Cara Mengatasi Google Play Error

Sistem operasi besutan Google, Android terus menguasai pasar. Sebagai penguasa pasar smartphone, pangsa pasar Android terus mengalami peningkatan. Pangsa pasar Android di AS, Eropa dan Tiongkok pada kuartal pertama 2016 naik 7,3 persen menjadi 65,6 persen. Sementara di 5 negara Eropa - Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Spanyol -- pangsa pasar Android naik 7,1 persen menjadi 75,6 persen. Di Tiongkok, pangsa pasar Android naik 5,9 persen menjadi 77 persen. Begitu pula di Indonesia, smartphone Android membanjiri pasar gadget.

Cara Mengatasi Google Play Store Error

Android, salah satu platform yang digunakan oleh sejuta pengguna smartphone di dunia. Dalam platform ini tak pelak pengguna disuguhkan oleh beberapa masalah, salah satunya tak bekerjanya layanan Play Store Anda.

Play Store sendiri menjadi segmen penting dalam sebuah smartphone android. Dari sini, Anda bisa mengunduh beragam aplikasi secara resmi. Bagaimana jadinya jika layanan itu malah tak bisa dibuka atau tidak bekerja?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan layanan Google Play Store. Berikut ini bagaimana cara memulihkan Google Play Store yang tak bisa bekerja, seperti dilansir OZ

Clear Cache Google Play Store

Dalam banyak kasus, mengosongkan cache Play Store bisa berhasil untuk memulihkan Google Play Store. Cache merupakan tempat penyimpanan sementara menyimpan data, sehingga bisa diperoleh tanpa perlu reload. Cara mengosongkan cache ialah dengan pergi ke Setting > Apps. Tap All? Google Play Store kemudian tap tombol clear cache.

Bersihkan Data Play Store

Menghapus data Anda dari Play Store ini mirip dengan tips pertama. Ini menempatkan aplikasi kembali ke titik dan menghilangkan informasi yang tersimpan. Cara untuk menghapus adalah Setting > Apps. Tap All? Google Play Store kemudian tap tombol clear data.

Clear Data dan Cache di Google Play Service

Jika Play Store diidentikkan dengan hati perangkat Android, maka Google Play Service diibaratkan sebagai jiwa perangkat Anda. Play Service merupakan proses background misterius yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian berbeda dari perangkat Anda, selain itu juga memungkinkan untuk melakukan sinkronisasi, mengirimkan push notifikasi dan sebagainya. Untuk melakukannya dengan pergi ke Settings > Apps > All > Google Play services kemudian tap tombol Clear cache. Jika gagal memecahkan masalah, kembali ke laman sebelumnya dan tap tombol clear data.

Install Versi Terbaru Google Play Service

Salah satu langkah lain yang mungkin bisa membantu memulihkan Google Play Anda ialah dengan download dan install versi teranyar Google Play Service.

Reset Akun Google Anda

Jika cara yang telah disebutkan tak bekerja, maka gunakan cara yang lebih dramatik yakni dengan me-remove akun sebagai penyegaran akun Google Anda. Setelah itu, tambahkan kembali akun Anda. Untuk melakukan hal ini caranya, Anda hanya perlu pergi ke Setting > Account kemudian tap Google. Setelah itu, tap akun Google yang ingin dihapus, setelah itu tap ikon menu di bagian atas dan tap remove.

Sementara untuk kembali menambakan akun Google, maka Anda cukup pergi ke Setting > Account > Tambahkan Akun > Google dan ikuti langkah di layar untuk menambahkan kembali akun Anda.

Barangkali Anda pernah mengalami error saat akan memasang aplikasi dari Google Play Store. Cara-cara di atas bisa menjadi solusinya. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya. 

loading...

Beri respon pada "Cara Mengatasi Google Play Error"

close