Tips Memilih Power Bank Berkualitas

Tips Memilih Power Bank Berkualitas
Power Bank adalah sebuah perangkat penampung daya yang bisanya digunakan untuk menyiapkan backup daya untuk smartphone, tablet pc hingga laptop. Setiap Power Bank memiliki besarn kapasitas penyimpanan masing-masing. Semakin besar kapasitas penyimpanan daya sebuah Power Bank, maka semakin mahal pula harga Power Bank tersebut.

Saat ini tersedia berbagai macam tipe serta brand Power Bank dimana masing-masing tipe/brand pastinya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi kita selaku konsumen, amat penting untuk melakukan pengecekan seperlunya pada saat ingin membeli Power Bank supaya kita tidak merugi setelah memutuskan untuk membeli Power Bank tersebut.

Dalam memilih Power Bank, kita tidak boleh hanya berpatokan pada besaran kapasitas penyimpanan Power Bank tersebut. Tetapi, kita juga perlu mencari tahu kualitas atau mutu dari Power Bank yang akan kita beli. Anda perlu tahu, bahwa tidak semua Power Bank yang beredar dipasaran saat ini semuanya memiliki kualitas serta kuantitas sebagaimana yang tertera pada box Power Bank.

Berikut beberapa tips untuk memilih Power Bank secara bijak agar Anda tidak merugi lantaran membeli Power Bank secara asal-asalan.

1. Pilihlah Merk Power Bank Terpecaya
Ini adalah faktor pertimbangan yang cukup mendasar dalam memilih sebuah produk. Agar resiko salah memilih Power Bank tergolong kecil, maka usahakan untuk tidak memilih merk Power Bank yang belum seberapa dikenal masyarakat. Pilihlah merk Power Bank yang kualitasnya memang sudah teruji.

2. Pilih Power Bank Sesuai Kebutuhan
Sesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda. Memilih Power Bank sesuai dengan tingkat kebutuhan Anda akan membuat Anda bisa lebih hemat uang. Misalkan saat ini Anda menggunakan smartphone Samsung Galaxy E5 dimana kapasitas baterainya adalah 2400 mAh, maka Anda cukup memilih Power Bank dengan kapasitas penyimpanan daya <5000 mAh.

3. Waspada Dengan Power Bank Banyak Konektor
Banyak konektor memang cukup berguna, namun yang perlu diwaspadai adalah kualitas dari konektor tersebut. Dalam sejumlah kasus, banyaknya jumlah konektor pada sebuah Power Bank ia tidak menjamin kualitas masing-masing konektor sehingga Anda harus dapat memastikan bahwa semua konektor dapat berfungsi dengan baik.

4. Pilih Power Bank Yang Memiliki Fitur Keamanan
Sebagian Power Bank sudah dilengkapi dengan fitur keamanan otomatis untuk menghindarkan Power Bank dari over load pada saat charging. Carilah Power Bank yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan over load atau Over Charging Protection guna menjaga life-time Power Bank Anda untuk jangka panjang.

5. Pilih Power Bank Yang Sudah Bersertifikat
Jangan asal tergoda dengan harga Power Bank murah dan kapasitas penyimpanannya besar. Anda harus memastikan bahwa Power Bank tersebut memiliki sertifikast SNI atau UL Certification. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk tersebut memiliki mutu yang dapat diandalkan. Bayangkan jika Anda membeli sebuah Power Bank dan hanya dalam rentang waktu beberapa bulan Power Bank tersebut sudah tidak bisa digunakan, apakah Anda menginginkan hal yang demikian? Tentu saja tidak. Maka pilihlah Power Bank yang sudah bersertifikat untuk mengukur tingakt kualitas Power Bank tersebut.

1 Response to "Tips Memilih Power Bank Berkualitas"

Andre mengatakan...

Mantab infonya gan. Hal lain yang wajib dipertimbangkan ketika hendak membeli Power Bank adalah garansi. Pilih Power Bank yang memberikan setidaknya 1 tahun garansi. Garansi merupakan salah satu indikator kualitas produk tersebut.

close