5 Penyebab Internet Lambat

Penyebab Internet Lambat
Kecepatan internet dipengaruhi oleh sejumlah faktor dalam rangkaian koneksi itu sendiri, mulai kualitas dan stabilitas jaringan, faktor bandwidth, perangkat yang digunakan user, dan lain sebagainya. Kebutuhan akan akses internet sekarang ini bak sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dimana idealnya setiap orang pasti akan sangat terganggu jika menggunakan koneksi internet yang lambat.

Kita akan sangat merasa tidak nyaman manakala internet yang kita gunakan tidak memiliki speed serta stabilitas yang baik. Untuk mencari solusi dibalik lambatnya sebuah koneksi internet, maka terlebih dahulu kita harus memahami apa saja sesungguhnya yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat atau cenderung tidak stabil. Berikut ini 5 penyebab koneksi internet lambat yang perlu Anda ketahui.

1. Kualitas Jaringan
Untuk dapat menikmati koneksi internet dengan kecepatan yang baik, lokasi tempat kita mengakses internet harus sudah tercover signal berkecepatan tinggi seperti 3G, HSDPA atau 4G. Signal yang masuk ke perangkat yang kita gunakan harus cukup kuat guna menjaga stabilitas koneksi tersebut.

2. Jenis Koneksi 
Sebut saja Anda internetan lewat perangkat ponsel dimana akses internet lewat perangkat mobile ini akan memiliki banyak tipe kecepatan yang biasanya terkandung dalam paket. Harga paket internet yang ditawarkan oleh para provider telekomunikasi cukup beragam dan keberagaman harga paket tersebut juga memiliki sisi kecepatan yang berbeda-beda.

3. Kuota Bandwidth
Kuota bandwidth yang saya maksudkan disini adalah jumlah pengguna dalam waktu yang bersamaan. Semakin banyak pengguna diwaktu yang sama, maka kecepatan dan stabilitas koneksi akan mengalami penurunan dengan sendirinya karena adanya pembatasan pada bandwidth.

4. Faktor Perangkat
Seperti yang saya singgung pada paragraf awal, salah satu pemicu kecepatan atau lambatnya koneksi internet dalam hal ini adalah dipicu oleh kualitas perangkat akses yang kita gunakan. Sebuah analogi, Anda berada disebuah tempat yang sudah tercover jaringan 3G, akan tetapi ponsel Anda hanya support jaringan GPRS dan Edge, maka sudah barang tentu kecepatan internet tidak akan mencapai titik maksimal.

5. Jaringan Pusat Mengalami Masalah
Ketika terjadi suatu permasalahan pada sistem jaringan (operator), maka yang terjadi bukan sekedar koneksi menjadi lambat, tetapi hal tersebut sudah barang tentu dapat menyebabkan kita gagal untuk mengakses laman web manapun. Dalam rentang waktu tertentu tidak menutup kemungkinan jaringan pusat akan mengalami masalah, dan ketika hal itu terjadi kita hanya dapat mengunggu proses perbaikan segara dilakukan oleh operator.

Itulah 5 hal penyebab koneksi internet lambat yang mungkin perlu Anda ketahui jika selama ini Anda sering mengalami masalah dengan kecepatan serta stabilitas koneksi internet Anda, baik melalui ponsel maupun melalui komputer dengan menggunakan perangkat modem.

Beri respon pada "5 Penyebab Internet Lambat"

close