Cara Mengatasi CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Penyebab CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar
Anda mungkin pernah menjumpai CPU sudah dihidupkan namun monitor tidak merespon alias tidak menampilkan gambar. Ya, hal ini sering terjadi manakala terdapat permasalahan pada CPU yang dalam hal ini bisa berupa RAM rusak, aliran listrik dari power supply tidak memadai, atau karena kabel konektor monitor ke CPU tidak terpasang secara sempurna.

Komputer adalah sebuah perangkat pintar yang mampu menjalankan berbagai aplikasi penting yang dapat menunjang aktivitas manusia. Kemampuan komputer yang luar biasa disisi lain juga menyisakan banyak celah apabila penggunaan dilakukan secara tidak beraturan yang akhirnya berujung pada sebuah bentuk permasalahan atau tidak dapat bekerja secara normal.

Setiap komponen yang terdapat pada CPU harus dapat bekerja secara normal agar komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya. Jika terdapat salah satu komponen (hardware) pada CPU yang mengalami kerusakan, maka komputer tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya, seperti FAN rusak atau putarannya tidak optimal, hard disk rusak dan sejumlah gejala permasalahan pada hardware yang lainnya.

Pada kesempatan ini kami akan share cara mengatasi CPU komputer hidup yang tidak direaksi oleh monitor dimana kasus ini amat sering terjadi. Seperti dijelaskan diatas, banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya permasalahan CPU hidup tapi monitor mati ini. Berikut beberapa langkah untuk mengakhiri masalah komputer CPU nyala tapi tidak dideteksi oleh monitor.

1. Cek kondisi monitor
Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi monitor apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah mengalami kerusakan. Untuk mempermudah Anda, silakan gunakan monitor lain terlebih dahulu. Jika menggunakan monitor lain bisa bekerja dengan baik, maka itu berarti monitor yang pertama memang sudah rusak.

2. Lakukan reset pada CMOS
Dengan menghapus memori BIOS pada motherboard hal ini akan mengembalikan pengaturan BIOS ke awal. Adanya kesalahan konfigurasi pada BIOS dapat menjadi penyebab PC Anda tidak bisa menyala sebagaimana mestinya.

3. Cabut semua kabel dan hardware
Terdapat kemungkinan koneksi / kabel sebuah hardware dalam keadaan longgar. Cabut dan pasang kembali kabel power, kabel data, memori, kabel keyboard dan mouse, dll. Kemudian coba nyalakan kembali CPU Anda.

4. Periksa kondisi RAM
Periksa kondisi RAM. Jika Anda mendapati RAM dipenuhi debu, maka bersihkan RAM dari debu dimana debu yang menempel pada RAM berpotensi menyebabkan RAM tidak dapat bekerja dengan baik. Pastikan juga RAM terpasang dengan baik.

5. Cek kondisi power supply
Power supply adalah perangkat yang berfungsi untuk mengalirkan daya (listrik) ke hardware lainnya pada CPU. Jika power supply tidak bisa mengalokasikan daya secara normal, maka hal ini dapat menyebabkan komputer tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

6. Cek kondisi VGA
Silakan periksa VGA card apakah sudah terpasang secara sempurna atau masih kendor. VGA card harus terpasang dengan baik karena jika hardware yang satu ini tidak menempel secara sempurna pada slotnya, maka komputer tidak akan bisa bekerja.

7. Cek kondisi processor
Hardware lain pada CPU yang perlu Anda periksa adalah processor. Letak processor ini berada dibawah kipas. Bukalah kipas CPU kemudian periksa kondisi processor apakah Anda menemukan indikasi masalah pada processor.

Demikian 7 kiat untuk mengatasi komputer dengan CPU nyala namun tidak direspon oleh monitor. Semoga bermanfaat dan memberikan solusi.

Beri respon pada "Cara Mengatasi CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar"

close