Cara Agar Sinyal 4G Bisa Stabil



Salah satu penyebab utama dibalik lambatnya koneksi internet adalah dikarenakan sinyal yang diterima ponsel tidak dalam kondisi yang baik alias tidak stabil. Sinyal sering putus-nyambung menyebabkan koneksi internet di smartphone Anda tidak bisa berjalan secara normal sehingga cenderung mengalami lemot.

4G adalah tipe jaringan generasi keempat yang memiliki tingkat kecepatan jauh lebih baik katimbang generasi sebelumnya, yakni 3G. Cover dan stabilitas jaringan 4G LTE yang baik akan memastikan smartphone Anda dapat digunakan untuk browsing atau download aplikasi maupun file tertentu secara lebih cepat tanpa adanya kendala berarti.

Penyebab sinyal 4G lemah cukup beragam. Adapun dua penyebab utamanya adalah kondisi cuaca, dan lokasi pengguna. Jika lokasi pengguna jauh dari BTS, maka dapat dipastikan sinyal yang ditangkap ponsel tidak dalam konsisi optimal. Selain itu, faktor cuaca juga akan ikut memberi andil. Cuaca yang sedang buruk dapat menyebabkan gangguan jaringan yang cukup mengganggu.

Agar sinyal 4G di HP bisa stabil ada sejumlah kiat yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah dengan melakukan pengaturan pada pilihan jaringan. Anda dapat mencoba membuat sinyal 4G stabil dengan memilih opsi jaringan 4G only (hanya menangkap jaringan 4G). Bagaimana cara mengatur jaringan hanya di 4G? Berikut ini dijelaskan cara melakukan pengaturan tersebut.

Cara Setting Jaringan Hanya di 4G


Silakan tekan short code melalui menu panggilan: *#*#4636#*#*

Cara Agar Sinyal 4G Bisa Stabil

Pilih “Phone information” atau “Informasi ponsel”.

Selanjutnya akan muncul pengaturan opsi jaringan.

Cara Setting Sinyal 4G Bisa Stabil

Pilihlah opsi “LTE Only” atau “4G Only”.

Ponsel Anda akan me-referesh jaringan dalam beberapa detik.

Cek indikator sinyal, jika area tempat Anda tinggal memang tercover jaringan 4G, maka sinyal 4G seharunya sudah muncul.

Nah demikianlah cara mudah untuk setting jaringan hanya di 4G pada smartphone Android. Semoga informasi ini berguna bagi Anda, khususnya bagi kalian yang selama ini terkendala pada stabilitas jaringan.


Next Post Previous Post