8 Aplikasi Pelindung Mata Dari Radiasi Layar Smartphone

loading...
Kenyamanan dalam melihat tampilan pada layar smartphone dipengaruhi oleh beberapa hal. Selain dipengaruhi keterawatan layarnya dari goresan atau kotoran juga keterjagaan mata dari terkena radiasi layar smartphone. Bahkan untuk menghadirkan kenyamanan tersebut, vendor lokal Advan menghadirkan produk tablet yang khusus dibekali dengan teknologi yang dapat menjaga mata dari efek radiasi layar smartphone. Advan meluncurkan tablet Advan i7 yang dilengkapi teknologi Eye Protection berupa teknologi nano optical film pertama pada tablet. Fungsinya untuk melindungi kesehatan mata dari bahaya radiasi efek dari sinar biru (blue light).

Radiasi layar smartphone memiliki dampak yang buruk. Misalnya membuat mata lebih cepat lelah hingga dampak yang paling berbahaya, yaitu merusak mata. Menghindari smartphone menjadi hal yang sulit, mengingat perangkat ini telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi ternyata, tidak perlu harus membeli produk Advan i7 untuk sekedar menjaga mata dari radiasi. Karena semua perangkat smartphone atau tablet juga bisa memungkinkan untuk tidak mengganggu mata karena efek radiasinya. Beberapa developer Android membuat aplikasi untuk mengurangi radiasi blue light yang dipancarkan layar smartphone. Aplikasi ini akan membuat layar terlihat lebih gelap. Efeknya mata menjadi lebih “adem” jika harus melihat layar dalam jangka waktu yang lama.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari aplikasi semacam ini, kamu bisa melirik daftar berikut seperti dikutip dari TIA.

Precious Eyes

Aplikasi Pelindung Mata
Precious Eyes menawarkan beragam jenis perlindungan mata dari blue light. Total ada delapan macam mode perlindungan yang bisa kamu coba, yaitu Blue Light Cut, Work, Cure, Angry, Sleep, Eat, Toilet, dan Sunshine.

Setiap mode memiliki keunggulan tersendiri, misalnya Cure yang membantu mengistirahatkan mata lelah, atau Work yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan mata. Aplikasi ini juga memiliki fitur Quick App di Notification Bar, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses Precious Eyes dengan lebih cepat.

Precious Eyes juga menawarkan versi pro seharga Rp34 ribuan. Pengguna versi pro akan mendapatkan keuntungan seperti bebas iklan dan penggunaan memori yang lebih rendah.

Bluelight Eyecare

Aplikasi Pelindung Mata
Pengguna Bluelight Eyecare dapat mengatur tingkat opasitas, kecerahan, dan warna. Fitur yang paling unik di aplikasi ini adalah Optimize yang mampu membuat baterai bertahan lebih lama. Sebuah fitur yang tidak diduga ada di aplikasi semacam ini.

Night Owl

Aplikasi Pelindung Mata
Night Owl merupakan aplikasi yang unik. Selain fitur utama yang berguna untuk mengurangi blue light, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang tidak ada hubungannya dengan perlindungan mata dari radiasi, seperti Flashlight, Light Effect, dan Story.

Dari ketiga fitur tersebut, yang paling tidak ada hubungannya yaitu Story. Adanya fitur ini membuat Night Owl berfungsi seperti media sosial. Pasalnya, kamu dapat update status berupa teks ataupun foto, dan pengguna lain bisa memberikan komentar ataupun like ke status yang kamu buat.

Night Owl juga menawarkan aplikasi versi penuh seharga Rp35 ribuan. Pengguna versi penuh dapat menggunakan fitur-fitur khusus dan tidak terganggu oleh iklan pop-up.

Bluelight Filter

Aplikasi Pelindung Mata
Bluelight Filter tidak memiliki fitur “wah” seperti Bluelight Eyecare ataupun Precious Eye. Aplikasi ini hanya menawarkan fitur untuk mengurangi radiasi blue light dari layar smartphone. Pengguna bisa mengatur tinggi rendahnya filter, warna filter, dan ikon di status bar.

Eye Protector

Aplikasi Pelindung Mata
Aplikasi ini terbilang sederhana. Tampilannya juga biasa-biasa saja. Sama seperti Bluelight Filter, kamu bisa mengatur level filter, warna filter, dan notifikasi di status bar. Eye Protector juga memberikan pilihan agar aplikasi  menyala otomatis setelah kamu restart smartphone.

Night Owl

Aplikasi Pelindung Mata
Ya, aplikasi ini memiliki nama yang sama dengan aplikasi Night Owl sebelumnya. Meski namanya sama, fitur yang ditawarkan berbeda. Pengguna bisa menemukan fitur Automatic Start dan Automatic Stop yang berguna mengaktifkan perlindungan mata dari blue light kapanpun sesuai keinginanmu.

Night Owl juga menawarkan pengaturan Advanced Filtering. Melalui menu ini, kamu bisa mengatur tingkat RGB dari filter. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bahasa, meski sayangnya belum ada pilihan bahasa Indonesia.

Bluelight Filter for Eye Care

8 Aplikasi Pelindung Mata Dari Radiasi Smartphone
Kelebihan dari aplikasi ini yaitu adanya shortcut untuk mengakses filter secara satuan. Pengguna cukup tap shortcut tadi, misalnya 55 persen atau 80 persen, untuk mengatur level filter. Lebih cepat dan simpel. Namun fitur ini tidak tersedia cuma-cuma.

Ada dua cara untuk mendapatkannya, yaitu membeli dengan koin atau membeli lisensi seharga Rp7 ribu. Koin bisa didapatkan ketika pengguna mengunduh aplikasi yang direkomendasikan oleh Bluelight Filter for Eye Care.

Eye Filter

8 Aplikasi Pelindung Mata Dari Radiasi Smartphone
Eye Filter memiliki fitur yang lumayan banyak dan menarik. Beberapa di antaranya bahkan tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis, misalnya fitur Shake Wake yang berguna untuk menonaktifkan filter dengan menggoyang smartphone.

Ada juga fitur Quick On yang berguna untuk memunculkan tombol Quick Buttons di status bar. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan filter kapanpun, tanpa harus membuka aplikasi. Eye Filter juga memiliki fitur alarm yang berguna untuk penjadwalan filter secara otomatis.

Bagi kamu yang mencari aplikasi untuk mengurangi radiasi layar smartphone yang bagus, kamu bisa mencoba Eye Filter. Selain kaya akan fitur, aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan bebas dari iklan.

Demikian tadi uraian mengenai aplikasi yang dapat mengurangi radiasi blue light layar smartphone yang dapat membahayakan bagi mata. Semoga tulisan ini bermanfaat Anda dan mengurangi efek radiasi yang dipancarkan layar smartphone. 

loading...

Beri respon pada "8 Aplikasi Pelindung Mata Dari Radiasi Layar Smartphone"