Review: Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7

OPPO Neo 7 merupakan seri smartphone mid-end dengan harga terjangkau yang sudah didukung teknologi LTE (Long Term Evolution). Sayangnya, Neo 7 yang masuk ke pasar Indonesia belum support 4G LTE. Dari sisi luar, OPPO Neo 7 memiliki desain yang cukup menggoda dengan lensa kamera utama berada dibagian samping kiri. Ponsel cerdas yang satu ini juga cukup tipis yang akan membuat penggunanya serasa lebih nyaman.

Meski harganya relatif terkangkau, namun Neo 7 mengusung desain premium. Desain yang cukup elegan sepertinya menjadi daya tarik tersendiri smartphone berukuran 5 inci ini, khususnya bagi mereka yang cukup menyukai smartphone pabrikan OPPO. OPPO sendiri merupakan salah satu vendor smartphone yang cukup berpengaruh di negara asalnya, Tiongkok. Dan seiring dengan berjalannya waktu, popularitas OPPO di Tanah Air ternyata terus memperlihatkan tren positif.

review OPPO NEO 7
OPPO NEO 7 (White-Black)

Spesifikasi OPPO Neo 7
Spesifikasi OPPO Neo 7
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE, 2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2, 3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, 4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 40(2300) 
  • Tipe Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Spesifikasi Layar: Size 5.0 inches (~67.4% screen-to-body ratio), Resolution 540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density), Multitouch, Color OS 2.1
  • Fitur Audio: Vibration; MP3, WAV ringtones, Loudspeaker, 3.5mm jack
  • Kapasitas Memori: microSD, up to 128 GB, Internal 16 GB, 1 GB RAM
  • Tipe DATA: HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps, GPRS, EDGE
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP, A-GPS, microUSB v2.0, USB Host
  • Resolusi Kamera: Primary 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Features 1/4'' sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, Video, Secondary 2 MP
  • Tipe / Kapasitas Baterai: Non-removable Li-Po 2420 mAh battery
  • Sistem Operasi: Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Spesifikasi CPU: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 - 4G model, GPU Adreno 306
  • Fitur Ekstra: Sensors Accelerometer, proximity, compass, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, Browser HTML5, MP4/H.264/FLAC player, MP3/eAAC+/WAV player, Document viewer, Photo viewer/editor

Bermula dari produk OPPO Smartphone R1x lalu hadir kembali OPPO Mirror 5. Perusahaan OPPO terus melebarkan sayap untuk selalu merilis jenis smartphone yang cantik dan elegan dengan harga yang jauh lebih bersahabat. Kemudian perusahaan OPPO merilis OPPO Neo 7. Jenis smartphone yang terbuat dari bahan magnesium alloy dan serat kaca.

Kelebihan OPPO Neo 7

1. Kokoh dan Cantik
Meskipun dibandrol dengan harga yang jauh di bawah dari produk OPPO yang sebelumnya, OPPO Neo 7 ini memilki jenis bodi yang memiliki kekuatan dan kekokohan yang sama. Rangka dari OPPO Neo 7 berbahan magnesium alloy yang kuat dan ringan. Sedangkan untuk bagian depan dan belakang terbuat dari bahan serat kaca yang memiliki sifat glossy. Dibalut dengan jenis warna putih susu sehingga smartphone OPPO Neo 7 terlihat semakin elegan dan menarik.

2. Performa Responsif dan Spesifikasi Unggul
Bagi pecinta smartphone yang memiliki tipe memilih jenis smartphone dengan spesifikasi tinggi, tidak akan suka dengan produk OPPO satu ini. Namun apabila mencari sistem perfoma yang responsif tanpa peduli dengan adanya spesifikasi yang tinggi, maka OPPO Neo 7 sangat pas dan tepat untuk dijadikan andalan. Didukung dengan prosesor lama yaitu Media Tek dengan kapasitas RAM 1 GB. Banyak yang mengatakan performa dari produk OPPO ini tidak bisa diharapkan. Namun pada kenyataannya OPPO Neo 7 bisa membuka lima sampai tujuh aplikasi media sosial sekaligus secara bersamaan tanpa ada masalah dan lemot. Selain itu, bisa bermain berbagai macam game sekelas sniper X yang memiliki memori besar. OPPO Neo 7 tidak akan mengalami masalah dan nge-lag.

3. Color OS Ringan
Rahasia utama yang dimiliki oleh OPPO Neo 7 tentang spesifikasi yang sederhana namun terasa lebih responsif adalah jenis UI-nya yang sangat ringan. Hanya mengkonsumsi RAM sekitar 500 MB. Padahal UI ini memberikan penawaran banyak fitur gesture dan motion sampai masih banyak pilihan font dan tema yang ada. OPPO Neo 7 tidak akan lambat dan lag. Selain itu, tidak perlu takut dan khawatir untuk notifikasi media sosial telat masuk jika menggunakan OPPO Neo 7.

4. Asyik untuk Pemotretan
Kamera utama yang dimiliki oleh OPPO Neo 7 memiliki resolusi 8 MP. Untuk performa dan fitur yang ada di kamera ini tidak akan mengecewakan. Tidak kalah dengan jenis kamera yang beresolusi 8 MP merk yang lain. Kamera yang dimiliki oleh OPPO Neo 7 8 MP sangat asyik untuk pemotretan dan tidak akan lambat dalam beraksi walaupun dalam kondisi yang minim dengan cahaya.

5. Layar HD Nyaman di Mata
OPPO Neo 7 walaupun mengusung dengan spesifikasi yang sederhana dan biasa saja, salah satunya adalah resolusi layar hanya 540 x 960 piksel. Untungnya meskipun HD, layar yang dimiliki oleh OPPO Neo 7 sangat nyaman di mata baik untuk nge-game maupun browsing. Layar OPPO Neo 7 memiliki viewing angle yang meluas serta memberikan tampilan warna yang sangat pekat. Berikan resolusi layar yang paling rendah selama nyaman digunakan untuk mata maka lebih menguntungkan karena bisa lebih lancar untuk digunakan bermain game salah satunya.

Kekurangan OPPO Neo 7

1. Belum support jaringan 4G (Neo 7 Indonesia)
Sangat disayangkan OPPO Neo 7 merilis dengan menggunakan dua versi yaitu versi 3G dan 4G. Namun sayangnya yang dijual di Indonesia masih yang menggunakan versi 3G. Sehingga bagi pengguna yang berada di kota besar sudah mendukung 4G tidak bisa menikmati dengan sepenuhnya. Seperti di kota Jakarta, Bandung dan Bali.

2. Resolusi kamera sekunder rendah
Jika pada kamera utamanya sudah memiliki resolusi 8MP, pada sektor sekunder OPPO Neo 7 masih meninggalkan celah dimana resolusi kamera keduanya hanya berukuran 2MP. Resolusi kamera 2 MP masih terlalu rendah untuk ukuran kualitas kamera smartphone pada umumnya.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh smartphone OPPO Neo 7 yang perlu untuk diketahui. Perhatikan dengan detail dan teliti jika akan membeli smartphone, sesuai dengan selera dan keinginan serta budget yang dimiliki. Sebaiknya pilih OPPO Neo 7 yang tidak lemot dan lag.

OPPO Neo 7 merupakan produk yang ketiga dari perusahaan OPPO yang diciptakan untuk para pengguna yang jauh lebih mementingkan kenyamanan dengan penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Jenis smartphone dari OPPO ini dibuat dengan desain yang cantik, kokoh dan kuat. OPPO Neo 7 mampu menyajikan sistem kinerja smartphone yang mumpuni tidak kalah dengan smartphone yang sejenisnya.

Cek: Harga OPPO Neo 7 Terbaru

Beri respon pada "Review: Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7"