Tips Memilih MicroSD Yang Bagus Untuk Smartphone

Perangkat smartphone saat ini semakin diminati. Sudah banyak pengguna feature phone yang kini beralih menggunakan smartphone. Pasalnya dengan menggunakan smartphone, mereka seakan menemukan kemudahan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mereka. Smartphone bisa digunakan sebagai perangkat fotografi, mendengarkan musik, menonton video, dan lain sebagainya. 

Untuk menyimpan berbagai macam file, setiap perangkat smartphone pasti dibekali memori internal. Tiap smartphone dibekali dengan memori internal berkapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, hingga 128 GB. Selain digunakan untuk menyimpan file-file yang kita miliki, memori internal juga berfungsi untuk menyimpan file-file system. Jadi, memori internal biasanya dibagi menjadi dua yakni untuk menyimpan file-file operasional sistem dan ruang penyimpanan sisanya untuk menyimpan file-file yang jika pengguna tidak menggunakan memori eksternal berupa microSD. Sehingga Anda tidak perlu kaget jika suatu saat Anda mengecek memori internal pada smartphone Anda tidak sesuai dengan informasi spesifikasinya. 

Misalnya pada informasi spesifikasinya disebutkan bahwa smartphone tersebut memiliki memori internal 16 GB, namun yang tersedia ternyata hanya 13 GB. Tidak perlu heran, karena 3 GB sisanya digunakan oleh sistem. Besaran memori internal yang digunakan oleh sistem untuk tiap smartphone-nya bisa saja berbeda, bergantung pada kelengkapan dari sistem yang disiapkan oleh vendor smartphone. 

Hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai membuat memori internal Anda penuh terisi file. Karena jika hal itu Anda lakukan, maka siap-siap aja smartphone kesayangan Anda jadi lemot performanya. Oleh sebab itu, sebagian vendor smartphone menyediakan slot pada smartphone buatan mereka untuk memasang memori eksternal berupa microSD. Jadi memori internal digunakan hanya untuk menyimpan file sistem dan file-file dari aplikasi yang diinstal pada smartphone, sedangkan memori eksternal digunakan untuk menyimpan file-file lainnya seperti file musik, video, foto, maupun dokumen. 

Tips Memilih MicroSD

Tetapi pada saat yang sama, tidak semua semua vendor ponsel Android merilis smartphone dengan dukungan slot micro SD. Padahal, minat pengguna Android akan adanya slot ini cukup tinggi.

Meski begitu, sebenarnya perlu diketahui bahwa performa micro SD sangat bergantung pada kelas dan kecepatan, serta kemampuan smartphone Anda.

Lalu, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sebuah kartu micro SD untuk smartphone?

Berdasarkan sejumlah tips yang dikutip dari TL6 ini yang harus Anda perhatikan saat memilih micro SD.


1. Pastikan perangkat mendukung kartu MicroSD


Sayangnya, tak semua smartphone memiliki dukungan ke slot micro SD, dan justru menyebut vendor telah memberikan ruang penyimpanan internal berkapasitas besar.

Oleh karenanya, pastikan smartphone Android Anda memiliki dukungan slot micro SD agar bisa memperluas ruang penyimpanan internal. Smartphone Bagi smartphone yang memiliki dukungan slot microSD juga memiliki 2 jenis yakni slot microSD yang menggunakan slot SIM 2 dan slot microSD yang disediakan secara terpisah dari slot SIM 2. 


2. Perbedaan SDHC dan Micro SDXC


Saat membeli kartu micro SD, pastikan Anda mengetahui perbedaan antara SDHC dengan SDXC. Perbedaannya terletak pada jumlah data yang bisa disimpan oleh keduanya.

SDHC atau secure digital high capacity bisa menyimpan hingga 32GB sedangkan SDXC (secure digital extended capacity) mampu menampung data mulai 64GB dan di atasnya.
Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tak mendukung kartu micro SDXC. Sehingga, penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu SDXC.

3. Arti Class pada sebuah kartu Micro SD


Kartu micro SD hadir dalam beberapa kelas atau class, misalnya 2, 4, 5, dan 10. Apa artinya? Rupanya, class menunjukkan tingkat minimum di mana kartu ini bisa mempertahankan transfer data.
Singkat kata, untuk Class 2, artinya micro SD bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2Mbps. Sedangkan Class 10 bisa membaca dan menulis data pada 10Mbps. Kecepatan transfer data dari suatu microSD akan mempengaruhi performa smartphone. Semakin cepat kemampuan transfer data dari suatu microSD, maka semakin cepat pula performa smartphone-nya. Begitu juga sebaliknya. Jadi lebih baik, pilihlah microSD kelas 10. 


4. Maksud UHS Pada Kartu Micro SD


Sejak 2009, kartu micro SD tertentu kompatibel pada UHS-1 atau UHS-4. Secara teori, USH bisa dibilang kecepatan transfer data mencapai 312Mbps.

Saat ini, belum ada smartphone yang mendukung standar UHS. Karenanya, kecepatannya sangat berbeda dengan kecepatan kartu micro SD yang ada saat ini.

5. Micro SD yang lebih baik bisa mempercepat kinerja smartphone


Pertanyaan utama yang diajukan dalam memilih micro SD adalah, apakah semakin baik kartu micro SD akan meningkatkan kinerja smartphone? Jawabannya 'iya'.

Jika Anda menyimpan aplikasi dan foto pada kartu micro SD, maka micro SD yang memiliki kecepatan lebih tinggi bakal menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data saat mentransfer file, serta menyimpan aplikasi lebih cepat.

Sedangkan jika membuka aplikasi yang ada di memori internal smartphone pasti akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat.

Jadi, sudah siap untuk memilih kartu micro SD sesuai dengan kebutuhan Anda?

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan microSD yang berkualitas dan bisa membuat performa smartphone kesayangan Anda semakin ciamik. Jangan sampai salah memilih microSD. Perbanyak referensi dan jangan tergesa-gesa dalam membeli microSD. Jangan tergoda dengan janji garansi seumur hidup dari sebuah microSD. Percuma saja jika microSD yang Anda miliki diberikan garansi seumur hidup tetap microSD yang Anda gunakan justru membuat kinerja smartphone Anda semakin lemot. 

Beri respon pada "Tips Memilih MicroSD Yang Bagus Untuk Smartphone"

close