4 Cara Agar Jaringan WiFi Dirumah Lebih Kuat dan Stabil

Keberadaan WiFi tampaknya sudah semakin lekat dengan masyarakat. Kebutuhan akan akses internet yang tinggi menjadikan sarana seperti WiFi seolah tak bisa lagi terpisahkan dengan masyarakat masa kini. Dengan perangkat ini Anda bisa asyik berselancar di dunia maya dan melakukan banyak hal mulai dari: menyelesaikan tugas kantor, bermain media sosial, sampai dengan menonton video secara online.

Cara Agar Jaringan WiFi Dirumah Lebih Kuat dan Stabil


Maka dari itu tak mengherankan jika ada banyak orang yang memasang fasilitas WIFI di rumahnya. Dengan WiFi di rumah seseorang bisa mengakses secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya di rumah. Namun terkadang fasilitas WiFi juga memiliki beberapa masalah antara lain: sinyal lemah, jaringan tidak stabil, dan lain sebagainya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips agar sinya WiFi di rumah Anda bisa selalu stabil:

1. Pastikan posisi perangkat Wireless Router Anda berada pada tempat yang tepat

Jangan sepelekan penempatan Wireless Router Anda karena hal ini akan mempengaruhi kualitas sinyal yang dikeluarkannya. Tempatkan perangkat ini pada dinding, langit-langit rumah atau diatas rak atau meja sehingga mengurangi resiko terkena tetesan atau terinjak. Pastikan pula perangkat berada pada posisi tepat atau rekatkan dengan penyangga yang kuat agar tidak jatuh.

Selain itu jangan sekali-kali menempatkan router Anda di dekat alat elektronik lainnya. Alasannya adalah karena sinyal dari perangkat elektronik lain tersebut akan menganggu penangkapan jaringan internet WiFi Anda. Ada baiknya pula perangkat WiFi dijauhkan dari jangkauan anak-anar agar router tersebut tetap terjaga keamanannya.

2. Upgrade perangkat Wireless Router Anda jika memang diperlukan

Kekuataan sinyal WiFi juga ditentukan kondisi dari Wireless Router sendiri. Jika Wireless Router sudah tidak memungkinkan lagi memfasilitasi kebutuhan Anda pilihan untuk mengganti Wireless Router bisa jadi adalah pilihan yang cukup baik. Ada baiknya Anda memilih Wireless Router dengan kemampuan Frekuensi hingga 5 GHz. Dengan tipe ini, kemampuan Wireless Router jauh lebih luas dan cepat. Dengan meningkatkan Wireless Router Anda bisa mendapat sinyal WiFi lebih kuat dan lebih baik lagi.

3. Gunakan frekuensi 2.4GHz dan 5GHz untuk sinyal yang lebih baik

Setelah mengganti Wireless Router Anda kini saatnya mengatur frekuensi WiFi secara lebih tepat. Selain Anda harus mengaktifkan frekuensi 2,4 GHz jangan lupa untuk  mengaktifkan frekuensi 5 GHz yang pada wireless router Anda. Dengan mengaktifkan frekuensi ini jangkauan sinyal WifFi yang Anda dapatkan bisa lebih luas dan juga kuat.

4. Jika rumah Anda luas atau banyak sekat tambahkan Range Extender untuk memperkuat sinyal WiFi

Permasalahan lainnya yang biasa dihadapi pengguna WiFi di rumah adalah sinyal internet yang tetap lemah padahal sudah menggunakan router dengan specs tinggi. Kendala seperti ini biasa dihadapi oleh mereka yang tinggal di dalam rumah dengan ukuran besar atau memiliki benyak sekat. Meski telah memakai router baik namun jika luas rumah terlalu besar atau banyak sekat sinyal WiFi seringkali sulit tertangkap oleh laptop maupun ponsel.

Untuk mengakali hal ini ada baiknya Anda menambah perangkat Range Extender yang kini banyak tersedia di pasaran. Range extender adalah perangkat elektronik yang bisa membantu device menangkap sinyak WiFi yang tersedia.

Beri respon pada "4 Cara Agar Jaringan WiFi Dirumah Lebih Kuat dan Stabil"

close