5 Tips Maksimalkan Hasil Foto HP Android

Berbagai brand smartphone kini membuat produk dengan keunggulan pada kamera. Pengguna Android pun tak sedikit yang menjadikan kualitas kamera sebagai tolok ukur bagus atau tidaknya sebuah smartphone Android.

Bagi kamu yang senang mengambil foto, berikut Tekno Liputan6.com suguhkan tips untuk memaksimalkan hasil foto dengan kamera smartphone Android kamu yang dikutip dari Tekno Liputan6.com. Apa saja?

1. Bersihkan Lensa Kamera

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah gambar yang bagus adalah membersihkan lensa smartphone. Lensa kamera smartphone mudah sekali kotor karena terkena debu. Hal ini bakal membuat hasil foto jadi sedikit blurry.

Untuk memaksimalkan hasil foto, tiap kali kamu ingin mengambil foto melalui smartphone, pastikan mengelap lensanya ya. Hati-hati dalam mengelap lensa kamera smartphone Anda agar tidak meninggalkan goresan halus.

Foto HP Android

2. Gunakan Tombol Volume untuk Selfie

Saat kamu melakukan swafoto (selfie), tak jarang kamu malah menjatuhkan smartphone saat mencoba menyentuh tombol capture di layar. Dengan mengaktifkan self timer, kamu jadi lebih mudah untuk berfoto.

Selain itu, cara lainnya untuk berfoto selfie adalah dengan menekan tombol volume. Opsi ini memang tak tersedia dalam seluruh perangkat, tetapi Anda bisa mengaturnya sendiri pada menu Setting dan pilih volume control function atau use volume control as.

3. Supaya Tak Kehilangan Momen, Gunakan Fitur Quick Launch

Banyak smartphone Android yang memiliki jalan pintas untuk mengakses kameranya daripada harus bersusah payah masuk ke menu kamera.

Salah satu cara pada Android adalah ikon kamera yang terletak pada bagian bawah lockscreen. Dengan begitu, kamu bisa swipe ke arah ikon kamera. Kemudian kamu akan langsung masuk ke menu kamera.

Pada ponsel versi anyar milik Samsung, jalan pintas ke kamera juga makin mudah dengan cara menekan dua kali tombol Home. Jalan pintas ini bisa membuat kamu lebih cepat mengakses kamera, sehingga kamu tak bakal kehilangan momen.

4. Memfoto dengan Modus Lanskap

Untuk menghasilkan gambar lebih baik dengan lensa smartphone Android, gunakanlah modus lanskap. Dengan demikian, hasil jepretan bisa jadi lebih luas dan tidak terbatas pada space yang kecil.

Foto HP Android

5. Hindari Penggunaan Flash

Baik memfoto dengan kamera smartphone Android maupun dengan DSLR, lebih baik menghindari penggunaan flash. Usahakan, flash hanya dipakai jika benar-benar dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar hasil pencahayaan foto terlihat natural dan makin nyaman dilihat.

Memang kini flash tak hanya berbentuk lampu, tetapi juga LED flash. Namun, jika letak LED flash terlalu dekat dengan lensa, efek yang dihasilkan bisa sangat mencolok.
Foto HP Android

Alih-alih menggunakan flash, jika kekurangan cahaya, lebih baik untuk meningkatkan nilai exposure dan ISO pada kamera.

5. Jangan Gunakan Zoom

Fitur zoom memang kadang dibutuhkan untuk membuat hasil foto jauh menjadi lebih dekat. Sayangnya, ini justru membuat hasil foto cenderung buram.

Bagaimana mengatasinya? Caranya, capture foto tanpa zoom. Kemudian, untuk memperbesar foto itu, kamu bisa memotong (crop) foto sesuai yang diinginkan. Sangat mudah, bukan?

Demikian ulasan cara memaksimalkan hasil jepretan foto pada smartphone Android Anda. Yuk belajar menjadi fotografer mobile yang menghasilkan banyak foto-foto keren. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya. 


Beri respon pada "5 Tips Maksimalkan Hasil Foto HP Android"