Cara Bermain Pokemon Go

Dunia secara umum dan Indonesia khususnya sedang dilanda demam Pokemon Go. Pokemon Go merupakan game mobile augmented reality (realitas tertambah). Cara kerja game ini Ini menggunakan GPS (Sistem Pemosisi Global). Pemain diharuskan untuk menangkap monster virtual yang lucu-lucu dengan berjalan-jalan di dunia nyata. Ketika monster virtual tersebut ditangkap, pemain diharuskan melatih monster virtual tersebut untuk bertanding. tempat-tempat dekat lokasi ponsel Anda dan melatih mereka untuk bertanding. 

Permainan Pokemon GO berawal dari sebuah lelucon di April Mop 2014. Ketika itu, Google menggelar Pokemon Challenge untuk Google Maps. Google mengundang pengguna untuk menangkap monster virtual pokemon dalam aplikasi. 

Niantic Labs menangkap hal itu secara serius dan ingin menghadirkan permainan tersebut di smartphone. Game ini menggabungkan dunia pocket monster (Pokemon) dengan dunia nyata. 

Pokemon Go sedang menjadi pembicaraan hangat. Namun, tidak semua orang tahu tentang bagaimana cara bermain game augmented reality ini. Bagi para orangtua atau non-fans yang penasaran tentang apa itu Pokemon Go, inilah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang game ini seperti dikutip dari Liputan6.

Cara Download Pokemon Go


Saat ini, Pokemon Go telah tersedia di AS, Australia, Selandia Baru dan Jepang. Dalam beberapa waktu ke depan, ia juga akan diluncurkan di negara-negera lain. Game ini dapat diunduh dengan gratis meski Anda juga bisa menghabiskan uang asli untuk melakukan pembelian dalam aplikasi.

Awal permainan


Setelah Anda mengunduh game ini, Anda harus masuk ke dalam sebuah akun. Ada 2 opsi yang bisa Anda pilih, yaitu membuat akun Pokemon Trainer Club atau masuk dengan akun Google yang sudah Anda miliki. Seperti yang disebutkan oleh Polygon, untuk memainkan game ini, Anda harus terhubung ke internet, baik via WiFi maupun paket data. 

Cara bermain


Satu keunikan utama Pokemon Go adalah karena ia mengharuskan Anda keluar rumah untuk bermain. Di awal permainan, Anda akan mendapat penjeleasan tentang bagaimana game ini bekerja. Ia menggunakan sinyal GPS pada ponsel Anda untuk mengetahui dimana Anda berada dan dimana Pokemon terdekat berada.

Namun, untuk dapat menangkap Pokemon tersebut, Anda harus benar-benar berjalan ke tempat Pokemon berada. Avatar di game akan bergerak seiring dengan perjalanan Anda. Dengan kata lain, untuk membuat karakter Pokemon Go bergerak, Anda sendiri harus ikut bergerak.

Jika Anda bingung dengan antarmuka pada game, Niantic Labs, developer Pokemon Go yang dulunya berada di bawah naungan Google, membuat gambar di bawah ini untuk menjelaskan fungsi tanda-tanda pada game.
Pokemon Go

1. Kompas
Anda bisa membuat kompas selalu menunjuk arah utara atau mengaktifkan auto-rotation, yang akan menyesuaikan dengan kemana Anda menghadap.

2. Gym
Tempat kelompok pemain Pokemon Go untuk melatih Pokemon mereka dan melawan satu sama lain.

3. PokeStop
Tempat dimana para pemain dapat mendapatkan berbagai item seperti Poke Ball, Potion dan/atau telur Pokemon.

4. Trainer
Avatar Anda.

5. Profile icon
Menampilkan informasi tentang pencapaian Anda.

6. Main Menu
Di sini, Anda dapat mengakses Settings, Item, Pokedex, toko item, dan menu Pokemon.

7. Pokemon terdekat
Menunjukkan keberadaan Pokemon liar terdekat.

Cara Menemukan Pokemon


Untuk menemukan Pokemon, Anda cukup berjalan-jalan di luar. Pokemon akan muncul di peta ketika Anda menemukannya. Bar yang ada di sebelah kanan bawah menunjukkan Pokemon apa yang berada dekat Anda. Jika ia berbentuk siluet, itu berarti Pokemon yang ada di dekat Anda adalah Pokemon baru yang belum pernah Anda tangkap.

Terkadang, menemukan Pokemon bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda berada di tempat sepi. Pokemon biasanya muncul di kawasan berumput. Karena itu, Pokemon Go cocok dimainkan saat Anda sedang melakukan berkemah.

Saat melihat sebuah Pokemon di peta, Anda cukup men-tap Pokemon tersebut. Anda akan melihat layar baru. Di sini, Anda akan melihat Pokemon dengan lingkungan sekitar Anda sebagai latar belakang.

Setelah menemukan Pokemon, Anda bisa mengambil fotonya atau mencoba untuk menangkapnya dengan melakukan swipe pada PokeBall yang ada di bagian bawah layar. Bagian ini sedikit sulit, tapi, sebisa mungkin arahkan bola ke bagian tengah Pokemon. Nantinya, Pokemon akan tertangkap.

Pada dasarnya, Anda hanya cukup terus berjalan, mencari Pokemon hingga Anda lelah.

Untuk memainkan game ini, Anda harus terus mengaktifkannya karena ia tidak berjalan di background. Jika keluar dari game, Anda harus kembali masuk ke akun yang Anda gunakan. Hal ini berarti, saat bermain, Anda akan harus terus memandang ke arah layar ponsel yang menyala. 

Meskipun begitu, sebaiknya, Anda tetap waspada dengan lingkungan sekitar Anda. Pihak kepolisian telah meminta para pemain Pokemon Go untuk tetap memperhatikan lingkungan sekitar saat sedang bermain. Karena, ditemukan sekelompok bersenjata yang memancing pemain Pokemon Go untuk merampok mereka.

Saat ini, Pokemon Go belum tersedia secara resmi di Indonesia. Memang, Anda bisa mengunduh APK Pokemon Go melalui situs ketiga yang tidak resmi. Namun, Anda harus berhati-hati, karena, ada APK Pokemon Go yang mengandung malware. 

Nah, demikian tadi ulasan tentang beberapa cara bermain game pokemon go. Hanya saja perlu diperhatikan memainkan game ini. Tetap waspada dan berhati-hati, karena banyak kejadian tidak enak ketika bermain game pokemon go. Hindari juga bermain game ini sambil berjalan-jalan di malam hari di tempat yang sepi. Selamat mencobanya. 

Beri respon pada "Cara Bermain Pokemon Go"

close