Kumpulan Aplikasi Tanda Tangan Digital

Kehadiran smartphone di tengah-tengah kehidupan manusia banyak membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Baik untuk sekedar mencari informasi, berbagi informasi, bisnis, hingga menunjang pekerjaan kita. Kita bisa menjadikan smartphone sebagai perangkat scanner meskipun membutuhkan aplikasi tambahan untuk menghadirkan fungsi scanner. Begitu juga kita bisa membuat tanda tangan digital. Untuk itu dibutuhkan juga aplikasi tambahan. Semakin tinggi mobilitas seorang pebisnis, semakin memerlukan tanda tangan digital. Tandatangan dan cap masih menjadi penentu keaslian dari sebuah dokumen.

Aplikasi Tanda Tangan

Tanda tangan memegang peran yang penting dalam dunia bisnis. Sebagian besar dokumen penting membutuhkan tanda tangan sebagai bukti persetujuan. Tidak mengherankan jika banyak orang repot-repot mengirim sebuah dokumen, baik secara fisik atau digital, untuk meminta tanda tangan.

Kehadiran smartphone membuat banyak hal semakin mudah dilakukan, termasuk menandatangani dokumen penting. Jika dulu harus menandatangani dokumen fisik, sekarang kamu cukup memasang aplikasi tanda tangan untuk melakukannya secara digital.

Berikut adalah beragam aplikasi tanda tangan yang bisa kamu coba:

1. SignEasy

Aplikasi Tanda Tangan

Kamu diharuskan log in terlebih dulu sebelum menggunakan SignEasy. Kamu bisa membuat akun baru atau masuk menggunakan akun Google dan Facebook. Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengunggah dokumen yang akan ditandatangani dengan tap ikon plus (+) di pojok kanan.

Kamu akan disodorkan beragam pilihan untuk mengunggah dokumen, mulai dari e-mail, penyimpanan eksternal, Box, Dropbox, Google Drive, dan Evernote. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman dokumen.

Tap ikon bergambar pensil untuk memulainya. Kamu bisa memasukkan tanda tangan, inisial, tanggal, hingga teks. Ketika kamu memilih Signature, kamu akan dibawa ke halaman khusus untuk membubuhkan tanda tangan. Di sini, kamu bisa mengatur ketebalan warna hingga mengunggah file tanda tangan yang telah dibuat.

Tanda tangan akan muncul di salah satu halaman pada dokumen. Kamu bisa menggeser tanda tangan ke posisi yang diingkan dan memperbesar atau memperkecilnya. Setelah selesai, tap tombol Finish di pojok kanan atas dan simpan dokumen yang telah ditandatangani.

2. SignDoc Mobile

Aplikasi Tanda Tangan

SignDoc Moble merupakan aplikasi tanda tangan yang membutuhkan koneksi internet. Sehingga kamu membutuhkan koneksi data yang cepat dan stabil untuk menjalankannya. Di sisi lain, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini akan menyimpan dokumen yang telah ditandatangani dalam bentuk PDF. Ini memudahkan kamu jika ingin segera mengirimnya melalui e-mail. Kelebihan lainnya yaitu fitur kamera yang dapat digunakan untuk memasukkan foto identitas ke dalam dokumen. Sangat berguna untuk dokumen-dokumen yang membutuhkan kartu identitas.

Jika ingin mendapatkan fitur-fitur lainnya, kamu bisa upgrade SignDoc Mobile ke versi pro dengan harga Rp87 ribuan per bulan. Sementara untuk biaya per tahunnya sebesar Rp717 ribuan. Beberapa fitur lainnya adalah memasukkan nama penandatangan serta waktu tanda tangan.

3. Sign It!

Aplikasi Tanda Tangan

Sama seperti SignEasy, kamu diwajibkan mendaftar sebagai anggota sebelum bisa menggunakan Sign It! Namun, aplikasi ini tidak menyediakan pilihan log in menggunakan akun Google ataupun Facebook. Fitur Sign It! lebih menekankan pada dokumen yang tersimpan dalam bentuk foto.

Pasalnya, Sign It! hanya menyediakan fitur unggah dokumen melalui galeri smartphone dan pindai menggunakan kamera. Artinya kamu tidak bisa membubuhkan tanda tangan pada dokumen berbentuk PDF.

Aplikasi ini menyediakan tanda tangan dengan tiga macam warna tinta, yaitu biru, hitam, dan merah. Selain itu, tampilan aplikasi ini terbilang standar. Tidak ada sesuatu yang membuat Sign It! lebih unggul dari aplikasi sejenis.

4. HelloSign

Aplikasi Tanda Tangan

HelloSign juga membutuhkan login agar bisa menggunakannya. Untungnya kamu masih bisa menggunakan akun Google, tidak seperti Sign It!. Konsep yang ditawarkan aplikasi tanda tangan ini sedikit berbeda dengan aplikasi sejenis.

HelloSign memberikan fitur pindai melalui kamera smartphone. Sisi baiknya, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menandatangani dokumen penting yang harus segera dikirim melalui e-mail. Sisi buruknya hasil pindai akan tergantung resolusi kamera milikmu.

Kamu juga bisa mengunggah dokumen yang tersimpan di smartphone. Setelah terunggah, barulah kamu bisa membubuhkan tanda tangan. Kamu juga bisa menambahkan teks dan tanggal pada dokumen yang diunggah.

5. CudaSign

Aplikasi Tanda Tangan

Kamu diwajibkan membuat akun CudaSign. Ada dua jenis akun yang ditawarkan, yaitu gratis dan pro. Akun gratis hanya bisa menandatangani 10 dokumen tiap bulannya. Untuk bisa membubuhkan tanda tangan berulangkali, kamu harus upgrade ke pro dengan biaya $1 perbulan (sekitar Rp13.800).

Kamu bisa mengunggah dokumen melalui penyimpanan eksternal smartphone (microSD), foto, dan e-mail. Kamu juga bisa menambahkan tanda tangan, teks, dan tanggal pada dokumen yang diunggah. Sayangnya CudaSign hanya menyediakan dua macam warna tinta untuk tanda tangan, yaitu hitam dan biru.

Selain itu tampilan aplikasi ini juga terbilang biasa. Tidak ada kesan yang istimewa dari CudaSign. Masih ada aplikasi tanda tangan lain yang bisa digunakan tanpa mendaftar, dan gratis pula.

6. Signature Maker

Aplikasi Tanda Tangan

Signature Maker merupakan aplikasi tanda tangan yang simpel. Begitu kamumembukanya, kamu akan dibawa ke halaman utama yanng digunakan untuk menulis tanda tangan. Di sisi kanan bawah terdapat ikon plus (+) yang digunakan untuk mengatur tanda tangan.

Ketika ikon itu kamu tap, akan muncul enam ikon tambahan. Mulai dari mengatur warna, ketebalan, hapus tanda tangan, simpan di Cloud dan membagikannya, simpan di penyimpanan eksternal, dan daftar tanda tangan yang telah dibuat. Tanda tangan yang tersimpan dapat kamu bagikan melalui e-mail ataupun aplikasi pesan yang terpasang di smartphone.

Aplikasi ini memberikan kebebasan untuk menampilkan iklan atau memblokirnya. Cukup centang Disable Ads di menu Setting untuk menghilangkan iklan. Jika kamu ingin memberikan sumbangan kepada pembuatnya, cukup sesekali.membuka iklan yang muncul.

Apakah kamu merasa kumpulan aplikasi di atas cukup membantu kamu saat akan memberi keputusan dalam berbisnis? Atau ada aplikasi lain yang kamu rekomendasikan tapi belum ada pada daftar di atas?
Demikian beberapa aplikasi tanda tangan digital yang dapat Anda unduh dan pasang di smartphone kesayangan untuk memudahkan Anda dalam menandatangani dokumen penting disaat sedang memiliki mobilitas tinggi. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencobanya. 


Beri respon pada "Kumpulan Aplikasi Tanda Tangan Digital"