Kumpulan Aplikasi Untuk Jualan Online

Masih banyak pengguna ponsel yang enggan beralih menggunakan smartphone. Mereka masih bertahan menggunakan feature phone. Ada beragam alasan, salah satunya lantaran mereka hanya menggunakan ponsel untuk telepon dan SMS. Sehingga mereka belum tertarik untuk menjajal smartphone. Tetapi ada juga pengguna feature phone yang pada akhirnya beralih menggunakan smartphone. Alasannya pun beragam, salah satunya dengan menggunakan smartphone bisa membantu kebutuhan manusia. Bahkan smartphone dapat membantu orang untuk mengembangkan bisnisnya karena terhubung dengan dunia luar melalui internet.
Aplikasi Berjualan Online

Dengan aplikasi, smartphone tidak hanya berguna sebagai sarana komunikasi, tapi bisa dimaksimalkan untuk banyak hal. Salah satunya yang akan saya bahas kali ini adalah memanfaatkan smartphone Anda untuk berjualan online. Bayangkan saja hanya dengan modal smartphone dan koneksi internet, Anda sudah bisa membuka bisnis dari mana saja dan kapan saja. Berikut adalah kumpulan aplikasi mobile yang dikategorikan berdasarkan jenisnya, seperti dilansir Tech Asia

C2C marketplace

Costumer-to-Costumer (C2C) marketplace pada dasarnya merupakan konsep jual beli online yang mempertemukan antara penjual dengan penjual. Layanan ini biasanya menggunakan sistem pembayaran escrow dimana penjual akan mendapatkan pembayaran setelah pembeli mendapatkan barang mereka. Dalam kategori ini ada pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Tokopedia dan BukaLapak.

Tokopedia mengusung konsep mal, yang mewajibkan pengguna untuk membuat toko online terlebih dahulu. Setelah itu barulah pengguna bisa mulai berjualan dengan mengunggah foto dan melengkapi deskripsi dari produk mereka.

BukaLapak bisa dibilang hampir sama dengan Tokopedia. Sedikit yang membedakan adalah pada aplikasi BukaLapak jika ingin berjualan pengguna tidak diwajibkan untuk membuat toko online terlebih dahulu.

Iklan baris

Layanan iklan baris merupakan pilihan bagi Anda yang ingin berjualan dengan cepat dan simpel. Selain itu, juga cocok untuk Anda yang ingin mendapat pembayaran yang lebih cepat, mengingat layanan iklan baris menggunakan sistem pembayaran Cash On Delivery atau COD. OLX Indonesia dan Jualo merupakan dua aplikasi penyedia layanan iklan baris yang bisa Anda gunakan.

Media sosial dan fitur chatting

Selain gemar akan chatting, salah satu tingkah laku unik yang dilakukan pengguna media sosial di Indonesia adalah memanfaatkannya sebagai tempat untuk jual beli online. Hal itu tidak ada salahnya, tapi akan lebih baik apabila menggunakan layanan yang memang dikhususkan untuk jual beli online seperti Kleora, Tokopoket, Shopee, dan Carousel.

Kleora merupakan layanan jual beli yang memiliki fokus terhadap produk-produk wanita dan pemanfaatan media sosial. Di sini pengguna bisa mengunggah produk yang ingin mereka jual melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Sedangkan untuk Tokopoket, Shopee, dan Carousel lebih menekankan pada dua fitur utama yaitu kemudahan untuk mengambil gambar kemudian menjual dan fitur chatting sebagai alat komunikasi antara penjual dan pembeli.

Sebelum memutuskan untuk berjualan melalui aplikasi tersebut, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama yaitu target pasar dari produk yang ingin Anda jual dan metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh apabila produk-produk yang ingin Anda jual untuk pasar wanita, maka aplikasi Kleora bisa menjadi pilihan. Alasannya tentu karena aplikasi tersebut memang dibuat khusus untuk produk-produk wanita. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk berjualan di aplikasi lain seperti Tokopedia dan BukaLapak yang memiliki demografi target pasar yang lebih luas.

Selanjutnya adalah masalah pembayaran. Aplikasi seperti Tokopedia dan BukaLapak menerapkan sistem escrow, dimana penjual akan mendapat pembayaran setelah pembeli menerima barang mereka. Jadi apabila Anda membutuhkan uang cepat, maka Anda bisa menggunakan aplikasi OLX Indonesia atau Jualo yang menawarkan sistem pembayaran Cash On Delivery atau COD.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mempermudah komunikasi dengan pembeli melalui berbagai aplikasi chatting, ada baiknya menggunakan aplikasi seperti Tokopoket, Shopee, atau Carousel.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone Anda untuk menunjang bisnis yang saat ini Anda kelola. Gunakan aplikasi ini untuk mengembangkan pemasaran produk yang Anda jual. Semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda. Selamat mencobanya. 

Beri respon pada "Kumpulan Aplikasi Untuk Jualan Online"