Tips Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Tips Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis
Sebagian besar pengguna internet dengan perangkat mobile menggunakan layanan internet dalam bentuk kuota. Paket internet berjenis kuota lebih banyak dipilih pelanggan karena paket ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan serta stabilitas, namun dengan konsekuensi adanya pembatasan penggunaan data oleh operator.

Sebagai catatan, kami telah melakukan beberapa tahapan uji coba kecepatan paket internet dengan jenis kuota dan paket unlimited dari beberapa operator serta jenis paket yang berbeda, dan hasilnya menunjukkan bahwa paket internet kuota memang memiliki speed yang jauh lebih bagus dibanding paket unlimited.

Paket internet kuota memang lebih mahal, namun demi mendapatkan akses yang cepat serta stabilitas yang lebih baik maka sebagian besar pengguna internet dari perangkat ponsel lebih memilih jenis paket ini. Dan sebagai pengguna paket internet dalam bentuk kuota, mungkin terlintas dibenak Anda bagaimana cara menghemat kuota internet Anda. Berikut beberapa kiat untuk menghemat kuota internet bagi Anda yang menggunakan layanan paket internet kuota.

1. Hindari download file tidak terlalu penting
Karena kemudahan akses, biasanya kita akan mudah terdorong untuk mendownload file padahal file tersebut belum tentu begitu dibutuhkan. Nah, kiat untuk menghemat kuota pertama dapat Anda lakukan dengan cara tidak mendownload file yang tidak terlalu Anda perlukan, terlebih lagi untuk file yang berukuran besar.

2. Jangan gunakan setting default pada browser
Secara default, browser yang Anda gunakan (apapun jenis browser tersebut) akan memakan banyak data karena pengaturan browser memag di set oleh developer untuk memberikan performa yang optimal. Rubahlah kualitas gambar pada setelan browser menjadi 'Rendah' dengan demikian kuota internet Anda akan lebih tahan lama karena gambar dimuat dalam ukuran rendah. Kemudian, Anda juga dapat mematikan fitur Javascript jika tidak terlalu dibutuhkan. Javascript memiliki waktu muat yang cukup berat dan hal tersebut akan mempercepat konsumsi data.

3. Manfaatkan fasilitas Wi-fi di sekitar Anda
Anda mungkin sedang di warung makan, restoran atau tempat-tempat tertentu yang dilengkapi fasilitas free wifi. Ketika Anda sedang berada ditempat-tempat tersebut, pastikan Anda beralih ke jaringan Wifi sehingga kuota internet Anda tetap aman.

4. Matikan aplikasi pemakan data yang tidak terlalu penting
Pastinya ponsel Anda dipenuhi sekian banyak aplikasi auto run yang mana aplikasi-aplikasi tersebut akan memakan data secara otomatis, seperti aplikasi situs jejaring sosial, aplikasi messaging, dan lain sebagainya. Pilihlah aplikasi yang menurut Anda paling penting dan matikan aplikasi auto run lainnya sehingga paket Anda tidak akan cepat habis.

5. Rubahlah fitur 'Maps' pada ponsel Anda ke mode offline
Entah Anda sadari atau tidak, fitur Maps yang terpasang di HP Anda menguras kuota internet Anda. Maps menggunakan layanan GPS yang tentunya dapat menyumbang terhadap habisnya kuota secara cepat. Setel Maps di ponsel Android Anda ke mode offline sehingga kuota paket internet Anda akan bertahan lebih lama.

Beri respon pada "Tips Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis"

close