Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas

Memiliki PC dengan spesifikasi yang gahar merupakan impian bagi sebagian orang, terutama yang memang menggandrungi game PC. Bagi gammer addict, memiliki PC dengan spesifikasi mumpuni tentu menjadi hal yang membanggakan. Pasalnya, dengan menggunakan PC berspesifikasi minim, aktivitas bermain game PC semakin membosankan. Sebaliknya semakin gahar spesifikasinya, semakin menyenangkan pula bermain game PC.  Salah satu cara untuk mendapatkan PC yang berkualitas dan mumpuni yakni dengan merakitnya sendiri agar mendapatkan komposisi yang pas sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.
Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas

Tidak bisa dimungkiri bahwa PC merupakan salah satu wahana paling seru untuk digunakan bermain game. PC tidak saja bisa menjalankan sebuah game dalam kemampuan maksimalnya jika dirakit dengan kombinasi yang benar, mesin ini juga sangat multifungsi digunakan untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan dan menikmati berbagai macam hiburan.

Sayangnya, memilih komponen yang tepat untuk PC gaming bukanlah hal yang mudah. Berbagai aspek perlu kamu perhatikan di sini jika tidak ingin rugi mengeluarkan banyak uang hanya untuk komponen yang ternyata tidak kompatibel alias tidak cocok satu dengan yang lainnya.

Melihat betapa menariknya dunia game pada PC, namun cukup sulitnya membangun PC yang ekonomis dan berkualitas, membuat kami memutuskan untuk memberikan panduan membeli PC gaming yang cocok untuk kamu. Untuk memudahkanmu, berikut ini akan dipaparkan bagaimana tips membeli PC gaming rakitan murah dan berkualitas seperti dilansir dari TIA.

Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas  
Pada bagian pertama, kami membahas tentang spesifikasi komputer low-end. Spesifikasi ini cocok untuk kamu yang masih sekolah atau kuliah, tapi tidak ingin ketinggalan game terbaru yang dirilis di PC dengan performa dan grafis yang cukup oke meskipun tidak di atas rata-rata.

Bagian kedua akan diisi oleh spesifikasi komputer mid-end. Di sini kamu akan disajikan dengan pilihan yang menengah dari segi harga, namun di atas rata-rata dari segi kualitas. Kombinasi yang ini seharusnya cocok untuk gamer yang sudah berpenghasilan, tapi juga ingin menggunakan uangnya untuk membeli mesin game yang lain.

Terakhir adalah spesifikasi high-end. Untuk bagian ini kami akan berikan rekomendasi spesifikasi untuk kamu yang punya penghasilan cukup besar dan memang berniat untuk memiliki PC dengan spesikasi hardware yang dapat digunakan selama beberapa tahun ke depan untuk game berkualitas grafis tinggi.

Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas
Demi menjaga agar informasi yang tersedia di sini tidak ketinggalan, kami akan berusaha untuk memberikan update spesifikasi secara berkala setiap enam bulan. Meskipun begitu, rekomendasi hardware dari kami ini masih bisa menjalankan game terbaru untuk waktu yang relatif lama (sekitar satu atau dua tahun).

Sebelum kita mulai daftar rekomendasi spesifikasi PC untuk bermain game ini, tentunya kamu perlu mengetahui dulu fungsi dari masing-masing komponen penting dalam komputer. Jika kamu memang hanya ingin melihat rekomendasi spesifikasi kami, kamu bisa langsung klik daftar isi pada bagian atas artikel. Akan tetapi apabila kamu membutuhkan penjelasan tentang komponen penting dalam komputer, simak ulasan kami berikut ini.

Penjelasan Tentang Komponen


Motherboard

Sesuai dengan namanya, motherboard adalah induk dari komputer. Komponen inilah yang menghubungkan setiap komponen seperti prosesor dan memori menjadi sebuah komputer yang bisa kita gunakan. Mengingat fungsinya yang begitu krusial, memilih motherboard jelas merupakan salah satu bagian paling penting dalam membangun komputer. Jangan sampai motherboard yang kamu pilih malah tidak kompatibel dengan komponen lainnya yang telah dibeli.

Prosesor

Prosesor adalah otak dari komputer. Tanpa prosesor, maka tidak akan ada komputer. Prosesorlah yang melakukan berbagai perhitungan yang dapat komputer lakukan serta membagi perintah kepada komponen-komponen lain. Semakin bagus prosesor yang kamu miliki, maka performa komputer secara keseluruhan semakin terjamin.

VGA (Graphic Card)

Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas
Nah inilah komponen yang paling sering bikin gamer keringat dingin deg-degan. VGA (Video Graphics Array, ya … bukan Video Graphics Association) adalah komponen yang menentukan kualitas visual alias grafis yang mampu ditangani komputermu. Meskipun VGA sangatlah penting untuk performa gaming kamu di komputer, tentunya kamu juga harus memperhatikan komponen lainnya selain yang satu ini.

RAM

Random-Access Memory atau biasa disingkat RAM adalah bagian paling penting ketiga dari komputer. RAM berfungsi menyimpan data secara tidak permanen, jadi data yang dibutuhkan dan diproses akan disimpan dalam sebuah storage yang akan langsung digunakan komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin besar juga informasi yang bisa langsung diproses, dan berarti semakin cepat juga komputer melakukan berbagai perintah yang diberikan.

Storage (Hard disk dan SSD)

Salah satu komponen yang kurang mendapat sorotan dari kebanyakan gamer. Padahal, spesifikasi hard disk dan SSD adalah salah satu faktor yang memegang peranan penting pada kinerja keseluruhan komputer kamu. Kapasitas storage dan umur penggunaan juga menjadi salah satu faktor utama dalam memilih komponen ini.

Power Supply

Semakin canggih komponen-komponen yang kamu gunakan, tentunya semakin besar juga daya yang dibutuhkan. Power supply, sesuai dengan namanya, akan menyuplai komputer kamu dengan daya yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu membeli komponen-komponen yang super canggih, tetapi power supply yang kamu miliki tidak kuat menyuplai daya yang dibutuhkan.

Casing
Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas
Bagian yang paling mudah dikenali dari bentuk fisiknya. Casing atau PC Case adalah bagian terluar dari komputermu. Banyak pengguna yang memilih case hanya dari tampilan visualnya saja, padahal banyak aspek yang juga harus diperhatikan dalam pemilihannya. Material yang digunakan, ruang kosong di dalam case untuk mendukung upgrade, pola sirkulasi udara, konektivitas dari tiap port yang tersedia, kemudahan membongkar pasang komponen, serta cable management yang baik adalah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih komponen ini.

Optical Drive

Komponen ini sebenarnya sudah tidak terlalu penting, apalagi jika kamu sudah tidak pernah membeli game secara fisik lagi. Apabila kamu masih rajin membeli DVD game atau memang hobi membeli CD musik untuk kamu salin ke dalam hard disk, optical drive jelas sangatlah penting. Walau begitu, kami tetap lebih merekomendasikan perangkat optik seperti DVD-RW daripada Blu-ray.

Di atas adalah panduan singkat soal komponen-komponen yang perlu kamu perhatikan ketika membangun sebuah PC gaming. Kami sengaja tidak memasukkan monitor, speaker, mouse, keyboard, dan perangkat tambahan lainnya karena memang benda-benda tersebut bisa dibahas di artikel terpisah.

Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita masuk ke bagian utama dari artikel ini, apalagi kalau bukan rekomendasi spesifikasi komputer gaming. Cek artikel di bawah ini untuk panduan lengkap yang kamu butuhkan.


Komputer Low-End


Berikut adalah beberapa spesifikasi komputer low-end rekomendasi kami. Spesifikasi yang kami rekomendasikan di bawah memiliki harga di bawah console game modern seperti PlayStation 4 dan Xbox One, namun tetap bisa memainkan game terbaru.

Tentunya kamu tidak bisa berharap game terbaru akan berjalan dengan pengaturan grafis rata kanan, tetapi setidaknya kamu bisa memainkan berbagai game baru tersebut dengan cukup lancar. Pada beberapa spesifikasi, kami memilih menggunakan prosesor dengan APU (Accelerated Processing Unit), untuk menekan biaya membeli kartu grafis (VGA).

Prosesor AMD Kaveri A6-7400K 3.5Ghz (Radeon R4 series): Rp780.000
Motherboard ASRock FM2A68M-DG3+: Rp705.000
RAM Kingston DDR3 2 GB PC12800 x2 (4 GB Dual Channel): Rp340.000
VGA Storage WDC 320 GB SATA2 8 MB: Rp260.000
CPU Cooler Stock Cooler: - 
Casing Cooler Master CMP 102C: Rp380.000
Power Supply FSP Hexa Plus H2-500 Watt: Rp670.000
Optical Drive LG DVDRW 24x SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp3.320.000

Prosesor AMD Kaveri A8-7600 3.1GHz (Radeon R7 series): Rp1.090.000
Motherboard ASRock FM2A68M-DG3+: Rp705.000
RAM Patriot DDR3 Signature Line Kit Series Dual Channel PC12800 4 GB: Rp314.000
VGA: -
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler: -
Casing Cooler Master CMP 102C: Rp380.000
Power Supply FSP Hexa Plus H2-500 Watt: Rp670.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp3.979.000
Prosesor Intel Core i3 2100 3.1Ghz Cache 3MB: Rp1.010.000
Motherboard ASRock H61M-VS4: Rp525.000
RAM Corsair DDR3 Vengeance Black PC12800 4 GB (2X2 GB): Rp430.000
VGA Sapphire Radeon R7 240 2 GB: Rp860.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler: - 
Casing CoolerMaster CMP102C: Rp380.000
Power Supply FSP Hexa Plus H2-500 Watt: Rp670.000
Optical Drive LG DVDRW 24X (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp4.695.000


Komputer Mid-End


Untuk spesifikasi mid-end, kamu bisa memainkan game terbaru dengan pengaturan di atas rata-rata. Kurang lebih kamu akan mendapatkan resolusi grafis 1080p dengan kecepatan rata-rata di atas 40 fps. Harga yang ditawarkan spesifikasi kelas mid-end cocok untuk kamu yang masih berminat untuk membeli console game sebagai pengiring koleksi mesin gaming kamu.

Prosesor AMD Vishera FX-4300 3.8Ghz Cache 4MB: Rp1.185.000
Motherboard ASUS M5A78L-M LE/USB3: Rp840.000
RAM Team Elite Plus DDR 3 PC 12800 Dual Channel 8 GB: Rp580.000
VGA XFX Radeon R7 360 2GB DDR5: Rp1.435.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler: -
Casing Thermaltake Versa N21: Rp660.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W: Rp730.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp6.250.000

Prosesor AMD Vishera FX 6300 3,5 Ghz: Rp1.370.000
Motherboard AsRock 970 Pro 3: Rp1.100.000
RAM Patriot DDR3 Viper 3 Series Dual Channel PC15000 8 GB CL9: Rp.681.000
VGA Zotac GeForce GTX 750Ti 2 GB: Rp1.545.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler: -
Casing Thermaltake Versa N21: Rp660.000
Power Supply Enermax NAXN 500W: Rp605.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp6.781.000

Prosesor Intel Core i3-6100: Rp1.450.000
Motherboard Gigabyte GA-H110M-DS2: Rp1.375.000
RAM Kingston HyperX Fury Black DDR4 2133 MHz Dual Channel 8 GB: Rp755.000
VGA Galax Geforce GTX 950 OC 2 GB DDR5: Rp.2.190.000
Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler: -
Casing Thermaltake Versa N21: Rp660.000
Power Supply Enermax NAXN 500W: Rp605.000
Optical Drive LG DVDRW 24X SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp7.855.000


Komputer High-End

Spesifikasi komputer berikut adalah untuk kamu yang memang menggilai kinerja maksimum dari tiap aplikasi dan game yang berjalan di komputermu. Kamu akan dapat bermain game dengan resolusi maksimum berkecepatan 60fps.

Tidak perlu khawatir dengan tampilan grafis, karena sebagian besar game akan tetap berjalan mulus walaupun dengan pengaturan grafis rata kanan. Pada kategori ini kami akan menggunakan SSD sebagai media penyimpanan utama, yang akan meningkatkan kinerja komputer kamu secara signifikan.

Prosesor AMD Vishera FX-8320E 3.2Ghz: Rp1.785.000
Motherboard ASRock 970 Pro3: Rp1.100.000
RAM Patriot DDR3 Viper 3 Series Dual Channel PC15000 8 GB CL9: Rp681.000
VGA HIS Radeon HD R9 270X IPOWER ICEQ X2 2 GB DDR5: Rp2.540.000
Primary Storage Samsung SSD 850 EVO 120 GB : Rp795.000
Secondary Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Stock Cooler: -
Casing Cooler Master HAF 912 COMBAT: Rp1.150.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W: Rp730.000
Optical Drive LG DVD RW 24X SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp9.476.000

Prosesor Intel Core i5-4460 3.2Ghz: Rp2.180.000
Motherboard GIGABYTE GA-H97M-D3H: Rp1.470.000
RAM Patriot DDR3 Viper 3 Series Dual Channel PC15000 8 GB CL9: Rp681.000
VGA Club Radeon R9 280X 3GB DDR5 384 Bit (Royal King): Rp2.800.000
Primary Storage Samsung SSD 850 EVO 120 GB: Rp795.000
Secondary Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Xigmatek Praeton LD964: Rp304.000
Casing Cooler Master HAF 912 COMBAT: Rp1.150.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W: Rp730.000
Optical Drive LG DVD RW 24x SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp10.745.000

Prosesor Intel Core i5-6500 3.2Ghz - Cache 6 MB: Rp2.663.000
Motherboard MSI Z170A PRO: Rp1.935.000
RAM Patriot DDR4 Viper 4 Xtreme Dual Channel PC19200 8 GB CL10 (2X4 GB): Rp654.000
VGA Inno 3D Geforce GTX 960 4 GB DDR5 OC: Rp3.160.000
Primary Storage Samsung SSD 850 EVO 120 GB: Rp795.000
Secondary Storage WD 1 TB SATA3 64 MB - Caviar Blue: Rp635.000
CPU Cooler Enermax ETS-T40F-TB: Rp495.000
Casing Cooler Master HAF 912 COMBAT: Rp1.150.000
Power Supply Thermaltake LitePower 650W: Rp730.000
Optical Drive LG DVD-RW 24x SATA (opsional): Rp185.000
TOTAL HARGA: Rp12.402.000

Demikian pemaparan cara mendapatkan PC gaming rakitan yang memiliki kualitas mumpuni untuk bermain game. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mendapatkan rakitan PC gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Selamat berbelanja dan bermain. 

loading...

Beri respon pada "Tips Membeli PC Gaming Rakitan Murah dan Berkualitas "

close