Tips Membeli HP Android Secara Tepat

Tips Memilih HP Android Secara Tepat
Android Smartphones
Jika pada postingan sebelum ini saya sudah sempat mempublikasikan artikel tips membeli smartphone Android second, maka kali ini saya ingin berbagi tips untuk membeli hp Android secara tepat. Membeli secara tepat yang saya maksudkan disini adalah menyesuaikan dengan tingkat kegunaan Anda serta mutu dari hp tersebut.

Dengan banyaknya vendor smartphone dan ribuan tipe yang ada dipasar, hal ini mungkin saja membingungkan bagi mereka yang masih cukup awam terkait platform Android dan semoga dengan postingan ini Anda dapat menentukan pilihan Anda secara bijak sehingga Anda tidak perlu menyesal usai melakukan transaksi jual-beli.

Bagaimana cara memilih hp Android secara tepat? Silakan simak beberapa tips memilih hp Android secara tepat berikut ini:

1. Sesuaikan Dengan Tingkat Kegunaan
Ponsel tersebut akan Anda gunakan untuk apa? Amat penting bagi Anda untuk mengukur tingkat kegunaan Anda sehingga nantinya Anda tidak salah dalam memilih. Misalkan Anda hanya akan menggunakan handphone tersebut untuk memanggil dan mengirim SMS, maka Anda tidak perlu memilih tipe handphone premium yang tentunya berharga sangat mahal. Dengan mengukur tingkat kegunaan Anda yang hanya untuk keperluan melakukan panggilan dan mengirim SMS, maka pilihan ideal untuk Anda adalah hp Android dengan kisaran harga tidak lebih dari 1 juta.

2. Ukur Budget Anda
Pertimbangan berikutnya sudah pasti pada sisi harga. Tentukan berapa budget yang Anda miliki. Misalkan Anda memiliki budget maksimal 1-1.5 juta, maka pilihlah hp Android dengan anggaran harga tidak lebih dari 1.5 juta yang terbaik dikelasnya. Bagaimana cara mencari tahu hp Android tebaik dikelasnya? Ada banyak jalan untuk menguaknya, Anda dapat mencari review di situs forum atau media online lainnya yang mengulas seputar kinerja ponsel Android.

3. Pilihlah Brand Yang Memiliki Mutu
Ini adalah salah satu pertimbangan terpenting dalam membeli hp Android. Guna menghindarkan Anda dari resiko tinggi, sebaiknya Anda memilih  brand yang sudah memiliki reputasi baik yang produk-produknya sudah teruji. Saat ini cukup banyak brand smartphone berbasis Android yang beredar dipasaran, pastikan Anda memahami kondisi ini dan hanya menentukan pilihan pada brand yang sudah teruji mutunya.

4. Perhatikan Specs HP Secara Menyeluruh
Poin ini ada kaitannya dengan poin #1, yaitu menyesuaikan dengan tingkat kegunaan. Tanya diri Anda, fitur apakah yang paling Anda butuhkan pada hp Android yang akan Anda beli. Misalkan Anda berencana membeli hp Android dengan tujuan untuk keperluan dokumentasi, maka pilihlah hp Android dengan resolusi kamera setidaknya 5MP.

5. Sebaiknya Anda Tidak Membeli HP Android Replika
Entah Anda sadari atau tidak, saat ini banyak beredar hp Android tiruan atau yang biasa disebut replika. Sebaiknya Anda menghindari membeli hp Android replika karena mutunya tidak dapat diandalkan.

6. Pilihlah Tipe HP Yang Sudah Teruji
Tips membeli hp Android secara cerdas berikutnya adalah memilih tipe hp yang sudah teruji. Banyak bermunculan tipe-tipe hp Android terbaru dari berbagai vendor, mulai vendor ternama hingga vendor-vendor baru. Jangan tergesa-gesa dan berspekulasi untuk melakukan pembelian sebelum kinerja hp tersebut sudah terbukti bagus.

7. Pilihlah Kapasitas Baterai >1500 mAh.
Smartphone membutuhkan banyak daya, untuk mengantisipasi hal ini sebakinya Anda memilih smartphone Android dengan kapasitas baterai lebih dari 1500 mAh supaya hp Anda tidak sering mati karena low battery disaat Anda sedang amat membutuhkan hp tersebut.

8. Pilihlah HP Android Yang Sudah Support 3G
Jika Anda sering menggunakan waktu Anda untuk browsing atau internetan, maka sebaiknya Anda memilih hp Android yang sudah support jaringan 3G. Tipe jaringan dibawah 3G tidak memiliki kecepatan akses yang cukup baik sehingga hal ini akan membuat Anda merasa terganggu saat menggunakan hp tersebut untuk internetan.

Demikian 8 tips untuk membeli hp Android secara tepat, semoga dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang masih awam terhadap seluk-beluk smartphone berbasis Android.

Beri respon pada "Tips Membeli HP Android Secara Tepat"