Cara Agar BBM di Android Tidak Lemot



Blackberry Messenger adalah aplikasi pesan instan yang awalnya tersedia secara terbatas pada perangkat BlackBerry saja. Tetapi belakangan, BlackBerry menghadirkan BlackBerry Messenger (BBM) pada perangkat smartphoner berbasis sistem operasi lain seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Dengan menggunakan BBM, penggunanya bisa berkirim pesan berupa tulisan, file multimedia (gambar dengan berbagai tipe file, musik dengan berbagai tipe file, dan video dengan berbagai tipe file). Kehadiran BBM pada berbagai platform tersebut disambut baik banyak kalangan. Terbukti sejak resmi dirilis di Android, iOS, dan Windows Phone, banyak pengguna smartphone yang berbasis ketiga sistem operasi tersebut mengunduh aplikasi BBM. Alhasil, BBM menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer, bahkan hingga hari ini. 

Di Indonesia, terdapat beberapa aplikasi pesan yang populer, seperti BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, Facebook Messenger, dan Line. Dari semua aplikasi pesan tersebut, ternyata BBM masih menjadi aplikasi yang paling laris dan paling banyak diunduh di Indonesia. 

Dari data riset yang ada, BBM masih menjadi jawara aplikasi pesan di Indonesia. Disusul kemudian WhatsApp, Line, Facebook Messenger, dan Telegram.
bbm android

Kamu pengguna aplikasi BBM for Android? Jika iya, kamu pasti menyadari aplikasi BBM for Android cukup banyak memakan RAM.

Hal ini membuat kinerja smartphone Android kamu menjadi lemot alias lamban. Lalu, bagaimana cara mengatasinya, apakah perlu mencopot (uninstall) aplikasinya?

Untungnya, hal tersebut tak perlu dilakukan. Ada cara lebih mudah yang bisa dilakukan supaya BBM for Android kamu bisa berjalan lebih lancar. Berikut ini akan kami informasikan seperti dikutip dari Tekno Liputan6

1. Bersihkan Data dan Cache di Aplikasi BBM for Android


Cara ini sebenarnya tak hanya berfungsi untuk aplikasi BBM for Android, tetapi juga berbagai aplikasi lainnya. Apalagi jika smartphone Android yang kamu gunakan memiliki kapasitas RAM terbatas.

Bagaimana caranya? Untuk menghapus data dan cache di aplikasi, cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Setting, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager, dan pilih BBM.

Selanjutnya, kamu akan masuk ke info aplikasi BBM. Pada bagian storage, pilihlah clear data atau clear cache untuk menghapus data-data yang tak terpakai.
bbm android

Kalau kamu memilih clear data, konsekuensinya adalah kamu otomatis sign out dari aplikasi BBM. Untuk bisa kembali menggunakannya, kamu hanya perlu sign in akun BlackBerry ID (BBID). Oleh karena itu, kamu harus mengingat dengan baik apa alamat email yang digunakan saat pertama kali sign in.

Selain otomatis sign out, begitu berhasil masuk ke BBID, kamu juga kehilangan chat history dan recent update. Itu tak masalah, sebab kontak BlackBerry Messenger kamu bakal tetap ada.

Untuk membuktikannya, kamu bisa membandingkan ruang data atau cache pada saat sebelum melakukan clear data dan setelah melakukan clear data. 

Misalnya saat belum memilih clear data, tercatat total data sebesar 92,41MB. Setelah dilakukan pembersihan, menjadi 66,32MB. Pada cache, sebelum dilakukan pembersihan 3,59MB, sedangkan setelah clear cache menjadi 512KB.
bbm android

2. Gunakan Tema Asli Bawaan BBM


Pengguna BBM terkadang senang melakukan kustomisasi supaya tampilan profilnya lebih menarik, misalnya dengan mengubah tema BBM. Padahal hal ini membuat smartphone jadi lemot. Oleh karenanya, kamu harus mengembalikan tema asli BBM kamu.

Jika kamu mengganti akun tema dengan file APK, kamu hanya perlu mencopot aplikasi BBM kamu. Selanjutnya unduh ulang aplikasi BBM for Android dari Google Play Store, lalu sign in kembali BBID.

Tetapi, perlu dicatat bahwa kamu harus mengingat alamat email dan password yang kamu pakai untuk BBID kamu.

3. Hapus Grup atau Kontak Tidak Penting


BBM kamu lemot? Mungkin salah satunya karena di BBM kamu kebanyakan kontak atau grup. Kebanyakan aplikasi pesan instan memang jadi lebih lambat lantaran kebanyakan group.

Misalnya saja, grup BlackBerry sering digunakan untuk berjualan dan membagi-bagikan gambar. Jika kamu memang tak ingin berada di grup tersebut, lebih baik leave group. Smartphone kamu akan bisa berfungsi lebih cepat.

4. Ubah Pengaturan BBM for Android Seperlunya


BlackBerry Mesenger memungkinkan pengguna saling memberi informasi sedang mendengarkan lagu apa di status BBM. Rupanya hal ini juga turut berkontribusi membuat aplikasi BBM for Android jadi lebih lemot.

Untuk itu, ubahlah pengaturan BBM for Android menjadi seperlunya saja. Misalnya, kamu tak perlu menunjukkan negara serta waktu, lagu yang kamu dengarkan, mengetahui lagu apa yang didengarkan pengguna lain, dan lain-lain.
bbm android

Caranya, masuk ke aplikasi BBM for Android, kemudian pilih tanda tiga strip yang ada di sisi kiri BBM dan pilih Setting. Lalu kamu bisa menyetel apa saja pengaturan yang kamu inginkan.

Baca juga: Trik Meningkatkan Sinyal WiFi Lemah

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar aplikasi BlackBerry Messenger yang dipasang pada perangkat smartphone Android kesayangan Anda tidak lagi lemot. Jika aplikasi BBM lemot, tentu itu bakal sangat menyebalkan. Tetapi dengan menerapkan cara-cara di atas, bisa membuat hal itu tidak terjadi. Selamat mencobanya. 


Next Post Previous Post