Cara Mengetahui Spesifikasi HP Android Secara Detail Dengan Aplikasi

Mengetahui spesifikasi sebuah smartphone sebenarnya dapat dilakukan dengan cara mencari situs referensi yang menyediakan spesifikasi ponsel, seperti GSMArena.com atau di situs ini dimana kami juga mengulas spesifikasi berbagai tipe smartphone, terutama smartphone berbasis Android. Namun, selain dengan mengunjungi situs penyedia referensi, Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Menguak spesifikasi smartphone pada dasarnya bertujuan untuk mengukur performa sebuah smartphone dan juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi konsumen untuk tidak atau memilih smartphone tersebut. Langkah ini sebenarnya cukup penting guna memastikan Anda tidak salah pilih tipe smartphone merujuk pada tingkat penggunaan Anda sehari-hari, apakah sekedar untuk berkomunikasi dan aktif berjejaring sosial atau Anda akan menggunakan ponsel tersebut untuk kebutuhan lain, misalkan untuk memainkan aplikasi game berat dimana Anda membutuhkan smartphone dengan dukungan processor berkecepatan tinggi serta RAM yang tinggi pula.

Android adalah platform yang didukung sekian banyak aplikasi gratis dan berbayar. Dukungan aplikasi dalam jumlah yang besar memang menjadi salah satu alasan logis mengapa para pengguna smartphone sangat menggandrungi smartphone yang mengaplikasikan sistem operasi Android. Tersedia banyak aplikasi untuk mengetahui spesifikasi hardware HP yang dapat Anda download di PlayStore, salah satunya adalah CPU-Z.

CPU-Z adalah sebuah aplikasi untuk mengetahui spesifikasi smartphone Android. Aplikasi ini akan menampilkan specs hardware ponsel yang Anda gunakan, mulai model ponsel, jenis processor, kapasitas RAM, kapasitas media storage, versi Android, dll. Selain berguna untuk mengetahui spesifikasi ponsel, CPU-Z juga dapat Anda manfaatkan untuk mengungkap keaslian sebuah ponsel dengan membandingkan spesifikasi suatu tipe ponsel dengan yang diinformasikan pada situs resmi produsen smartphone tersebut.

Perhatikan gambar screenshot hasil pengecekan spesifikasi ponsel dengan menggunakan aplikasi CPU-Z dibawah ini.

Cara Mengetahui Spesifikasi HP Android Secara Detail Dengan Aplikasi

Selain CPU-Z, aplikasi lainnya dengan fungsi yang sama yaitu AnTuTu Benchmark. Aplikasi AnTuTu Benchmark ini bahkan memiliki kemampuan identifikasi yang lebih baik dibanding CPU-Z. AnTuTu Benchmark mampu mengukur kemampuan sebuah smartphone dalam menjalankan Game 3D.

Penasaran dengan kinerja aplikasi AnTuTu Benchmark? Silakan perhatikan gambar screenshot score chart dibawah ini.

cara cek spesifikasi hp android lengkap

Jika Anda tertarik untuk mencoba kedua aplikasi pintar ini, Anda dapat mendownload kedua aplikasi tersebut di PlayStore. Keduanya merupakan freeware alias aplikasi yang dapat di download secara gratis.

Nah, itulah cara mengecek spesifikasi lengkap ponsel Android dimana Anda dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi CPU-Z dan AnTuTu Benchmark. Sebagai informasi, pengecekan spesifikasi hp Android secara lengkap tidak dapat dilakukan melalui menu default hp, karena fitur tersebut tidak tersedia.

Beri respon pada "Cara Mengetahui Spesifikasi HP Android Secara Detail Dengan Aplikasi"

close