8 Layanan Streaming Musik Indonesia



Saat bersantai, saat yang tepat untuk mendengar musik. Dengan perkembangan teknologi, kita semakin dimudahkan untuk mendengarkan musik kapanpun dan dimanapun. Jika dulu kita bisa mendengarkan lagu dari perangkat MP3 Player, kini dengan adanya smartphone kita juga bisa mendengarkan musik favorit. Dengan adanya koneksi internet, bahkan kita tidak perlu lagi menyimpan file lagu di memori smartphone karena bisa mendengarkan musik secara streaming. Di Indonesia, tersedia beberapa alternatif layanan musik streaming.

Kehadiran Spotify secara resmi di Indonesia, Rabu (30/3/2016), menambah panjang deretan layanan streaming musik yang telah hadir di Tanah Air.

Beberapa dari layanan tersebut hadir secara mandiri, tetapi ada juga yang menggandeng operator seluler tertentu.


Semua aplikasi tersebut menyediakan musik secara cuma-cuma, meski dengan beberapa batasan. Untuk menikmati semua fitur seutuhnya, pengguna diharuskan untuk membayar sejumlah uang tertentu.

Berikut delapan layanan streaming musik, termasuk Spotify, yang telah hadir di Indonesia yang dikutip dari KPT

1. Guvera

Aplikasi streaming musik asal Australia ini diklaim memiliki koleksi lebih dari 30 juta lagu, baik dari pemusik Indonesia maupun internasional.

Lagu-lagu yang ada di Guvera bisa juga didengarkan secara offline, asalkan pengguna membayar sejumlah uang tertentu untuk berlangganan.

Guvera menawarkan metode pembayaran menggunakan kartu kredit dan online payment Doku Wallet. Pelanggan operator XL Axiata juga bisa berlangganan Guvera dengan cara potong pulsa.

Biaya berlangganan layanan ini sebesar Rp 20.000 per minggu dan Rp 55.000 per bulannya. Bisa juga membayar biaya tahunan sebesar Rp 547.800.

Aplikasi ini sendiri hadir di Android, iOS, Windows Phone 10, dan PC.

2. Joox

Layanan yang satu ini digarap oleh Tencent, raksasa internet asal China. Perusahaan ini juga berada di balik layanan chatting populer WeChat.

Untuk menembus pasar Indonesia yang sudah mulai ramai dengan aplikasi streaming musik lain, Joox mengandalkan sebuah tim editor musik asli Indonesia.

Sama dengan aplikasi streaming lainnya, pengguna bisa membayar untuk menikmati semua fitur yang ada, seperti mengunduh musik dan menikmati semua lagu yang ada.

Layanan VIP Joox bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 25.000 per minggu, Rp 49.000 per bulan, hingga Rp 509.000 per tahun.

Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan PC.

3. Ohdio

Ini merupakan situs radio online yang memutar 100 persen lagu Indonesia. Sayangnya, pengguna, sayangnya, tidak bisa mengunduh musik yang ada di situs tersebut. Selain itu, ada juga beberapa playlist yang bisa didengarkan.

Layanan ini tersedia secara gratis. Hanya, pengguna tidak bisa memilih lagu yang ingin didengar. Pengguna akan mendengarkan musik yang disajikan langsung oleh pihak Ohdio.

Aplikasi ini tersedia di PC. Aplikasi versi beta-nya tersedia di Android.

4. MelOn

Layanan yang satu ini buatan perusahaan gabungan atau joint venture antara PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan SK Telecom Korea. Musik yang tersedia berasal dari Indonesia dan luar negeri.

Melalui situs tersebut, pengguna dapat mengunduh file musik sesukanya dengan cara berlangganan.

Biaya berlangganan MelOn mulai dari Rp 3.000 per hari, Rp 15.000 per minggu, dan Rp 50.000 per bulan.

Layanan ini bisa diakses melalui PC, Android, iOS, dan BlackBerry.

5. Langit Musik

Ini merupakan layanan musik dari Telkomsel, yang bekerja sama dengan MelOn.

Bedanya dengan MelOn, layanan berlangganan Langit Musik hanya tersedia bagi pengguna operator Telkomsel. Jika tidak berlangganan Telkomsel, pengguna hanya bisa menikmati beberapa musik tertentu.

Harga berlangganan layanan ini cukup murah, yakni Rp 3.300 per minggu dan Rp 11.000 per bulan dengan cara potong pulsa.

Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan BlackBerry.

6. Apple Music

Aplikasi streaming musik yang satu ini dikerjakan langsung oleh Apple. Ia memanfaatkan koleksi iTunes.

Selain mendengar berbagai lagu secara gratis, pengguna juga bisa menikmati live radio yang dibawakan langsung oleh beberapa DJ ternama.

Biaya berlangganan Apple Music adalah Rp 69.000 per bulan atau Rp 109.000 untuk beberapa anggota keluarga.

Aplikasi ini bisa dinikmati di Android dan iOS.

7. Deezer

Aplikasi buatan Perancis ini sudah cukup lama hadir di Indonesia, yakni sejak 2012 lalu.

Musik-musik yang ada di aplikasi ini bakal tersedia secara gratis untuk satu bulan pertama. Berikutnya, lagu gratis hanya bisa diputar sepanjang 2 jam setiap harinya. Untuk menikmati semua lagu tanpa batas, pelanggan harus berlangganan.

Hanya ada satu skema berlangganan layanan ini, yakni per satu bulan dengan harga Rp 79.000.

Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, BlackBerry, dan PC.

8. Spotify

Aplikasi streaming musik teranyar di Indonesia. Ia baru resmi dirilis pada Rabu (30/3/2016) ini.

Pengguna di Indonesia kini bisa mengunduh aplikasi Spotify di berbagai gadget, seperti perangkat Android dan iOS, lalu di komputer desktop, dan Playstation. Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan langsung melalui halaman web streaming-nya.

Spotify bisa digunakan secara gratis dengan batasan tertentu. Untuk layanan penuh, Spotify versi premium bisa didapatkan dengan biaya sebesar Rp 49.990 per bulan.

Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan PC.

Demikian ulasan beberapa layanan musik streaming dengan segala keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi referensi buat Anda menemukan layanan streaming musik yang cocok dengan diri Anda. Selamat mencobanya. 


Next Post Previous Post