Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula



Perkembangan teknologi banyak memberikan manfaat bagi segala aspek kehidupan. Tidak hanya memudahkan manusia untuk menjalani kehidupannya sehari-hari, perkembangan teknologi juga mampu membuka peluang kerja baru yang belum ada 10 tahun yang lalu. Terlebih saat ini munculnya smartphone dengan sistem operasi Android membuka banyak peluang usaha baru dalam hal pembuatan aplikasi Android. Keberadaan Android membuka peluang bagi pengembang aplikasi lokal untuk membuat aplikasi rasa lokal. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi lokal, tetapi bukan berarti peluang itu sudah tidak ada lagi. Peluang untuk menjadi developer aplikasi Android masih terbuka lebar, bisa berupa aplikasi penunjang kegiatan sehari-hari, aplikasi game, atau aplikasi pembelajaran.

Kamu masih ingat game fenomenal Flappy Bird? Siapa sangka, game yang sangat sederhana itu dapat menarik perhatian banyak orang. Banyak aplikasi baru yang dikembangkan oleh pengembang awam, yang sukses menghiasi bagian atas toko aplikasi Android di smartphone kamu. Jadi, pernahkah kamu terpikir untuk ikut membuat aplikasi Android?

Membuat Aplikasi Android

Dulu untuk mengembangkan aplikasi Android memang sangat sulit, harus punya kemampuan coding. Namun sekarang, sudah banyak software yang memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi meskipun kamu tidak begitu jago coding. Tahukah kamu pembuat game Color Switch yang sukses di-download lebih dari 10 juta kali itu ternyata tidak jago coding. 

Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula dengan Android Studio

Dari fenomena yang sudah-sudah dan contoh di atas, jelas bahwa peluang selalu ada. Kamu hanya harus memiliki kombinasi yang tepat dari ide unik dan eksekusi yang baik dalam membuat aplikasi. Berikut info yang harus kamu tahu, dalam mengembangkan aplikasi Android untuk pemula seperti dilansir JT

1. Buat Perencanaan yang Matang


Setiap hari, terkadang ada ide-ide unik yang terlintas dalam pikiran kamu. Tetapi, karena tidak ada tindak lanjut, ide tersebut hilang begitu saja. Inspirasi itu datang dimana saja dan kapan saja, jadi kalau kamu mendapatkan ide langsung catat dan buat gambaran sejelas mungkin yang kamu bisa.

Ide yang unik tersebut mulailah kamu kembangkan lagi lebih matang dengan kreativitas kamu. Lakukan riset kecil-kecilan, jenis aplikasi apa yang kamu buat, pastikan ide kamu berguna atau menghibur. Jika kamu masuk ke ceruk pasar tertentu, lihatlah persaingannya. Tetapi jika kamu berencana untuk bersaing dengan beberapa aplikasi yang sudah terkenal, pastikan bahwa aplikasi yang kamu buat lebih baik.

2. Install Android Studio


Sekiranya perencanaan kamu sudah matang, selanjutnya adalah siapkan alat-alatnya. Download dan install perangkat lunak yang diperlukan. Nah jika kamu tidak memiliki kemampuan coding yang baik, kamu wajib menggunakan Android Studio. Jadi, pastikan komputer kamu juga terinstall Java SE Development Kit 7. Keduanya dapat kamu download gratis.

Download Android Studio

3. Kenali Fitur-fitur Android


Sebelum mulai 'Star a new Android Studio project', kamu bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di Android Studio. Selanjutnya cobalah buat aplikasi sederhana, mulailah belajar hal-hal baru. Jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti, kamu bisa melakukan pencarian di internet. Jangan ragu untuk mulai belajar coding secara dasar, karena nantinya pasti dibutuhkan untuk membuat aplikasi atau game yang kamu buat sesuai dengan keinginan kamu.

4. Minta Saran ke Teman-teman Kamu


Tenang saja, Android Studio sangat user-friendly. Dengan kesungguhan dan mau belajar kamu pasti bisa menguasainya dengan baik meskipun tidak mahir coding. Nah kalau kamu sudah berhasil membuat satu aplikasi, kamu bisa minta ke teman-teman kamu untuk mencobanya. Kalau teman-teman kamu bahkan tidak menyukainya, artinya coba lagi. Tetapi, kamu teman-teman kamu menyukai dan sangat antusias mencoba aplikasi buatan kamu. Artinya, ada peluang aplikasi kamu populer di Play Store.

Banyak kok, aplikasi yang dibuat secara iseng mampu sukses di-download jutaan kali di Google Play Store. Tentunya, kamu juga bisa mulai belajar dasar-dasar coding. Tidak ada yang sukses secara instan, di balik kesuksesan pasti ada kerja keras. Bagaimana pendapat kamu, tertarik untuk membuat aplikasi Android?

Itulah beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk membuat aplikasi Android. Jangan pernah takut mencobanya. Try and error merupakan hal  yang biasa dialami para pemula. Tetapi bukankah para ahli pun berangkat dari tahap pemula? Buat aplikasi karyamu dan hasilkan banyak uang dari sana. Selamat mencobanya. 


Next Post Previous Post