Trik Agar GPS Android Lebih Akurat

Berbicara mengenai perangkat pintar yang dapat melakukan banyak hal hanya dengan satu perangkat saja, maka smartphone menjadi salah satu nya. Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi, smartphone ini juga dapat difungsikan sebagai perangkat kamera, perangkat untuk mendengar musik atau melihat video, bahkan dapat digunakan untuk berjualan. Fungsi lain yang biasa digunakan oleh pengguna smartphone yakni sebagai perangkat penunjuk arah. Hal ini lantaran smartphone telah dibekali fitur GPS. Dengan fitur GPS pada smartphone, penggunanya bisa share lokasi dirinya di media sosial atau mencari jalan agar tidak tersesat.  Misalnya Anda sedang ingin menuju ke suatu tempat tetapi Anda tidak mengetahui pasti jalannya, maka bisa menggunakan fitur GPS melalui aplikasi maps yang tersedia pada perangkat smartphone untuk mencari jalan yang tepat. Atau bisa juga ketika Anda sedang bepergian tiba-tiba di depan Anda terjadi kemacetan yang luar biasa. Dengan adanya GPS, Anda bisa mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan. 

Untuk mendukung kebutuhan itu, Google pun menyematkan aplikasi Google Maps pada perangkat smartphone Android. Selain itu, pengguna smartphone juga bisa mengunduh aplikasi maps lainnya seperti misalnya Aplikasi Waze.
Trik Membuat GPS Android Lebih Akurat

GPS juga dapat difungsikan sebagai pelacak. Dengan GPS, orang lain bisa melacak lokasi pengguna smartphone atau pun pengguna smartphone dapat melacak keberadaan smartphone-nya yang hilang.

Namun sayangnya terkadang GPS yang ada pada smartphone Android kurang begitu akurat, sehingga menyulitkan kita untuk menentukan lokasi. Melalui tulisan singkat ini akan kami berikan cara untuk meningkatkan akurasi GPS di Android tanpa aplikasi tambahan seperti dilansir JT. Semua pengguna smartphone Android bisa mencoba cara-cara di bawah ini sehingga Anda tidak perlu khawatir apakah Anda bisa mencoba aplikasi ini atau tidak. 

Yang pertama kali perlu Anda lakukan tentunya membuka smartphone Android dan nyalakan layanan datanya.
1. Masuk ke menu Setting lalu pilih Location
Trik Membuat GPS Android Lebih Akurat

2. Aktifkan GPS-nya dan ubah modenya ke High Accuracy. Mode High Accuracy akan meningkatkan keakuratan GPS dengan mengandalkan jaringan seluler, sinyal WiFi dan GPS yang ada di Android.
3. Tambahan: Buka Google Location History dan aktifkan Location History.
Trik Membuat GPS Android Lebih Akurat

4. Location History akan menampilkan seluruh lokasi yang pernah dikunjungi smartphone kamu. Hal ini perlu dilakukan agar pada saat Android hilang, dapat dengan mudah menemukannya.

Menjadikan mode ke high accuracy memang berbeda dengan mode hemat baterai. Dengan membuatnya menjadi mode akurasi tinggi maka akan membuat daya baterai akan terkuras. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena itu akan terjadi ketika Anda membuka aplikasi Maps untuk waktu yang lama. Tetapi jika menggunakan aplikasi Maps untuk sesaat, maka hal itu tidak akan menguras baterai. Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas, saya sarankan untuk melakukan restart terlebih dahulu pada smartphone Anda. 

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa membuat GPS smartphone Anda lebih akurat lagi dengan menginstal aplikasi tertentu yang dapat membuat GPS menjadi lebih akurat. 

Aplikasi pertama yang dapat diunduh yakni GPS Essentials. Pada menu aplikasi ini pilih Satelite, tetapi sebelumnya Anda sudah menyalakan GPS dengan mode High Accuracy.

Aplikasi ini akan langsung mendeteksi keberadaan satelit yang terdekat dengan Anda untuk memperbaiki akurasi GPS smartphone Anda. Bila ternyata semua satelit berwarna abu-abu, berarti belum ada satelit yang bisa digunakan untuk memperbaiki. Anda juga bisa menggunakan aplikasi GPS Status. 
Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat GPS pada smartphone Android kesayangan Anda lebih akurat lagi dalam menunjuk suatu lokasi. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya.


Beri respon pada "Trik Agar GPS Android Lebih Akurat"