Cara Mengatasi HP Android Lambat

Cara Mengatasi HP Android Lambat
Semakin bertambah fitur, maka semakin besar pula potensi permasalahan yang dihadapai sebuah ponsel, dalam hal ini smartphone (ponsel cerdas). Smartphone seperti Android banyakk diberdayai fitur-fitur hebat didalamnya, namun disisi lain ponsel juga bisa mengalami suatu permasalahan yang dapat menyebabkan terjadinya loading lambat atau slow response.

Anda tentunya tidak ingin secara terus-menerus dibekap loading lelet. Ya, hal ini tentunya akan mengganggu sekali, terlebih lagi jika Anda tergolong aktif menggunakan smartphone, baik itu untuk keperluan gaming, komunikasi, ataupun browsing internet. Untuk bisa menikmati akses internet berkecepatan tinggi, selain bergantung pada jenis paket dan jaringan yang Anda gunakan dalam hal ini kondisi ponsel juga ikut mempengaruhi.

Baca juga: Ini 5 penyebab internet lambat

Banyak kiat untuk meningkatkan speed smartphone Android, mulai dari cara-cara yang sederhana hingga yang agak rumit. Nah, pada postingan ini saya akan share langkah-langkah mudah untuk mengatasi hp Android yang loading lambat guna memberikan rasa kenyamanan kepada Anda dalam mengoperasikan smartphone Anda. Silakan simak cara mudah mengatasi hp Android loading lambat dibawah ini.

1. Mengidentifikasi Masalah Pada Ponsel
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mensolusikan masalah ponsel loading lambat adalah dengan cara mencari tahu real permasalahan pada ponsel itu sendiri. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi, salah satunya aplikasi Trepn Profiler. Silakan download aplikasi Trepn Profiler via Google Play.

Baca juga: Cara meningkatkan sinyal WiFi Android

2. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Anda Gunakan
Biasanya user dengan leluasa menginstal berbagai macam aplikasi sementara aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Pastikan Anda mengontrol instalasi aplikasi baru, dan sebaiknya Anda menghapus semua aplikasi yang tidak Anda butuhkan, khususnya aplikasi-aplikasi yang banyak memakan space memori.

3. Menghapuas Aplikasi Yang Memberatkan
Cari tahu kinerja aplikasi-aplikasi yang Anda pasang di ponsel Anda. Bergantung pada spek smartphone Anda, tidak semua aplikasi memiliki tingkat kompabilitas yang baik bagi smartphone Anda. Misalkan smartphone Anda memiliki spek standar, kemudian Anda memenuhinya dengan aplikasi-aplikasi berat, maka sudah pasti kondisi ini akan memicu terjadinya masalah loading lambat pada smartphone Anda.

4. Jangan Gunakan Semua Space Memori
Sebut saja total ruang penyimpanan Anda sebesar 4 GB, maka usahakan hanya menggunakan 3.5 GB dari total space memori. Meskipun Anda dimungkinkan untuk memenuhi space memori sesuai kapasitasnya, namun penggunaan memori hingga mencapai batasan kapasitas dapat menyebabkan loading ponsel menjadi lambat. Dalam hal ini Anda juga dapat memasang memori eksternal untuk mengurangi beban memori internal.

Baca juga: Cara internetan cepat lewat hp Android

5. Restart Ponsel Anda 
Ketika Anda mendapati ponsel Anda bermasalah (loading lambat) dan terlihat tidak seperti biasanya, Anda dapat menyikapinya dengan melakukan restart. Amati apa yang terjadi setelah Anda merestartnya. Jika loading ponsel tetap tidak terlihat normal, maka Anda dapat mencoba melakukan reset sistem. Jika ponsel terbebas dari masalah hardware, maka reset sistem dapat mengembalikan performa ponsel seperti sedia kala.

Beri respon pada "Cara Mengatasi HP Android Lambat"

close