Tips Memilih HP Android Gaming

Bermain game merupakan hobi bagi kebanyakan orang. Peminat game tidak terbatas pada umur dan profesi. Bermain game tidak hanya diminati oleh anak-anak, orang dewasa pun banyak yang masih menyukai bermain game. Hal ini lantaran game memiliki sifat universal.

Jika dahulu bermain game hanya bisa menggunakan perangkat komputer atau notebook, kini dengan adanya smartphone kita bisa bermain game dengan menggunakan smartphone dimana saja dan kapan saja. Dulu kita tidak bisa bermain game ketika sedang dalam perjalanan. Tetapi kini dengan adanya smartphone, saat kita sedang di kendaraan umum sekalipun kita masih bisa bermain game.

Ada beberapa macam game yang tersedia di perangkat smartphone. Ada game yang cukup ringan grafiknya dan ada game yang cukup berat. Untuk memainkan game yang berat, tentu dibutuhkan perangkat smartphone yang memiliki dapur pacu yang siap untuk melibas aktivitas-aktivitas berat.

HP Android Gaming

Mungkin banyak yang bertanya gadget apa yang kira-kira pantas untuk bermain games di Android dengan harga yang tidak terlalu mahal. Memang kalau mau gampang, beli saja gadget dengan harga yang cukup mahal dan masalah selesai. Namun tidak semua orang mampu/rela membelinya sementara hasrat untuk bermain game begitu kuat dan di sinilah masalah muncul.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami ingin berbagi sedikit tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih gadget Android untuk keperluan game yang dikutip dari sebuah sumber. Selain model yang kiranya cocok untuk kamu, kekuatan processor, besar RAM, dan terutama GPU harus menjadi pertimbangan yang cukup matang sebelum menjatuhkan pilihan. Tapi mari kita lihat dulu bagian dari gadget yang berperan dalam gaming.

Processor

HP Android Gaming

Untuk ukuran gamer, processor bisa dibilang bukan jantung dari sebuah gadget. Tapi bukan berarti processor tidak berguna, processor tetap kamu butuhkan untuk menjalankan operating system dan menangani berbagai proses yang tidak di tangani oleh GPU seperti pengolahan suara dan request data khususnya untuk game yang membutuhkan koneksi internet. Sebagai aturan umumnya sebuah CPU dual core 1Ghz -1,5Ghz sudah cukup menjalani game 3D terbaru dengan nyaman.

Memory


HP Android Gaming

Memory adalah tempat dimana game kamu akan disimpan sementara untuk diakses oleh processor dan GPU. Mengapa tidak langsung mengakses hard drive? Well, karena kecepatan memory jauh lebih cepat dibanding dengan kecepatan hard drive. Memory yang kecil menyebabkan game tidak dapat di load sepenuhnya dan ini terkadang menyebabkan crash. Memory yang lebih besar tidak berarti game-nya akan semakin lancar, yang kamu perlukan hanyalah jumlah yang tepat sehingga game tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Banyak pengguna yang masih bingung dengan memory dan storage sehingga saya akan jelaskan sedikit. Storage di gadget kamu berguna untuk menyimpan data secara permanen walaupun handphone dimatikan. Biasanya ukuran storage berkisar 8GB – 64GB untuk handphone kelas atas. Storage penuh tidak berkaitan langsung dengan performa game, tapi sebaiknya tetap sisakan beberapa ratus MB supaya OS dapat berjalan dengan lancar.

Katakanlah sebuah game 3D membutuhkan 180MB dari kapasitas memory dan gadget kamu mempunyai 512 MB memory, secara di atas kertas harusnya game itu berjalan lancar. Tapi yang harus kamu ingat adalah operating system Android juga membutuhkan setidaknya 200-300 MB dan belum lagi aplikasi yang berjalan di background seperti YM, Facebook dan lain lain yang juga membutuhkan memory. Sehingga mungkin ujung-ujungnya kamu tidak mempunyai 180MB untuk dialokasikan untuk game yang pada akhirnya game tersebut akan berjalan dengan sedikit lambat atau bahkan tidak jalan sama sekali.

Sebagai aturan umumnya, minimal 768MB adalah batas terbawah untuk bisa memainkan game secara nyaman. Android dengan 512MB juga masih dapat menjalankan game, tentunya serba terbatas.

GPU

HP Android Gaming

GPU adalah bagian yang terpenting dalam bermain game, pada prinsipnya GPU mirip dengan CPU namun yang diproses hanyalah yang berhubungan dengan graphic. Karena graphic adalah bagian utama dari game maka GPU yang kencang akan membuat pengalaman bermain semakin seru. GPU juga bertugas untuk mengolah efek-efek game seperti water particle, blur dan lain-lain. GPU yang lebih baik bukan hanya membuat game lebih smooth tapi juga akan membuat game penuh dengan efek. Ada beberapa tipe GPU diluar sana sehingga tidak ada aturan bakunya, tapi setidaknya Tegra 3 (atau Tegra 2 jika budget pas-pasan), Mali 400 MP dan Adreno 225 cukup untuk digunakan bermain game 3D.

Lihat juga: Cara Agar HP Android Tidak Panas

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli smartphone berbasis Android yang digunakan untuk bermain game. Jangan sampai salah pilih, karena ketika Anda salah pilih bisa-bisa pengalaman bermain game kurang memuaskan. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat. Selamat mencobanya. 

Beri respon pada "Tips Memilih HP Android Gaming"

close