Cara Menggunakan Fitur Tersembunyi di iPhone

Dunia smartphone saat ini didominasi dua sistem operasi besar yakni iOS dan Android. Produk yang mengggunakan sistem operasi iOS merupakan produk besutan Apple, salah satunya smartphone iPhone. Baik iPhone maupun Android sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Masing-masing penggunanya juga memiliki alasan yang kuat untuk memilih smartphone antara iPhone dan Android. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh iPhone yakni desainnya yang mewah, dibalut dengan bahan berkualitas, dan eksklusif. Bahkan tidak jarang desainnya ditiru sejumlah produk smartphone Android. 

Banyak sekali fitur tersembunyi pada iPhone yang sangat berguna bagi penggunanya. Namun, tak semua pengguna iPhone mengetahui beberapa trik berikut ini, meski mereka mungkin telah menjadi pengguna setia iPhone selama beberapa tahun. Tak perlu melakukan jailbreak untuk mengakses beberapa fitur tersembunyi berikut ini.
iPhone

Fitur apa saja yang mungkin belum Anda ketahui? Bagaimana cara menggunakannya? 


1. Mengisi baterai lebih cepat


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Mungkin banyak yang telah mengetahui trik yang satu ini. Ya, agar durasi pengisian baterai bisa lebih cepat dari biasanya, aktifkan airplane mode. Cara ini sungguh efektif saat baterai Anda habis dan harus mengisinya di cafe atau tempat lain yang tak memungkinkan untuk melakukan pengisian baterai dalam waktu yang cukup lama.


2. Timer pemutar musik


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Ingin mendengarkan lagu sebelum tidur namun malas dan merasa tak mungkin untuk mematikan pemutar musik saat Anda terlelap? Masuk saja pada aplikasi Clock. Pilih Timer yang terletak di kanan bawah.

Setelah Anda masuk ke Timer, atur waktu, berapa lama pemutar musik menyala. Setelah menentukan waktu, Anda bisa mengetuk pilihan When Timer Ends, lalu scroll ke bawah dan pilih Stop Playing. Kini, pemutar musik Anda akan berhenti secara otomatis ketika waktu telah habis.


3. Tombol shutter


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Terkadang, menekan tombol shutter yang ada di layar cukup menyulitkan dan kurang ergonomis. Nah, Anda bisa memanfaatkan tombol volume + untuk menggantikan posisi tombol shutter tersebut. Dengan menggunakan tombol ini, kamera akan lebih steady dan lebih mudah membidik titik fokus, terutama objek bergerak.


4. Level / Waterpass


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Memasang lukisan besar di dinding rumah membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Salah sedikit saja, lukisan miring dan kurang sedap dipandang. Namun mengatur lukisan berulang kali dan mengamatinya dari jarak cukup jauh tentu sangat merepotkan dan memakan waktu.

Cara paling mudah adalah memanfaatkan fitur Level pada iPhone. Caranya pun mudah, masuk saja pada aplikasi Compass, dan setelah Anda melakukan kalibrasi, geser layarnya ke kiri. Di sebelah kanan kompas tersebut Anda akan bertemu dengan Level.

Cara kerja fitur ini mirip dengan Waterpass, Anda tinggal mengatur sudut yang tepat hingga 0o. Jika sudutnya telah mencapai titik 0, maka secara otomatis bagian bawah Level akan berubah warna menjadi hijau. Lalu, tinggal luruskan saja lukisan yang Anda gantung dengan garis pada Level tersebut. Mudah, bukan?


5. Passcode lebih panjang


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Untuk membuka Passcode, biasanya pengguna iPhone menggunakan kombinasi 4 angka saja. Jika Anda ingin keamanan lebih dan merasa lebih nyaman jika passcode-nya panjang, ikuti saja cara ini. Pertama, masuk pada Settings.

Setelah itu, scroll ke bawah dan pilih General. Setelah masuk, Anda bisa memilih Passcode Lock, dan mematikan tombol Simple Passcode. Setelah selesai, Anda bisa mengganti passcode 4 angka dengan kombinasi lebih panjang, bahkan menggunakan huruf-huruf sebagai pengganti angka, atau gabungan keduanya agar semakin sulit dibobol tangan jahil.


6. Memunculkan web domain saat mengetik


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Mengetik alamat situs pada Safari Browser terkadang sangat merepotkan. Jika Anda tak ingin melakukan typo saat mengetik web domain, cukup tekan dan tahan saja tanda titik. Setelah Anda tahan, akan muncul pop-up berisi beberapa pilihan domain yang mungkin cocok dengan maksud Anda.


7. Kalender yang lebih detil


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Sering menggunakan kalender pada iPhone? Sering menuliskan jadwal harian Anda di sana? Well, jika biasanya Anda masuk pada aplikasi kalender dan harus menekan tanggal yang dimaksud untuk melihat jadwal dengan lebih detil, kali ini tak perlu melakukannya lagi.

Cukup matikan tombol Portrait Orientation, lalu rotate layar ke posisi Landscape saat Anda telah masuk pada aplikasi kalender. Voila! Kini kalender Anda langsung memunculkan detil jadwal harian Anda. Untuk mengembalikannya, cukup rotate kembali iPhone Anda ke posisi Portrait.


8. Timestamp pada Message


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Jika pada aplikasi Messenger Anda bisa melihat waktu pengiriman pesan dengan detil, banyak pengguna iPhone yang tak bisa melakukan hal serupa saat masuk pada aplikasi Message. Nah, jika Anda ingin mengetahui timestamp pada Message, cukup masuk saja pada pesan yang ingin Anda intip, lalu tekan dan geser layarknya ke kiri. Maka timestamp yang tersembunyi di sebelah kanan balon percakapan akan terlihat, dan akan kembali bersembunyi saat Anda melepas jari dari layar.


9. Pengunci fokus


Cara Memaksimalkan Fitur Tersembunyi iPhone

Kamera iPhone memang memiliki fitur AE/AF Lock, sama dengan kamera DSLR. Bagaimana cara mengaktifkannya? Buka aplikasi kamera, lalu pilih objek yang hendak Anda bidik. Ketuk layar pada objek tersebut untuk melakukan fokus seperti biasa, maka kotak kuning kecil akan muncul.

Untuk mengunci titik fokus pada objek tersebut, tekan dan tahan bidang fokus yang Anda maksud hingga kotak kuning tersebut membesar dan berkedip, lalu muncul tulisan AE/AF Lock. Kini, walaupun Anda mengubah frame kamera atau bergeser ke kanan dan kiri, titik fokusnya akan tetap terkunci pada objek tersebut.
Demikian beberapa cara untuk memaksimalkan fitur tersembunyi dari smartphone iPhone. Semoga artikel singkat ini bermanfaat agar Anda dapat lebih menguasai lagi cara menggunakan smartphone iPhone. Selamat mencobanya. 

Beri respon pada "Cara Menggunakan Fitur Tersembunyi di iPhone"

close