4 Fungsi dari Fitur Ekspansi RAM untuk HP Entry Level

Sebagaimana diketahui, fitur ekspansi RAM sudah mulai digunakan berbagai brand dengan namanya masing-masing, tidak terkecuali Xiaomi Indonesia. Brand satu ini bahkan menghadirkan fitur tersebut ke HP entry level mereka yang baru saja dikenalkan, Redmi A1.

Akan tetapi seberapa penting fitur ekspansi RAM untuk HP entry level seperti Redmi A1. Kenapa sampai Xiaomi Indonesia menyematkannya ke HP murah ini?

Seperti diketahui saat ini fungsi dari sebuah smartphone kini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja. Semakin bertambahnya jenis aplikasi yang juga terus berkembang.

Kini pengguna smartphone bisa bekerja, bermain, hingga akses konten hiburan dari sebuah perangkat yang sama secara praktis.

Agar smartphone bisa menjalankan sejumlah aplikasi secara mulus, tentu dibutuhkan spesifikasi hardware yang mumpuni.

Salah satu yang utama adalah kapasitas RAM lega, agar bisa menampung banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, supaya proses menjelajah antar aplikasi bisa lebih lancar.

Untuk itu, kini hadir sebuah teknologi untuk ekspansi RAM pada smartphone, yang memanfaatkan sejumlah memori tidak terpakai dari penyimpanan internal.

Memory Expansion Xiaomi

Xiaomi Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

Xiaomi fitur ekspansi RAM tersebut ke HP baru mereka, dengan nama Memory Expansion.

Tidak hanya tersedia pada lini flagship saja, sebagai pionir yang menghadirkan smartphone dengan harga terjangkau alias HP murah, fitur ekspansi RAM tersebut juga dihadirkan ke HP entry level Redmi A1 yang siap meluncur pada 28 Oktober.

Ternyata ada kelebihan tersendiri dengan menyematkan fitur Memory Expansion dari Xiaomi ini ke HP entry level seperti Redmi A1.

Berikut adalah benefit dari ekspansi RAM untuk penggunaan smartphone harian yang perlu kamu tahu:

1. Multitasking Bebas Hambatan

Jaman sekarang, sebuah smartphone memang ditakdirkan sebagai perangkat serba bisa. Buat kirim pesan lewat WhatsApp, nonton video di YouTube, upload video pendek, sampai meeting virtual. Selain jenis aplikasi yang beragam, tidak jarang kita perlu mengakses beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Misalnya, ketika menjalankan aplikasi seperti sosial media, kalkulator dan platform panggilan video jadi yang paling sering diakses. Ketika kapasitas RAM bawaan terbatas, adanya fitur ekspansi RAM membantu supaya aplikasi bisa tetap berjalan bersamaan. Jadi nggak perlu takut draft konten sosial media hilang saat sedang akses aplikasi lainnya.

2. Bisa Menyelesaikan Tugas Lebih Cepat

Kehadiran fitur ekspansi RAM pada smartphone juga bisa tingkatkan produktivitas harian kamu. Karena aplikasi-aplikasi penting bisa terus aktif di belakang, perpindahan instan antar aplikasi membuat kamu bisa menyelesaikan tugas secara lebih cepat, yang juga lebih efisien waktu.

Dengan begitu, situasi kapasitas RAM yang penuh dapat terhindari. Seperti momen di mana kamu harus menunggu aplikasi terbuka dari awal akibat terlalu banyak yang diakses dalam satu waktu. Sehingga bisa lebih fokus untuk melakukan tugas berikutnya.

3. Optimalkan Performa, Lebih Hemat Daya

Ketika akses aplikasi untuk pertama kalinya, chipset pada smartphone akan bekerja semaksimal mungkin, sampai aplikasi tersebut benar-benar bisa digunakan. Sementara saat aplikasi sudah berjalan di latar belakang, membukanya kembali bisa lebih instan. Dengan kata lain, fitur ekspansi RAM bisa meringankan beban dari chipset.

Manfaat fitur yang satu ini bakal sangat terasa terutama pada smartphone entry-level. Membantu smartphone dengan arsitektur chipset yang lebih sederhana untuk tetap bisa menjalankan berbagai aplikasi secara mulus. Karena tidak perlu bekerja terlalu keras, juga bakal berdampak pada konsumsi daya baterai yang lebih hemat.

4. Menekan Biaya Komponen Smartphone

RAM pada smartphone merupakan salah satu komponen hardware yang cukup mahal. Sementara itu, penyimpanan internal smartphone masa kini sudah memiliki kecepatan yang cukup untuk difungsikan sebagai virtual RAM. Sehingga performa mulus bisa dicapai dengan spesifikasi yang lebih pas.

Redmi A1 bakal membawa fitur Memory Expansion untuk memperluas kapasitas RAM untuk menghadirkan performa terbaik di kelasnya. Fitur ekspansi RAM di Redmi A1 ini akan hadir dalam pembaruan software  OTA (over the air) yang dijadwalkan pada akhir Oktober 2022.

Pengguna juga tidak perlu khawatir kehabisan memori penyimpanan, karena smartphone yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40,3% ini didukung oleh slot kartu microSD khusus yang bisa diekspansi sampai kapasitas 512GB, tentunya cukup untuk menampung semua file multimedia yang esensial.

Itulah empat kegunaan menyematkan fitur eskpansi RAM ke HP entry level seperti Redmi A1. Fitur Memory Expansion ini juga jadi salah satu fitur andalan HP murah Xiaomi Indonesia tersebut.



Response to "4 Fungsi dari Fitur Ekspansi RAM untuk HP Entry Level"

close