dengan menekan tombol ‘reply” di kometar mereka
  • Sebelum melakukan video live streaming, terlebih dahulu buat judul yang menarik atau bisa menggunakan kata eksklusif video jika merupakan launching produk, penawaran khusus atau momen menarik lainnya.
  • Lokasi dan tagging periscope yang kita lakukan akan terdeteksi sebagai lokasi daerah yang luas tidak spesifik dan mendetail, jadi kita bisa lebih leluasa dan nyaman melakukan video live streaming.
Demikian uraian tips cara mudah melakukan video live streaming. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat Anda dan bisa menjadi informasi tambahan untuk Anda yang mungkin ingin menggunakan Layanan dari video live streaming ini.


Next Post Previous Post