14 Aplikasi Root HP Android Terbaik



Ada dua kemungkinan yang bakal terjadi ketika Anda membeli smartphone. Anda puas dengan fitur dan performanya, atau justru kecewa dengan smartphone yang Anda pilih. Kekecewaan muncul lantaran fitur dan performa smartphone yang Anda beli tidak sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan Anda. Tetapi ada juga orang yang tidak kecewa namun kurang puas dengan performa smartphone berbasis sistem operasi berkarakter open source ini. Oleh sebab itu, cara yang dapat ditempuh adalah dengan root. 

Banyak pengguna Android yang ingin lebih memaksimalkan kemampuan smartphone yang dimilikinya. Dan salah satu cara untuk mengeluarkan semua potensi yang dimiliki smartphone Android yaitu dengan cara root Android.

Fungsi rooting Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Sehingga pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Keuntungan Root Android

Dengan melakukan Root Android (smartphone Android yang sudah di Root), kita dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses Root Android. Seperti di antaranya App2Card dan Link2SD untuk memindahkan semua aplikasi ke SD Card, juga Titanium Backup dll. Keuntungan lain yaitu kita dapat menginstall custom ROM.

Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor smartphone namun dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Keuntungan lain yaitu dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel seperti overclock processor. Dengan Root Android kita juga bisa membuang atau uninstall aplikasi standar bawaan pabrik yang tidak kita butuhkan

Kerugian Root Android

Proses Root Android juga memiliki beberapa kerugian bagi penggunannya, diantaranya yaitu dapat menghilangkan garansi smartphone namun kita juga bisa membalikkan proses root ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali. Kerugian lainnya yaitu masalah keamanan karena dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Setelah proses Root Android lalu apa? Berikut ini kami pilihkan 15 aplikasi Root Android terbaik selama tahun 2015, seperti dikutip dari ArenaLTE. Aplikasi ini bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan smartphone Android yang sudah dilakukan proses Root Android.


1. Aplikasi Superuser terbaik : SuperSU


Aplikasi Root HP Android

Jika kita sudah melakukan Root Android maka kita membutuhkan aplikasi SuperSU. Keduanya akan berjalan bersamaan dan saling melengkapi. Sejauh ini aplikasi SuperSU masih menjadi asisten root android terbaik, bahkan banyak kernel rootable yang memanfaatkan SuperSU secara default. Pada dasarnya aplikasi super SU akan mengelola aplikasi kita dan memberikan izin superuser, namun ada banyak hal menarik lainnya untuk kita jelajahi. 


2. Aplikasi blocking iklan terbaik : AdBlock Plus


Aplikasi Root HP Android

Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib dimiliki oleh para pengguna Root Android (smartphone Android Yang sudah di Root) untuk melakukan blokir iklan. Situs web yang sering kita kunjungi sebagian besar dibayar oleh iklan, tetapi jika kita tidak peduli dengan urusan iklan mereka dan tidak mau diganggu dengan tampilan iklan yang muncul maka aplikasi AdBlock Plus masih menjadi pilihan terbaik untuk blokir iklan. Setelah bertahun-tahun diasingkan dan tidak boleh muncul di Google Play, kini kita bisa langsung mendownload langsung aplikasi AdBlock dari Play Store.


3. Aplikasi terbaik untuk menghapus bloatware: Sistem App Remover


Aplikasi Root

Hal kedua setelah melakukan root Android kita harus menginstal aplikasi System app remover (ROOT) untuk menghapus pra-instal aplikasi sistem yang juga dikenal sebagai bloatware. Bloatware ini banyak diinstal kedalam smartphone, dengan menghapusnya dapat memperluas memori penyimpanan amartphone. Sayangnya tidak mudah untuk mengembalikan memori yang sudah digunakan untuk bloatware, namun setidakanya dengan menghapus bloatware ini kita dapat menghentikan aktifitas yang dapat menguras kinerja baterai Anda dan CPU. 


4. Aplikasi Terbaik pengatur audio : Viper4AndroidFX


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Jika kalian sangat peduli tentnag output audio dari smartphone Root Android yang dimiliki, maka aplikasi Viper4Adnroid FX menjadi aplikasi yang kalian butuhkan. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi termasuk pengaturan modus EQ, untuk mendapatkan kualitas suara near-lossless dan mengoptimalkan output speaker. Selain itu aplikasi ini berfungsi untuk mendapatkan suara Hi-Fi pada smartphone dan mengelola pengaturan audio sistem yang bekerja pada sistem aplikasi.

5. Aplikasi Backup Data terbaik: Titanium Backup


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Backup merupakan bagian penting dari setiap pemilik Root Android smartphone. Dan solusi backup terbaik yang bisa kita dapatkan yaitu menggunakan aplikasi Titanium Backup, terutama setelah melakukan root Android. Sebelum kita mulai memodifikasi berbagai file sistem dalam smartphone, ROM dan tweak lainnya salah satu langkah terbaik yaitu dengan melakukan full backup untuk mengantisippasi kejadian yang tidak diinginkan. 

6. Aplikasi terbaik optimalisasi baterai: Greenify


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Aplikasi Greenify sangat bermanfaat bahkan untuk smartphone yang belum di root. Namun Jika greenfy dijalankan pada Root Android smartphone kita benar-benar bisa mendapatkan hak akses yang sangat leluasa. Aplikasi Greenify merupakan aplikasi-hibernasi yang memungkinkan kita untuk mengambil kendali atas aplikasi ketika aktif dan menguras kinerja smartphone, termasuk menentukan kapan harus berhibernasi. 


7. Aplikasi terbaik untuk otomatisasi sistem: Tasker



Tasker bisa dibilang merupakan Lord Of The Rings nya aplikasi untuk Root Android. Aplikasi ini sangat kompleks dan menyeramkan namun jika mampu menguasainya kita akan benar-benar menikmati berbagai layanan menarik dari aplikasi Tasker ini. Tasker merupakan aplikasi otomatisasi sistem yang sangat lengkap dan dapat mengotomatisasi apa pun yang kita lakukan secara teratur dengan smartphone Android, mulai dari mengatur kegiatan dijadwalkan termasuk mengotomasi berbagai tugas yang dilakukan oleh aplikasi. 

8. Aplikasi terbaik mengambalikan data hilang : DiskDigger


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Jika kalian gemar melakukan recovery data yang hilang karena terhapus seperti SMS, Foto, File dan data lainny amaka root android smartphone kalian membutuhkan aplikasi DiskDigger undelete (root) untuk mengatasi masalah ini. Aplikasi ini akan secara langsung mengembalikan dan memulihkan segala sesuatu yang sengaja dihapus baik itu foto, file atau sesuatu yang lain dari smartphone. Dengan root, kita dapat memulihkan file yang hilang hanya dengan smartphone dan aplikasi DiskDigger undelete (root)

9. Aplikasi terbaik untuk informasi baterai: BetterBatteryStats


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Para pengguna smartphone membutuhkan kondisi bateria yang bagus, dan setidaknya kita sangat peduli dengan aplikasi atau task yang paling banyak menguras daya tahan baterai kita. Aplikasi BetterBatteryStats menawarkan informasi yang mendetail mengenai berbagai kinerja, task dan aplikasi dalam samrtphone yang menguras baterai, fitur ini memang akan dilengkapi dalam OS Marshmallow, namun jika kita belum mendapatkan updatenya maka alikasi BetterBatteryStats bisa menjadi solusi terbaik.

10. Aplikasi terbaik Untuk Pengaturan File: ES File Explorer


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Ada banyak aplikasi pengatur file (file manager) bertebaran di Play Store, namun untuk root Android Smartphone salah satu file manager terbaik yaitu aplikasi ES File Explorer File Manager Dengan aplikasi ini kita bisa menjelajah berbagai file penting yang ingin kita cari didalam smartphone. Selain kemampuannya yang bagus, ES File Explorer File Manager juga memiliki tampilan dan nuansa yang menarik.

11. Aplikasi terbaik antar perangkat: DataSync


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Aplikasi DataSync meruoakan salah satu fitur yang rasanya mustahil beberapa waktu lalu, namun kini sudah bisa kita manfaatkan. Dengan DataSync akan memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi antar berbagai perangkat yang berbeda secara bersamaan. Dengan aplikasi DataSync kita juga bisa melakukan sinkronisasi beberapa perangkat melalui Wi-Fi, cloud atau bahkan NFC.

12. Aplikasi Terbaik pengatur Custom ROM : ROM Manager


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Salah satu keuntungan dari Root Android Smartphone yaitu memungkinkan kita untuk menginstal custom ROM dan kernel. Dan untuk mengatur berbagai custom Rom ini kita membutuhkan aplikasi ROM Manager. Aplikasi ini pada dasarnya merupakan satu aplikasi untuk mengatur dan mengendalikan mereka semua, termasuk membantu kita untuk melakukan recovery, dan melakukan pelacakan terhadap ROM dan Kernel di Root Android smartphone menggunakan aplikasi ROM Manager .

13. Aplikasi terbaik untuk merekam layar : Rec.


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Merekam aktifitas layar mungkin tidak berguna bagi sebagian besar pemilik Android, namun untuk beberapa pengguna yang lain sangat dibutuhkan. Apalagi jika kalian merupakan gamer, maka untuk menunjukkan aktifitas game yang kalian lakukan dengan Root Android Smartphone bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan aplikasi Rec. (Screen Recorder)

14. Aplikasi terbaik untuk CPU dan kernel tweak: Device Control


15 Aplikasi Root Smartphone Android Terbaik

Ketika menggunakan Root Android, kita memiliki kemampuan untuk melakukan overclock atau under-volt smartphone Android kita. Istilah-istilah ini pada dasarnya merupakan mendorong kemampuan CPU lebih banyak atau mengurangi jumlah konsumsi baterai yang kita gunakan. Aplikasi Device Control ini memberikan kita berbagai pilihan untuk pengaturan lebih mendalam, termasuk suara dan manajemen display, editor build.prop dan integrasi Tasker.

Demikianlah info beberapa aplikasi root hp Android yang dapat Anda instal untuk memaksimalkan smartphone Android Anda di berbagai sisi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya. 


Next Post Previous Post