7 Cara Menghemat Kuota Internet Android

Keberadaan smartphone membuat telepon genggam tidak hanya difungsikan sebagai perangkat telepon. Internet jaman sekarang sudah menjadi hal yang sangat penting bagi tiap individu. Bahkan jika jaringan internet sedang gangguan, mood seseorang bisa menjadi berubah menjadi jelek. Pada saat yang sama, terintegrasinya internet dengan perangkat smartphone menjadi lahan bisnis baru bagi operator seluler. Sejumlah operator menawarkan paket-paket layanan data yang menarik. Semakin banyaknya kuota yang ditawarkan dan koneksi yang lebih cepat, semakin mahal pula harganya. Berharap agar operator seluler menggratiskan layanan data itu merupakan suatu hal yang mustahil. Di bawah ini akan diinfokan cara Menghemat Kuota Data di Android. 

Banyak sekali pengguna ponsel pintar mengeluhkan banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk pemakaian data. Meskipun masing-masing operator telah menyediakan paket-paket khusus untuk data yang dapat diperoleh dengan harga murah, namun ternyata masih banyak pengguna smartphone kurang cermat dalam memanfaatkan koneksi internet.

Berikut beberapa tips untuk diketahui tentang penggunaan data dan cara menyiasatinya ada lebih hemat seperti dilansir TP.

1. Matikan Update Otomatis

Ini yang biasanya tidak disadari para pengguna smartphone. Untuk penggunaan ponsel pertama kali (ponsel baru), biasanya smartphone akan mengakses update otomatis untuk update software maupun firmware. Besarnya file update ini bervariasi mulai dari 50MB hingga mencapai 500MB tergantung merek dan tipe ponsel Anda. Nah, bayangkan bila Anda membeli paket data hanya sebesar 300MB lalu tanpa disadari melakukan download update sebesar 500MB, paket data akan langsung habis.

Untuk menyiasatinya, buka pengaturan dan pilih pengaturan untuk download update hanya dilakukan menggunakan WiFi saja. Banyak tersedia WiFi gratis mulai dari sekolah, kampus atau tempat-tempat lainnya.

Selain itu, jika Anda biasa mengunduh aplikasi dari Google Play Store, maka smartphone Anda akan secara otomatis meng-update aplikasi yang terinstal. Update yang ditawarkan aplikasi tidak jarang memakan kuota yang cukup besar. Kondisi ini dapat membuat Anda menghambur-hamburkan kuota. Untuk mengatasi persoalan ini, Anda bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

7 Cara Untuk Menghemat Kuota Data di Android

2. Pilih Akses Konektifitas Rendah

Bila Anda tinggal didaerah yang jauh dari tempat tongkrongan yang menyediakan WiFi gratis, maka pemakaian paket data menjadi prioritas utama. Untuk itu, sebaiknya atur koneksi ke koneksi terendah. Maksudnya bila ponsel Anda mendukung 4G atau 3G maka sebaiknya tetap gunakan akses internet 2G saja. Ini tentunya menghemat pemakaian meskipun Anda akan mendapat akses yang lebih lambat namun Anda bisa tahu bila paket data akan habis.

7 Cara Untuk Menghemat Kuota Data di Android

3. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Wajar bila ponsel kini menyediakan beragam aplikasi yang selalu update seperti aplikasi email, update software dan lainnya. Sinkronisasi otomatis ini tentunya memaksa ponsel untuk terus menerus menggunakan akses internet. Anda bisa mengatur sinkronisasi manual atau update dalam rentang waktu yang cukup lama semisal 3 jam.

Salah satu tips agar Anda dapat menghemat kuota data adalah dengan menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak Anda pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

4. Hindari Voice Call atau Video Call

Salah satu kelebihan yang ditawarkan dari smartphone adalah banyaknya aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menelpon orang yang berada di jauh sana dengan menggunakan layanan voice call atau video call yang berbasis layanan data. Beberapa aplikasi meesenger menyediakan layanan voice call atau video call. Sebut saja Skype, BBM, Line atau Whatsapp misalnya. Terlihat menarik sih, tapi tentunya aplikasi ini membutuhkan koneksi internet yang besar. Bila komunikasi bisa dilakukan dengan pesan teks, maka itu lebih baik ketimbang voice call ataupun video call. Intinya, bijaklah dengan menggunakan voice call. Lebih baik jika voice call digunakan ketika Anda sedang terkoneksi dengan jaringan WiFi.

7 Cara Untuk Menghemat Kuota Data di Android

5. Jauhi Upload Foto atau Video Secara Otomatis

Foto dan video yang Anda ambil bisa tersimpan secara otomatis di cloud dan dapat diambil kapanpun tanpa khawatir dengan isi storage ponsel. Buat pengguna Android, fitur ini pasti sangat menggiurkan. Sebab dengan upload foto dan video otomatis, saat Anda berganti ponsel, semua foto dan video tersebut dapat didownload kembali. Tapi resikonya, akses internet yang besar menjadi kewajiban

6. Hindari Game Online atau Video Streaming

Game online kini juga menjadi trend yang tidak bisa dihindari. Game online bahkan memungkinkan Anda bertanding dengan orang lain dari antah berantah secara ril time. Kalau sekedar mencoba sih gak apa-apa. Tapi tentunya akses internet yang dibutuhkan sangat besar. Demikian juga menonton video streaming seperti YouTube misalnya. Menonton streaming tentunya membutuhkan akses internet yang besar.

Tetapi jika Anda merupakan gamer addict, tak ada salahnya untuk sering-sering bermain game online. Agar Anda dapat lebih menghemat penggunaan layanan datanya, maka tidak ada salahnya untuk menonaktifkan layanan data aplikasi chat atau medsos.

7. Utamakan WiFi

Yang terakhir, utamakan WiFi. Atur pengaturan menjadi mengutamakan WiFi baik untuk download software atau update firmware. Jangan hilangkan notifikasi pengingat yang memberitahukan Anda bahwa Anda akan menggunakan paket data. Notifikasi pengingat ini sangat penting. Bisa juga Anda hanya mengaktifkan ‘paket data’ saat diperlukan dan bukan selalu mengaktifkannya. Meskipun ini membutuhkan kedisiplinan, sebab biasanya setelah mengaktifkan paket data kita terlupa menonaktifkannya. Dengan menggunakan WiFi juga dapat menghemat daya baterai yang terpakai. 

Demikian tips untuk menghemat kuota Anda . Semoga dapat bermanfaat dan dapat membuat Anda menghemat uang karena tidak keseringan membeli pulsa lantaran kuota Anda habis. Bijaklah menggunakan kuota data. Jangan sampai kuota data Anda terbuang percuma. 

loading...

Beri respon pada "7 Cara Menghemat Kuota Internet Android"

close