Cara Mempercepat Charging Smartphone



Untuk para pengguna smartphone, bisa jadi Anda pernah mengalami kondisi dimana daya baterai smartphone Anda sudah menipis dan harus sesegera mungkin terisi. 
 
Terlebih jika akan melakukan komunikasi bisnis yang penting. Beruntung bagi Anda yang memiliki smartphone dengan fitur fast charging. 
 
Tetapi bagaimana jika kondisinya berbeda? Pasti Anda tidak sabar agar daya baterai smartphone Anda segera diisi. Namun sebenarnya kita tak perlu menunggu terlalu lama untuk menunggu smartphone terisi kembali ketika dicharge. 
 
Berikut ini beberapa tips melakukan proses charging smartphone dengan cepat yang bisa Anda terapkan dari sekarang.
Tips Mempercepat Charging Smartphone

1. Pastikan gunakan charger dan kabel yang tepat

Meskipun kabel data Android memiliki bentuk port yang universal, namun bukan berarti semua charger itu sama. Standarnya, USB mengeluarkan daya 5 volt, tetapi arus yang dikeluarkan masing-masing perangkat USB berbeda-beda. 
 
Umumnya charger smartphone yang menggunakan USB mengeluarkan arus 0,8 Ampere – 2 Ampere. Sedangkan pada USB laptop atau komputer hanya sekitar 0,5 Ampere saja. 
 
Dengan arus yang lebih kecil, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone akan lebih lama jika kita colokkan ke port USB di laptop, dibandingkan dengan ke chargernya langsung.

Selain itu, beberapa smartphone Android yang terbaru juga sudah memiliki kemampuan fast charging yang mampu menampung energi listrik hingga 15 watt yang mempercepat proses charging. 
 
Ada beberapa smartphone yang memiliki prosesor Qualcomm dilengkapi kemampuan fast charging, termasuk juga merek OPPO dengan teknologi VOOC Chargingnya.

Meskipun smartphone sudah memiliki kemampuan fast charging bukan berarti dilengkapi dengan charger yang juga berkemampuan proses charging smartphone cepat sehingga harus membelinya secara terpisah.

Kita juga tidak harus menggunakan charger yang sesuai dengan vendor smartphone, membeli charger merek lain akan lebih menghemat namun tetap harus berhati-hati terhadap charger palsu. 
 
Ketika sedang terburu-buru jangan coba-coba gunakan wireless charging smartphone. Karena pengisian secara nirkabel ini tidak dapat memberikan energi listrik secepat cara tradisional dengan menggunakan kabel. 
 
Tips Mempercepat Charging Smartphone

2. Aktifkan Airplane Mode

Semakin sedikit aktifitas kerja smartphone maka proses charging smartphone akan semakin cepat. Jadi salah satu langkah efektif untuk memepercepat proses charging smartphone dengan mengaktifkan mode Airplane. 
 
Untuk mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode) di setiap smartphone berbeda-beda, namun biasanya mode pesawat ini tersedia pada pilihan menu ketika kita ingin mematikan smartphone. 
 
Mode pesawat ini akan memblokir setiap koneksi wireless radio di smartphone, jadi kita tidak akan menerima panggilan atau pesan, atau memiliki akses internet. Cara ini diyakini dapat mempercepat pengisian baterai android hingga 12%.

3. Matikan Smartphone Saat di Charge

Jika situasi kita sedang tidak benar-benar membutuhkan smartphone, matikan smartphone sepenuhnya, langkah ini akan memungkinkan charging smartphone akan terisi lebih cepat. 
 
Dengan cara ini, smartphone tidak akan mencari sinyal BTS maupun WiFi serta tidak akan mencari navigasi GPS. 
 
Notifikasi juga tidak akan muncul dan mengganggu kalian, mungkin langkah ini juga bisa menjadi salah satu momen kita menikmati hidup tanpa gangguan smartphone namun hal ini hanya bisa dilakukan ketika kita sedang benar-benar santai dan tidak diburu oleh waktu.
 
Tips Mempercepat Charging Smartphone

4. Gunakan Power Saving Mode

Setiap smartphone Android denagn sisitem operasi Lollipop sudah memiliki fitur power saving mode (modus hemat baterai). 
 
Meskipun ini merupakan fitur pilihan dari para vendor untuk memasukkan fitur ini atau tidak kedalam smartphone meraka, namun jika tersedia dan mengaktifkan fitur power saving mode ini akan sangat bermanfaat untuk menghemat daya ketika proses charging smartphone berlangsung.
 
Dan langkah mengaktifkan power saving mode ini menjadi salah satu cara mempercepat proses charging smartphone.

5. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Salah satu langkah lain untuk mempercepat proses charging smartphone yaitu dengan mematikan fitur lain yang sedang tidak digunakan dalam smartphone, seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi atau NFC. 
 
Tutup semua aplikasi yang sedang aktif dan hentikan smartphone dari berbagai aktifitas termasuk proses backup otomatis atau update aplikasi dari Google Play Store.

6. Jangan Disentuh

Salah Satu Cara lain mempercepat proses Charging Smartphone yaitu Jangan di sentuh ketika sedang charging smartphone. 
 
Namun jika kita sedang menunggu panggilan penting atau pesan penting dan harus keluar dari mode airplane ketika charging smartphone, maka tahan diri dari dorongan untuk memeriksa telepon Anda setiap 30 detik. 
 
Mengapa? Karena layar merupakan salah satu penyedot energi baterai yang paling boros semua fitur dalam smartphone.

Itulah beberapa cara mempercepat charging smartphone yang bisa Anda praktekkan. Tentu itu mudah Anda lakukan lantaran cara-cara yang diinformasikan di atas tergolong simple dan mudah. 
 
Tak hanya mempercepat proses charging, cara-cara di atas juga diyakini dapat membuat baterai smartphone Anda berumur panjang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Next Post Previous Post