Penyebab Meteran Listrik Rumah Sering Mati Sendiri (Jeglek), Pasti Bisa Diatasi!!

Bila Anda pernah mengalami dometer atau meteran listrik di rumah sering jeglek atau mati sendiri tentu kondisi ini sangat mengusik kenyamanan Anda.

Terlebih jika Anda sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menggunakan jasa tukang listrik diluar petugas PLN.

Meteran listrik rumah sering mati sendiri penyebabnya sangat beragam. Namun, pada intinya biasanya hal ini terjadi karena ada korsleting kabel.

Kabel konslet pada akhirnya menyebabkan dometer listrik sering jeglek dimana hal ini akan terus berlanjut jika belum ditangani.

Nah, penyebab kabel listrik di rumah korslet juga sangat beragam. Kondisinya akan semakin menyulitkan kita ketika kabel tersebut sudah tertanam di dinding tembok rumah.

Ada alat khusus untuk mendeteksi kabel korslet di rumah, namun hanya tukang listrik yang benar-benar berpengalaman yang biasanya memiliki alat ini.

Tak jarang diluar sana kita menemukan tukang atau ahli listrik, namun sayangnya mereka sering kali "kelimpungan" saat kita minta untuk mencari titik konslet pada kabel instalasi listrik di rumah kita.

Penyebab Meteran Listrik Rumah Sering Mati Sendiri


Penyebab Meteran Listrik Rumah Sering Mati Sendiri

Sebelum berlanjut ke pembahasan kenapa meteran listrik di rumah sering jeglek, berikut ini beberapa penyebabnya yang tentunya penting untuk diketahui.

1. Kabel korslet

Yang paling umum terjadi kenapa meteran listrik rumah sering mati sendiri adalah dikarenakan terdapat kabel yang korslet. Jika kabel tersebut diluar, maka Anda bisa mengeceknya dengan mudah.

2. Terdapat terlalu banyak sambungan kabel


Jika terlalu banyak sambungan kabel dan cara menyambungnya secara asal-asalan, maka kondisi ini juga bisa menyebabkan listrik sering mati.

Oleh sebba itu, penting sekali ketika menyambung kabel cara pemasangannya dilakukan dengan benar.

3. Kabel rusak


Kabel rusak atau instalasi kabel yang tidak memenuhi standar juga bisa menyebabkan listrik tidak stabil (tegangan naik-turun) dan bahkan menyebabkan meteran listrik sering jeglek.

Pastikan Anda menggunakan kabel yang bagus saat memasang kabel listrik di rumah yang tahan untuk jangka panjang.

2. Penggunaan daya melebihi ukuran


Yang juga cukup sering sering terjadi saat meteran listrik jeglek adalah dikarenakan penggunaan daya yang melebih ukuran.

Misalkan listrik di rumah Anda berkapasitas 900VA, namun Anda menggunakan banyak sekali barang elektronik dengan konsumsi daya yang besar, maka sudah barang tentu listrik akan sering mati sendiri.

3. MCB rusak


Indikator MCB (Miniatur Circuit Break) listrik di rumah rusak ciri-cirinya termasuk salah satunya adalah suhunya sangat panas.

Jika ini terjadi, maka meteran listrik juga bisa sering mati sendiri. Silahkan cek MCB di rumah Anda untuk memastikan apakah penyebab listrik sering mati karena MCB atau karena faktor lain.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Rumah Sering Jeglek


Nah, berikut ini solusi listrik sering mati yang dapat diterapkan. Untuk dicatat, beberapa metode yang disebutkan berikut ini memang tidak mudah, namun mau tidak mau Anda perlu melakukannya jika ingin melihat listrik rumah Anda kembali normal.

1. Pastikan tidak ada kabel koyak


Langkah pertama adalah silahkan lakukan pengecekan apakah terdapat kabel listrik yang koyak atau sobek.

Jika ada, silahkan tutup dengan lakban atau ganti dengan kabel baru yang kualitasnya lebih bagus.

2. Cek Kondisi MCB


Perhatikan dan rasakan suhu pada MCB. Lihat, apakah terlihat ada semacam gosong atau tidak. Jika ada, itu artinya MCB bermasalah.

Selain itu, rasakan suhunya. Jika terasa panas, maka dapat dipastikan ada masalah dengan MCB-nya. Ini juga akan menyebabkan trip.

3. Deteksi kabel konslet dalam dinding


Nah, ini adalah yang paling sulit karena dibutuhkan tukang listrik yang berpengalaman serta memiliki semacam alat multimeter untuk bisa melakukannya.

Tukang listrik itu banyak, namun jika kita mencari tukang listrik yang benar-benar paham masalah dan bisa menyelesaikannya, hal itu tidak mudah.

Anda perlu mencarinya dengan menggali banyak informasi dari orang ke orang atau melalui browsing di internet.

Salah satu alat test atau deteksi kabel listrik konslet di dalam dinding adalah AMD-012. Sayangnya, saya tidak dapat memastikan apakah alat ini benar-benar bekerja atau tidak, karena informasinya sangat minim dan ini saya dapat dari hasil searching di internet. Tentu perlu pengujian lebih lanjut.

alat pendeteksi kabel listrik korslet dalam dinding
Alat pendeteksi kabel listrik korslet dalam dinding


Dalam hal ini, Anda bisa menggali informsai lebih dalam untuk mendapatkan solusinya. Jangan juga asal beli alat tester karena tidak semuanya akurat. Nantinya, justru akan buang-buang duit Anda saja.

4. Sesuaikan penggunaan daya


Terlebih jika Anda menggunakan listrik 450VA, maka usahakan untuk menyesuaikan ukuran listrik di rumah dengan penggunaannya.

Jika melebihi kapasitas, maka tentunya meteran akan sering jeglek sendiri.

Gunakan alat stabilizer agar dapat mengatasi tegangan listrik di rumah sehingga potensi terjadi jeglek dapat diminimalisir.

5. Ganti kabel yang sudah rusak


Kondisi kabel yang sudah memburuk atau bahkan sudah rusak sangat direkomendasikan untuk Anda ganti. Kabel yang buruk dapat menyebabkan korsleting listrik dan tegangannya bisa naik-turun.

6. Cek barang elektronik


Bisa jadi penyebab meteran listrik sering mati sendiri juga karena adanya peralatan elektronik yang rusak, bisa berupa TV, Kulkas, Oven, Pompa Air, dan lain sebagainya.

Jika Anda rasa ada yang mencurigakan, coba jangan gunakan perkakas elektronik tersebut untuk sementara waktu.

Dan jika setelah itu meteran tidak pernah jeglek, maka itu artinya Anda sudah menemukan solusinya. Tinggal diganti peralatan elektronik tadi dengan yang baru atau lakukan perbaikan ke tukang servis.

7. Periksa apakah ada kabel yang terkena air


Nah, ini juga termasuk momoknya. Banyak sekali kasus listrik sering mati akibat terdapat instalasi kabel yang terkena air sehingga menyebabkan korsleting.

Anda perlu melakukan pengecekan secara seksama dengan memperhatikan segala bentuk kemungkinan, khususnya untuk kabel yang pemasangannya berada di dalam (dalam dinding, dibawah lantai, dsb).

8. Terdapat lampu rusak

Untuk yang ini sangat mudah dideteksi. Misalkan ada bolam yang mati, kemudian meteran jeglek, silahkan Anda cabut bolam tersebu dari pitingannya. 

Coba hidupkan kembali meteran listrik, apabila sudah normal, maka itu artinya bolam lampu tersebut yang menyebabkan materan listrik jeglek.

Kesimpulan


Penyebab meteran listrik di rumah sering jeglek sangat banyak sekali. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu dibutuhkan kesabaran ekstra karena memang bisa jadi langkah-langkah untuk mengatasinya tidak bisa dilakukan secara cepat sebagaimana yang diinginkan.

Dan yang terakhir, jika Anda menggunakan jasa tukang listrik, pastikan tukang tersebut benar-benar punya pengalaman dan mengerti tentang listrik agar tidak memberikan masalah baru pada Anda.





Response to "Penyebab Meteran Listrik Rumah Sering Mati Sendiri (Jeglek), Pasti Bisa Diatasi!!"

close