Tips Merawat Laptop Agar Bisa Awet

Saat ini banyak orang semakin sibuk. Mereka memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, adanya internet membuat orang semakin ingin terhubung dengan banyak orang dimanapun dan kapanpun. Selama ini internet bisa dimanfaatkan dengan menggunakan komputer PC. Kendala yang dihadapi, bagaimana kita bisa mengakses internet ketika sedang berada di luar rumah dan jauh dari komputer PC? Maka pada akhirnya diciptakanlah perangkat laptop. Dengan laptop, kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang biasa dilakukan dengan komputer PC dimana saja dan kapan saja. 

Laptop saat ini hampir nyaris menggantikan komputer desktop untuk digunakan bekerja dan beraktivitas sehari-hari. Kepraktisan laptop membuatnya menjadi gadget unggulan yang hampir menjadi kebutuhan utama setiap orang untuk beraktivitas.
Laptop

Bagi kamu yang punya laptop, kamu harus menjaganya baik-baik. Jika ada komponen rusak seperti baterai, layar, apalagi motherboard, biaya yang harus kamu keluarkan bisa lebih mahal dari harga belinya. Ikuti beberapa tips berikut supaya kamu bisa hemat biaya servis yang mahal tersebut seperti dikutip dari Tekno Liputan6

1. Jauhkan laptop dari wadah yang menampung cairan


Ini merupakan salah satu aturan umum penggunaan laptop yang perlu kamu perhatikan baik-baik. Kebiasaan menaruh makanan dan minuman di meja bersama dengan laptop bukan hal yang baik dilakukan. Kalau gelas kamu tak sengaja jatuh dan kena laptop kamu, tentu akan sulit untuk mengeringkannya. Jadi, baiknya jauhkan laptop Anda dari minuman. Jika memang harus menaruh minuman di atas meja bersama dengan laptop kamu, maka berilah jarak yang ideal antara laptop dengan minuman kamu. Jarak yang ideal yakni jarak dimana air tidak akan langsung terkena laptop jika suatu saat minuman itu tumpah. 

2. Hati-hati dengan software abal-abal


Saat sedang berselancar di internet, mungkin kamu pernah menemui pop-up ataupun display iklan ajakan untuk mengunduh software tertentu (biasanya saat sedang mengunduh film, musik, ataupun file lain yang sifatnya bajakan). Kamu perlu berhati-hati karena software misterius tersebut bisa jadi berisi virus atau malware yang merusak fungsi laptop kamu. Jika laptop kamu sudah terserang virus atau malware, maka bisa-bisa kamu harus menginstal ulang sistem operasi Windows di laptop kamu. Gunakan software secukupnya, software yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan lupa gunakan software yang asli. 

3. Back-up data secara rutin


Tentu kamu menyimpan berbagai macam file dalam laptopmu. Entah itu file yang berkaitan dengan sekolahmu, kerjaanmu, atau file-file yang bersifat rahasia dan penting. Yang perlu kamu perhatikan bahwa sangat dimungkinkan data yang tersimpan dalam laptopmu itu akan rusak jika terkena virus atau malware. Atau bahkan bisa saja data tersebut hilang lantaran tanpa sengaja dihapus. Oleh sebab itu, baiknya lakukan back-up data rutin secara periodik, terutama untuk data yang tersimpan di harddisk. Kerusakan yang tidak sengaja terjadi di harddisk atau motherboard dapat menghilangkan seluruh data di laptop kamu karena sulit diambil lagi.

4. Rawat charger dengan baik


Salah satu penyebab baterai laptop cepat rusak adalah menggunakan charger yang tidak asli. Jadi jangan pernah sekali-kali mencoba untuk mengisi daya baterai laptop kamu dengan charger yang tidak asli. Oleh karena itu, kamu perlu merawat dengan baik charger asli yang sekarang ini kamu miliki. Jangan sampai sering menarik-narik kabelnya. Hindari membiarkan kabel charger terurai untuk mencegah tersandung yang dapat merusak charger.

5. Hindarkan laptop dari medan ekstrem


Laptop wajib dijauhkan dari medan magnet yang kuat karena dapat kinerja laptop akan terganggu. Selain itu, perubahan suhu ekstrem membuat laptop mudah rusak. Bila kamu berencana tidak menggunakan laptop dalam waktu lama, simpanlah laptop di dalam wadah yang rapat atau gunakan silica gel.

Kalau kamu sedang mencari laptop baru, gunakan fasilitas cicilan 0 persen yang dapat digunakan dengan kartu kredit. Banyak juga promosi yang diberikan dengan penggunaan kartu kredit seperti diskon atau cashback, sehingga kamu bisa lebih hemat. Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

Simak juga: Trik Meningkatkan Sinyal WiFi Lemah

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat laptop Anda agar lebih awet. Rawatlah laptop Anda dengan baik sebagaimana Anda merawat diri Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya. 

Beri respon pada "Tips Merawat Laptop Agar Bisa Awet"

close