8 Antivirus Gratis di Android dan Windows

Smartphone saat ini telah menjadi tren gaya hidup di masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, sudah banyak yang tergantung pada perangkat pintar yang serba bisa itu. Baik untuk bermain game, berselancar di dunia maya, ataupun untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Namun dibalik kecanggihannya, ada satu hal yang cukup mengkhawatirkan yakni terbukanya peluang untuk kejahatan cyber. Karena terhubung dengan koneksi internet, maka smartphone juga sama seperti komputer atau notebook yang terbuka kemungkinan terserah virus.
8 Antivirus Gratis di Android dan Windows

Malware alias program jahat -termasuk juga virus- selalu menjadi momok yang menghantui pengguna Windows. Beberapa tahun belakangan, malware melebar ke perangkat mobile, khususnya yang berbasis sistem operasi Android. Program penangkal dalam bentuk antivirus pun mutlak diperlukan.

Selain versi berbayar, di pasaran tersedia pula antivirus gratis. Masalahnya, mencari aplikasi antivirus gratisan yang bagus susah-susah gampang. Tak semuanya efektif menghalau serangan.

Mana di antara mereka yang bisa memberikan perlindungan mumpuni secara cuma-cuma?

Nah, jawabannya bisa ditemukan dalam daftar 8 antivirus gratis untuk Android dan Windows yang dikutip dari KT berikut ini. 

Masing-masing program gratis yang bersangkutan memperoleh penilaian baik di situs pengujian antivirus independen AV-Test. Selengkapnya bisa dilihat di bawah.

Antivirus untuk Android

1. 360 Security

Program ini menyediakan proteksi real time yang komplit, lengkap dengan fitur anti-theft dan perlindungan privasi. 

Aplikasi ini akan mendeteksi dan menggagalkan ancaman yang dapat berimbas buruk pada sistem. Fungsi pemindaian real-time akan mendeteksi malware, spyware, dan ancaman infeksi lainnya yang ada pada perangkat smartphonemu. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi dan memperbaiki jika ditemukan celah keamanan pada sistem Android, serta membersihkan aplikasi-aplikasi yang bekerja di latar belakang agar perangkat Android bekerja lebih enteng.

Tersedia juga aplikasi 360 Security Lite, sebagai versi ringan dari aplikasi ini. 

2. AVL

Ringan dan efektif, tanpa dijejali aneka rupa fungsi ekstra yang belum tentu berguna. Aplikasi ini fokus memberikan perlindungan dari malware saja. AVL memindai berbagai jenis file yang dirancang untuk bekerja dengan cepat dan efisien. Anda juga bisa memblokir panggilan telepon menggunakan aplikasi ini. 

3. ESET

Aplikasi anti-virus yang didesain dengan apik, menyediakan antarmuka khusus untuk tablet. Aplikasi ini memiliki fungsi pindai aplikasi secara real-time guna mendeteksi aplikasi yang mengandung malware. 

4. Sophos

Sederhana, mudah untuk digunakan, serta tak berulangkali menayangkan iklan untuk versi premium.


Antivirus untuk Windows

1. Avira Free Antivirus

Program ini mencetak skor tinggi soal pendeteksian virus.

2. Bitdefender 

Antivirus Free. Ringan, tanpa iklan, serta bekerja dengan efektif di latar belakang.

3. Malwarebytes Anti-Malware

Program antivirus yang mumpuni. Sayang, pembuatnya menarik biaya untuk menjalankan fitur real-time protection sehingga membutuhkan aplikasi lain untuk melindungi sistem. 

4. Panda Free Antivirus

Proteksi lengkap dengan antarmuka yang gampang dimengerti. Hemat sumber daya sistem.

Perlu ditambahkan bahwa antivirus perlu di-update basis datanya secara rutin agar bisa terus mencegat program jahat termutakhir. Kinerjanya pun tak selalu mumpuni. 

Antivirus yang bekerja prima saat ini belum tentu menunjukkan performa yang sama esok hari, jadi teruslah mengamati AV-Test dan pilih yang terbaik.

Di luar antivirus, hal lain yang bisa turut melindungi ponsel atau sistem komputer adalah kebiasaan yang "sehat" seperti hanya memasang program yang diperoleh dari sumber resmi, senantiasa melakukan pembaruan sistem, dan menghindari hal-hal mencurigakan seperti tautan phishing yang dicantumkan dalam e-mail atau media sosial.

Itulah beberapa aplikasi antivirus yang dapat diunduh secara gratis pada smartphone berbasis Android dan Windows. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk Anda dan dapat melindungi smartphone Android atau Windows Anda lebih terjaga. Selamat mencobanya. 


Beri respon pada "8 Antivirus Gratis di Android dan Windows"