Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2

Galaxy J series merupakan list smartphone mid-end yang diproduksi Samsung. Galaxy J series ini tersedia dalam banyak varian, mulai Galaxy J1, J5, J7, dan yang baru-baru ini masuk ke pasar smartphone lokal adalah Galaxy J2. Galaxy J2 merupakan seri smartphone mid-end dengan bandrol harga yang relatif terjangkau. Ponsel ini dipatok seharga kurang dari 2 juta Rupiah.
Samsung Galaxy J2 - Putih
Samsung Galaxy J2 - Putih
Galaxy J2 adalah seri smartphone kelas menengah yang sudah dibekali teknologi 4G LTE. Berbeda dengan Galaxy J1, Galaxy J2 ini sudah support jaringan 4G LTE yang akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya saat digunakan untuk browsing atau download data dari internet, khususnya untuk download data berukuran besar yang tentunya membutuhkan tingkat kecepatan akses tinggi.
Samsung Galaxy J2 - Hitam
Samsung Galaxy J2 - Hitam
Galaxy J2 dirilis pada September lalu. Tidak lama berselang, ponsel cerdas dengan tiga warna pilihan ini pun akhirnya menyambangi pasar ponsel di Tanah Air. Seperti halnya produk-produk smartphone Android pabrikan Samsung lainnya, Galaxy J2 mendapat perhatian banyak orang, terlebih lagi bandrol yang melekat pada ponsel yang satu ini tergolong terjangkau untuk sebagian besar lapisan masyarakat.
Samsung Galaxy J2 - Gold
Samsung Galaxy J2 - Gold

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2

Terlepas dari kekurangan yang ada, Galaxy J2 menawarkan sejumlah keunggulan, dan berikut ini beberapa keunggulan yang ada pada Galaxy J2:

1. Sudah mendukung jaringan 4G LTE
Sebagian besar smartphone mid-end yang beredar dipasaran sejauh ini masih mengandalkan teknologi HSDPA dan HSPA+. Dengan budget yang tidak terlalu besar, Anda sudah dapat menikmati jaringan 4G LTE yang teraplikasikan pada Samsung Galaxy J2.

2. Sudah menggunakan tipe layar SUPER AMOLED
AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah jenis layar yang menerapkan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Dengan mengaplikasikan teknologi OLED, kualitas display pada Samsung Galaxy J2 akan tampak bagus dan disisi lain ponsel ini tidak akan banyak memakan daya.

3. Kapasitas RAM tergolong ideal
Galaxy J2 dibekali RAM (random access memory) sebesar 1 GB dimana kapasitas sebesar 1 GB merupakan ukuran ideal minimum untuk smartphone tipe mid-end. Jika pada smartphone yang hanya dibekali RAM 512 MB banyak dijumpai crash, loading lambat atau bahkan hang, maka dengan RAM sebesar 1 GB Galaxy J2 akan memiliki stabilitas yang lebih baik.

4. Sektor dapur pacu cukup mumpuni 
Galaxy J2 menggunakan processor Exynos 3475 berjenis quad-core dengan kecepatan hingga 1.3 GHz. Processor quad-core berkecepatan 1.3 GHz adalah dapur pacu yang cukup ideal untuk ukuran smartphone dengan tingkat processing tinggi, seperti gaming, mengakses halaman website berukuran besar dan sejumlah proses berat lainnya.

5. Sudah menggunakan Android v5.1.1 (Lollipop)
Jika Galaxy E5 yang harganya lebih mahal dari J2 masih menggunakan Android KitKat, maka Galaxy J2  ini sudah mengaplikasikan OS Android Lollipop. Seperti yang kita pahami, setiap versi terbaru dari suatu operating system secara teknis memiliki performa yang lebih baik, karena OS tersebut memang di upgrade untuk meningkatkan fitur serta performanya.

Demikian beberapa kelebihan yang ada pada Samsung Galaxy J2. Bagaimana dengan sisi minusnya? Berikut kami rangkum beberapa kekurangan Samsung Galaxy J2:

1. Resolusi kamera rendah
Dengan hanya mengandalkan kamera primer 5 MP, kualitas pemotretan gambar menggunakan Galaxy J2 sepertinya tidak akan memberikan kepuasan terhadap penggunanya. Idealnya, ponsel dengan dimensi layar 4.7 ini seharunya dibekali kamera beresolusi 8 MP sehingga kualitas hasil pemotretan gambar relatif lebih bagus.

2. Kapasitas baterai relatif kecil
Sisi minus laiinya yang terdapat pada Galaxy J2 terletak pada kapasitas baterai. Galaxy J2 hanya dibekali baterai berdaya tampung 2000mAh sehingga ponsel ini tidak akan dapat menyala lebih lama jika digunakan oleh mereka dengan tingkat penggunaan yang tinggi atau untuk membuka aplikasi-aplikasi berat, seperti gaming.

3. Memori internal cukup kecil
Galaxy J2 memiliki ROM berukuran 8 GB. Itu artinya, dengan adanya pemotongan space untuk aplikasi-aplikasi pre-loaded, maka sisa space untuk menyimpan data atau memasang aplikasi-aplikasi berukuran besar di ponsel ini menjadi semakin terbatas. Anda harus menggunakan memori eksternal untuk menambah ruang olah data di Galaxy J2.

Tips untuk tidak atau memilih Samsung Galaxy J2

Bergantung pada tingkat penggunaan Anda, apabila Anda membutuhkan smartphone dengan dukungan resolusi kamera yang lebih tinggi, maka Galaxy J2 bukan pilihan ideal untuk Anda. Sementara itu, jika Anda tidak seberapa memprioritaskan kamera, maka Anda dapat mempertimbangkan ponsel ini karena Galaxy J2 menawarkan cukup banyak kelebihan untuk ukuran produk Samsung mid-end dengan jangkauan harga dibawah 2 juta.

Beri respon pada "Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2"