4 Situs Untuk Bayar Zakat Online



Ramadan merupakan bulan dimana di dalamnya umat Islam diperintahkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Selama bulan Ramadan juga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah untuk mengejar banyak pahala. Setelah berpuasa selama 1 bulan penuh di bulan Ramadan dan sebelum memasuki bulan Syawal, umat Islam yang mampu juga diperintahkan untuk membayar zakat fitrah untuk dibagikan kepada orang-orang yang berhak. Pada zaman dahulu, orang-orang membayar zakat ke masjid-masjid di dekat rumah. Belakangan, ada juga lembaga khusus yang dapat dijadikan tempat untuk membayar zakat. 

Dalam prakteknya, pemberi zakat kadang mengalami kesulitan menemukan lokasi untuk menunaikan kewajiban tersebut. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, urusan memberikan zakat kini juga dapat dilakukan secara online. 
4 Website Untuk Bayar Zakat Secara Online
Beberapa penyalur zakat resmi di dalam negeri telah menambahkan opsi untuk berzakat secara online seperti yang dilansir oleh TIA. Untuk mengetahui beberapa badan zakat yang mendukung platform online, kamu bisa melihatnya di bawah ini.


Dompet Dhuafa

4 Website Untuk Bayar Zakat Secara Online
Organisasi nirlaba Dompet Dhuafa yang telah berdiri sejak 1993 ini awalnya merupakan usaha pribadi dari pengumpulan zakat, infak, dan sedekah yang dilakukan karyawan media Republika. Dengan banyaknya peminat di luar Republika, akhirnya Dompet Dhuafa dikembangkan lebih lanjut dan menjadi organisasi yang aktif melakukan aksi sosial.

Dompet Dhuafa telah menyediakan situs terpisah untuk memberikan donasi, yakni di situs Zakat.or.id. Pembayaran yang dapat kamu pilih cukup beragam, mulai dari kartu kredit, transfer rekening bank, mobile banking, hingga potong pulsa ponsel.

Untuk memberikan zakat dan donasi lainnya, kamu tinggal mengisi pilihan donasi, besarnya dana yang ingin disalurkan, dan informasi data diri. Selanjutnya tim dari Dompet Dhuafa akan mengumpulkan, memberi total dana donasi, dan menginformasikan penyaluran donasi kepada kamu.


Rumah Zakat

4 Website Untuk Bayar Zakat Secara Online
Organisasi Rumah Zakat beroperasi sejak tahun 2010. Konsep yang ditawarkan Rumah Zakat lebih pada berdonasi secara “jemput bola” dengan mendatangi banyak lokasi keramaian seperti pusat perbelanjaan. Meski bertitel Rumah Zakat, tim di dalamnya juga mengelola donasi lainnya, seperti infak dan sedekah.

Untuk memberikan zakat, kamu diberikan perhitungan yang harus dibayarkan lewat fitur Kalkulator Zakat di situs Rumah Zakat. Bila ada pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa langsung menanyakannya lewat layanan chat di dalam situs.

Langkah selanjutnya adalah konfirmasi besarnya nilai yang diberikan dengan mengisi informasi di situs tersebut. Kamu juga diberikan informasi jumlah dana yang terkumpul dan sumbangan yang dituju. Semuanya tersedia dalam situs Rumah Zakat.


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

4 Website Untuk Bayar Zakat Secara Online
Organisasi BAZNAS menjadi satu-satunya yang resmi didirikan oleh pemerintah Indonesia sejak 2001. Pengesahan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri agama.

BAZNAS menggunakan metode offline dan online untuk melakukan tugasnya dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah. Layaknya organisasi donasi lainnya, tak jarang BAZNAS membuka stand di beberapa pusat perbelanjaan.

Dukungan layanan online yang dimiliki BAZNAS cukup beragam. Kamu bisa memilih untuk membayar zakat melalui payroll system, mobile banking, dan transfer rekening bank via ATM. BAZNAS juga telah meluncurkan aplikasi untuk Android guna membantumu membayar zakat dengan mudah.


Kitabisa

4 Website Untuk Bayar Zakat Secara Online
Situs crowdfunding Kitabisa bekerja sama dengan tiga layanan penyalur donasi, yaitu BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa untuk meluncurkan fitur pembayaran zakat.

Kamu tidak perlu melakukan konfirmasi jika mengikuti prosedur di Kitabisa yang menggunakan sistem kode unik. Sistem tersebut sama seperti yang diterapkan dalam beberapa marketplace, di mana kamu akan diberikan kode yang langsung tertera di nominal transfer. Sehingga setelah melakukan transfer, sistem akan langsung mengonfirmasi transaksi yang dilakukan.

Dari keempat pilihan platform di atas, mana yang telah atau akan kamu gunakan untuk membayar zakat? Ataukah kamu masih akan menggunakan cara konvensional dengan membayar zakat di masjid terdekat?

Itulah beberapa website yang menyediakan layanan pembayaran zakat secara online yang dapat kamu manfaatkan. Dengan adanya website-website tersebut, membayar zakat semakin dimudahkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya. 


Next Post Previous Post