Cara Mengatasi Printer Cannon Error Sesuai Kode Kesalahan yang Muncul

Printer merupakan satu alat cetak yang sangat dibutuhkan. Ketika printer yang Anda gunakan mengalami gejala permasalahan atau error tertentu, tentu Anda perlu dengan segera mencari solusi agar permasalahan tersebut dapat segera teratasi dan Anda bisa kembali menggunakan printer tersebut.

Ada banyak sekali jenis error yang terjadi pada printer. Mulai dari yang sifatnya sangat sederhana hingga yang agak membingungkan bagi pengguna awam. Nah, dalam artikel ini wiharjo.com akan sharing dengan kalian bagaimana cara mengatasi printer error sesuai dengan kode error yang muncul.

Adapun dalam kasus ini, kita akan memaparkan beberapa kode printer error untuk jenis printer merk Cannon. Canon MP285 dan Canon MP287 merupakan salah satu jenis printer yang sepertinya cukup banyak sekali penggunanya.

Kode Error Pada Printer Canon MP285 dan MP287


Printer Error

Berikut ini beberapa jenis kode printer error untuk Anda yang memiliki printer merek Cannon dengan type MP285 atau Canon MP287.

1. Error E02 (Printer is Out of Paper)


Error dengan kode ini cenderung mudah diatasi dan biasanya terjadi karena kertas pada printer habis, atau jika kertas masih ada namun pesan error ini muncul, Anda dapat mencoba mengeluarkan semua sisa kertas kosong dari printer lalu memasukkannya kembali, karena ada kemungkinan error message ini muncul karena kertas tidak masuk dengan tepat. 

2. Error E03 (Paper Jam)


Sama seperti Error E02, ini masih soal masalah kertas, namun pesan error ini muncul karena kertas yang masuk biasanya tersangkut (stucked atau jammed), untuk mengatasi ini Anda dapat mencoba beberapa cara, diantaranya:

  • Keluarkan semua kertas kosong dari printer, termasuk kertas yang tersangkut, usahakan tidak menariknya terlalu keras karena dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen printer, kemudian masukkan kembali kertas kosong dan restart printer. (Baca Juga: Cara Memperbaiki Blue Screen)
  • Jika pesan error masih muncul, periksa apakah ada benda asing yang masuk ke roller kertas sehingga mengakibatkan kertas macet.
  • Jika kedua cara diatas tidak berhasil kemungkinan terjadi kerusakan pada roller kertas atau sensor kertas yang terletak disebelah atas roller kertas.

3. Error E04 dan Error E05 (Ink Cartridge cannot be recognized)


Pesan printer error yang satu ini terjadi karena adanya masalah pada Cartridge, biasanya board pengenal Cartridge yang basah, kotor atau mungkin rusak, untuk mengatasinya Anda dapat mencabut Cartridge (semuanya saja), membersihkan elemen tembaga (berwarna kuning emas) dibagian belakannya dengan tissu kering, lalu memasangnya kembali.

4. Error E07 (Ink Cartridge is not installed in the correct position)


Sebenarnya tak jauh berbeda dengan pesan error yang sebelumnya, error message ini muncul karena adanya masalah pada cartridge, biasanya disebabkan oleh posisi cartridge yang tidak tepat saat dipasang, Anda dapat mengatasinya dengan cara mencabut cartridge lalu memasangnya kembali dengan posisi yang benar. 

Jika pesan error ini masih muncul walaupun cartridge sudah benar-benar dipasang dengan tepat, maka Anda perlu me-reset printer dengan menggunakan perangkat lunak khusus, Anda dapat mencarinya melalui search engine Google dengan keyword “Canon MP285 MP287 Reseter”.

Namun, harap lebih berhati-hati dalam mengunduh perangkat lunak seperti ini karena ada kemungkinan file yang Anda download tersusupi atau (sengaja) disusupi virus, pastikan antivirus Anda bekerja optimal dan ter-update.

5. Error E08 (Ink absorber is almost full)


Printer dengan tinta dalam bentuk cair (zat cair), terdapat busa yang berfungsi untuk menyerap tinta yang menetes dari cartridge saat proses printing, atau mungkin tinta yang tumpah kedalam printer secara tidak sengaja. 

Sejumlah printer memang memiliki sensor untuk mendeteksi volume tinta yang diserap busa penyerap (absorber) tersebut, namun hal itu kerap kali tidak akurat, idealnya Anda membongkar printer Anda, melepas ink absorber (penyerap tinta, busa tadi) membersihkannya lalu memasangnya lagi.

Namun, sebelum hal itu dilakukan, Anda dapat mereset terlebih dahulu printer Anda dengan perangkat lunak resetter (yang kita bahas diatas), karena ada kemungkinan ink absorber dalam printer tersebut tidak benar-benar penuh, hanya saja terjadi kesalahan perhitungan (oleh sistem pada printer).

6. Error E13 atau Error E16 (Ink has run out)


Tinta habis atau hampir habis, namun jika Anda yakin tinta dalam cartridge printer masih banyak, atau mungkin belum lama diisi penuh, Anda bisa mencoba menekan tombol STOP/RESUME pada printer sampai indikator (display kecil pada printer) menunjukkan angka 1.

7. Error P02 (Cartridge Error)


Pesan error pada printer dengan kode P02 ini terjadi karena masalah pada cartridge, biasanya karena ada benda asing yang masuk ke rolller atau encoder yang kotor, encoder adalah lintasan cartridge berupa plastik mika yang membentang dari ujung kiri ke ujung kanan didalam printer.

Encoder rentan kotor oleh cipratan tinta saat pengisian atan saat pencetakan, apabila encoder kotor maka sebaiknya segera dicabut lalu dibersihkan, atau mungkin juga disebabkan karena board pada cartridge kotor.

Itulah beberapa jenis kode printer Error untuk tipe Canon MP285 dan MP287 serta cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat memberikan pemecahan masalah pada permasalahan printer milik Anda.

Response to "Cara Mengatasi Printer Cannon Error Sesuai Kode Kesalahan yang Muncul"