Mengenal Smartwatch, Jam Tangan Pintar Pasangan Bagi Smartphone

Perkembangan teknologi menunjukkan progress yang cukup pesat. setelah sebelumnya kita melewati era post-pc dimana orang mulai beralih dari komputasi desktop ke mobile, kini kita mulai melakukan transisi ke era baru dimana orang mulai berinteraksi lebih personal dengan perangkat yang mereka miliki melalui teknologi wearable.

Setelah pasar dibuat terkesima dengan beredarnya smartphone yang mengusung fitur-fitur yang canggih, kini pasar dibuat takjub dengan kehadiran smartwatch sebagai wearable device yang bisa terkoneksi dengan smartphone kesayangan mereka. Di tahun ini saja merek popular seperti Samsung, Sony dan Asus sudah berlomba memasarkan smarwatch-nya. Apakah smartwatch itu sebenarnya? 

Istilah 'smart' yang dilekatkan pada sebuah objek elektronik umumnya berarti perangkat tersebut dapat terkoneksi dengan internet atau perangkat elektronik yang lain. Sesungguhnya smartwatch memindahkan fungsi (dasar) smartphone ke dalam sebuah jam tangan. Penemuan teknologi ini bertujuan untuk mengimprovisasi kegunaan ponsel berdasarkan fungsi jam tangan yang sangat praktis penggunaannya yaitu fungsi 'pembawaan'. Tidak seperti ponsel pada umumnya, pengguna tidak perlu repot membuka tas atau merogoh ke kantong saat ada panggilan, karena jam tangan ponsel selalu dalam keadaan terpasang di pergelangan tangan.
Harga Samsung Gear Terbaru
Fungsi Smartwatch
Apa sebenarnya fungsi smartwatch? Perangkat ini memiliki fungsi dasar sebagai penunjuk waktu, baik dalam bentuk analog maupun digital. Jika sebuah smartwatch tidak memiliki fungsi dasar ini, maka tentu sudah dapat dipastikan perangkat tersebut tidak layak disebut sebagai smartwatch. Sementara itu, lantaran perangkat jam itu diberi embel-embel 'smart', maka smartwatch memiliki kelebihan dapat terkoneksi dengan internet atau perangkat elektronik yang lain. Dalam hal ini, smartwatch terkoneksi dengan smartphone yang membuat fungsi-fungsi dasar smartphone dapat juga diakses melalui smartwatch seperti menerima dan melakukan panggilan serta menampilkan pesan yang masuk ke smartphone. 

Beberapa smartwatch, juga memiliki fungsi sebagai audio player, kendati kapasitas musik yang bisa ditampung smartwatch tidak sebanyak kapasitas musik pada smartphone lantaran memori internal yang dimiliki smartwatch terbatas. Untuk mendengarkan musik dari smartwatch, dibutuhkan handsfree Bluetooth. Terkadang, fitur radio pun disematkan di dalam jam tangan pintar. Terdapat pula smartwatch yang bisa memutar lagu, menghentikannya, memutar trek selanjutnya atau kembali ke trek sebelumnya dengan mudah dan secara nirkabel yang ada di smartphone tanpa harus menyentuh layar smartphone.
Harga Acer Liquid Terbaru
Di masa sekarang, sebagian orang begitu memperhatikan kesehatan dan kebugaran badannya. Melihat peluang ini, sejumlah vendor pun menyematkan fitur yang dapat merekam aktivitas kebugaran pengguna termasuk jumlah langkah, jarak tempuh lari, kalori yang terbakar, dan siklus tidur selama 24 jam 7 hari nonstop ke dalam smartwatch yang diproduksinya. 

Cara Kerja Smartwatch
Agar dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada, smartwatch haruslah selalu terkoneksi dengan smartphone. Sebenarnya inilah tujuan diciptakan smartwatch, yaitu sebagai pasangan bagi smartphone. Pengguna tidak perlu lagi repot-repot membuka smartphone yang tersimpan di saku atau dalam tas, untuk melihat SMS, Email, panggilan telpon masuk atau lainnya. Umumnya smartwatch terhubung ke smartphone menggunakan koneksi bluetooth. 
Harga Apple Watch Terbaru
Jam tangan pintar pada umumnya menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen untuk pengoperasiannya. Dalam keadaan standby, layar ponsel akan menampilkan jarum jam analog ataupun penunjuk waktu digital. Namun ketika layar disentuh, tampilan langsung berubah seperti tampilan ponsel aktif.

Pengguna jam tangan ponsel melakukan dan menerima panggilan telepon dengan cara menekan tombol yang biasanya terletak di bagian tengah bawah layar. Saat tombol itu ditekan, akan muncul deretan angka. Kemudian pengguna jam tangan ponsel tinggal memasukkan nomor yang dituju, dan tekan tombol call. Namun beberapa merek smartwatch memiliki sensor otomatis sehingga untuk menjawab panggilan telepon, pengguna cukup menggerakan tangan mendekati mulut dan telinga, dan bisa langsung berbicara. Untuk menutup panggilan telepon, hanya perlu kembali menggerakan tangan ke posisi semula dan telepon otomatis terputus. Itulah yang disebut teknologi sensor otomatis position sensitive switch.

Di masa yang akan datang, smartwatch mungkin akan menjadi salah satu perangkat wajib yang diadopsi oleh banyak orang seperti halnya smartphone. Sehingga orang dapat berinteraksi kembali dengan sesamanya dan tidak terfokus ke layar smartphone-nya.

Beri respon pada "Mengenal Smartwatch, Jam Tangan Pintar Pasangan Bagi Smartphone"

close