Cara Blokir Nomor Telepon di Smartphone

Sesuai dengan namanya, smartphone atau ponsel pintar memiliki fitur canggih yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Tidak seperti feature phone yang memiliki fungsi terbatas hanya sebagai perangkat komunikasi. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan perangkat smartphone. Dengan adanya smartphone seakan dunia semakin tiada batasnya dan dunia ada dalam genggaman. Kita bisa memenuhi kebutuhan kita dengan berbelanja di toko online, bisa menonton video, mendengarkan musik, dan masih banyak hal lagi.

Dengan menggunakan smartphone berarti kita membuka diri untuk dapat dihubungi oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Bisa melalui telepon, SMS, atau bahkan aplikasi chating dan media sosial lainnya. Berbicara mengenai telepon dan SMS, pernahkah Anda kesal ketika ada nomor telepon asing yang sering kali mengganggu Anda? Ada telepon masuk, namun ketika diangkat teleponnya malah terputus tiba-tiba dan itu berlangsung berkali-kali. Tentu hal ini sangat menyebalkan. Menghadapi kondisi seperti itu, yang bisa kita lakukan adalah memblokir nomor telepon yang mengganggu tersebut. 

Blokir nomor telepon merupakan hal yang lazim dilakukan dan itu menjadi hak pribadi setiap orang untuk tidak mendapatkan gangguan. Selain merasa terganggu, alasan orang lain memblokir nomor telepon tertentu bisa karena sedang marah dengan seseorang atau bahkan memblokir nomor mantan pacar.
Cara Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Untuk membantu Anda dalam memblokir nomor yang Anda anggap mengganggu, berikut ini akan disampaikan cara memblokir nomor telepon di smartphone baik untuk smartphone Android ataupun iOS. 

Android


Untuk pengguna Android, seperti dilansir dari Techno Okezone, beberapa vendor ponsel sudah menyediakan fitur untuk memblokir panggilan telefon sesuai yang diinginkan oleh pengguna tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Namun tidak semua produsen ponsel memberikan layanan tersebut.

Samsung, LG, dan HTC adalah beberapa produsen perangkat Android yang menyediakan fitur tersebut. 

Bagi Anda pengguna Samsung, langkah yang perlu dilakukan sangat sederhana. Cukup buka mode 'Phone', kemudian pilih 'Menu' dan pilih 'Call Setting'. Di berbagai opsi yang ada di 'Call Setting' pilih 'Call rejection' kemudian pilih 'Auto reject list' untuk memasukan nomor kontak yang Anda ingin blokir.
Cara Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Pengoperasian fitur blokir nomor kontak di LG mirip-mirip dengan Samsung. Buka aplikasi 'Phone' kemudian pilih 'Call settings', pilih opsi 'Call reject' dan kemudian gunakan opsi 'Reject calls from' untuk memasukkan nomor kontak yang ingin diblokir.
Cara Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Di HTC lebih ringkas. Setelah masuk ke aplikasi 'Phone', pilih 'Menu' kemudian pilih 'Blocked contacts' dan pilih kontak yang ingin diblokir atau nomor telefonnya.
Cara Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

iOS


Mendapatkan sms atau telepon terus-terusan dari seseorang yang tidak dikenal memang menyebalkan. Untungnya, seperti dikutip dari Daily Social, di iPhone Anda bisa melakukan blokir terhadap nomor-nomor tersebut. Setelah diblokir, Anda tak akan lagi mendapatkan sms atau telepon dari nomor yang bersangkutan. Caranya pun mudah, mari langsung kita coba!

Memblokir nomor telepon dari kontak yang tersimpan

Anda bisa menambahkan nomor telepon yang sudah tersimpan di iPhone ke dalam daftar blokir, caranya:
  1. Buka Settings > Phone, tap pada pilihan Blocked
  2. Tekan tombol Add New untuk memunculkan daftar kontak yang tersimpan
  3. Pilih kontak dan selanjutnya kontak tersebut akan secara otomtatis ditambahkan ke dalam daftar blokir
Cara Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Memblokir nomor telepon dari pesan yang diterima

Misal nomor yang ingin ditambahkan tidak tersimpan di kontak, Anda bisa langsung menambahkannya dari pesan yang diterima di aplikasi Messages, caranya:
  1. Buka pesan atau sms dari nomor yang akan diblokir, tekan tombol Details pada pojok kanan atas
  2. Selanjutnya tekan tombol bergambar (i) di sebelah kanan nama pengirim pesan
  3. Tekan pilihan Block this Caller untuk menambahkannya ke dalam daftar blokir. Tekan Block Contact untuk mengkonfirmasi penambahan kontak tersebut.
Cara Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Meski cara ini terlihat sederhana namun tak sedikit orang yang merasa kebingungan dan tidak tahu bagaimana caranya memblokir nomor yang kerap mengganggu. Ya, terkadang iOS memang suka ‘menyembunyikan’ fitur-fitur yang kurang populer, padahal mungkin fitur tersebut sangat dibutuhkan dan cukup mudah untuk digunakan.

Kini dengan penambahan kontak-kontak ke dalam daftar blokir, Anda tak perlu lagi merasa terganggu dengan layanan promo dari operator ataupun stalker yang terus-terusan mengirim pesan atau bahkan menelepon Anda.

Oh ya, daftar blokir nomor telepon di iPhone atau iPad hanya ada satu. Jadi Anda tak perlu menambahkannya dua kali baik dari Settings atau pesan yang diterima. Penambahan nomor dari pesan yang diterima bertujuan agar lebih cepat dan Anda tak perlu repot-repot menyimpannya terlebih dahulu ke dalam phone book iPhone atau iPad.

Bagaimana menurut Anda akan fitur blokir nomor di iPhone atau iPad ini? Sudah punya daftar siapa saja yang akan dimasukkan? 
Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa memblokir nomor telepon yang Anda anggap mengganggu. Blokirlah nomor telepon yang sering mengganggu Anda, sering menawari Anda dengan iklan-iklan yang tidak jelas, atau nomor telepon seseorang yang tidak Anda sukai. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat buat Anda. Selamat mencobanya. 

Beri respon pada "Cara Blokir Nomor Telepon di Smartphone"

close