Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Android

Anda mungkin pernah menjumpai ponsel Anda mengkonsumsi banyak baterai dari biasanya. Anda juga mungkin sering menjumpai ponsel Anda terhubung ke jaringan wifi tetapi akses internet tidak bisa berjalan dengan cepat sebagaimana mestinya. Apa yang terjadi? Daya tangkap sinyal wifi pada perangkat Android Anda lemah sehingga kecepatan akses internet menjadi sangat lambat dan disisi lain baterai ponsel akan cepat terkuras karena ponsel terus bekerja untuk mencari sinyal.

Apa yang harus dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi pada smartphone Android?

Perangkat Android diberdayai sejumlah fitur dan user dimungkinkan untuk melakukan perubahan konfigurasi ponsel sesuai kebutuhan, salah satunya adalah konfigurasi terkait sinyal wifi. Bagi Anda yang selama ini sering dihadapkan masalah sinyal wifi lemah, silakan simak beberapa tips memperkuat sinyal wifi pada perangkat Android berikut ini.

1. Mengubah Pita Frekuensi Wi-Fi ke 5 GHz

Sebagian besar perangkat Android dapat berjalan pada pita frekuensi 5 GHz. Pada frekuensi yang lebih tinggi, seperti 5 GHz, terdapat ruang yang lebih bebas pada spektrum. Terdapat 23 saluran 20 MHz masing-masing pada frekuensi 5 GHz. Ketika saluran tidak mengalami tumpang tindih, maka perangkat Anda akan cenderung mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Jika router Anda bekerja pada pita 5 GHz, silakan beralih ke band (pita) yang lebih baik dengan cara; masuk ke Settings > Wi-Fi > Advanced > Wi-Fi frequency band kemudian pilih Auto. Dengan demikian ponsel Anda akan berjalan pada pita frekuensi 5 GHz jika dimungkinkan.

Cara Meningkatkan Signal Wifi Android

2. Menemukan Titik Sinyal Wifi Secara Tepat

Anda mungkin pernah berdiri dibeberapa sudut di sekitar area Anda untuk menemukan sinyal wifi, kemudian Anda mendapati pada titik tertentu sinyal wifi seperti terlihat bagus namun tidak lama kemudian sinyal kembali melemah atau bahkan hilang.

Untuk memudahkan Anda mendeteksi sinyal wifi yang lebih bagus, Anda dapat memanfaatkan aplikasi detektor sinyal wifi, salah satunya Wi-Fi Signal Booster. Silakan download aplikasi Wi-Fi Signal Booster di Google Play.


3. Lakukan Pengecekan Pada Casing Ponsel 

Sebagian casing ponsel menjadi penyebab ponsel sulit menangkap sinyal wifi. Ditemukan banyak kasus dimana ponsel tidak mampu menangkap sinyal wifi sebagaimana mestinya karena masalah pada casing, terutama jika casing tersebut mengandung logam. Kandungan logam sebenarnya digunakan untuk keperluan proteksi ponsel, tetapi keberadaan logam dapat memicu daya tangkap singal wifi yang buruk.

Untuk memastikan apakah casing ponsel Anda ikut mempengaruhi kualitas sinyal wifi, silakan lakukan tes kecepatan menggunakan Ookla dalam keadaan ponsel tidak menggunakan casing.


Silakan download aplikasi speed test Ookla di Google Play untuk memulai pengecekan. Aplikasi ini memiliki rating yang cukup bagus yakni 4.4. Sayangnya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar.

Demikian tiga kiat untuk mengatasi sinyal wifi lemah pada perangkat Android. Silakan praktikkan ketiganya, dan semoga bisa memberikan solusi.

Beri respon pada "Cara Meningkatkan Sinyal Wifi Android"

close